free hit counter

Pasar Modal Perlu Kualitas dan Bukan Kuantitas

Target 30 Emiten Tahun Depan

Kamis, 25/10/2012
Pasar Modal Perlu Kualitas dan Bukan Kuantitas

NERACA

Jakarta – Target PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 30 perusahaan bisa mencatatkan sahamnya di pasar modal tahun depan, disambut positif pelaku pasar karena ada peningkatan dibandingkan dua tahun sebelumnya hanya 25 perusahaan. Hanya saja, target tersebut diminta memperhatikan kualitas dan keterbukaan calon emiten.

Pengamat pasar modal Edwin Sinaga mengatakan, BEI diminta untuk memperhatikan secara serius soal kualitas calon emiten guna meningkatkan pasar modal menjadi lebih baik lagi, “Saat ini pasar modal Indonesia cukup baik, namun hal yang terpenting adalah kualitasnya,”katanya di Jakarta, Rabu (24/10).

Menurutnya, peningkatan di pasar modal Indonesia tersebut bukan hanya bicara mengenai jumlah emiten baru yang masuk, tetapi juga mengenai kualitas emiten di BEI, “Kita harus lebih meningkatkan peraturan dan keterbukaan emiten. Bagaimana menertibkan dan meningkatkan emiten berkualitas dengan keterbukaan emiten, “ujarnya.

Kata Edwin, BEI tidak hanya memenuhi target kuantatif tetapi juga kualitatif. Lebih lanjut dia menuturkan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mencatatkan saham perdana di BEI, juga dapat memberikan sentimen positif untuk pasar modal Indonesia. Meskipun diakui, proses BUMN mencatatkan saham perdana di BEI cukup rumit dan membutuhkan waktu lama.Next