free hit counter

Ini Dia 10 Bank Yang Paling Banyak Dikomplain Nasabah

Rabu, 30/01/2013
Ini Dia 10 Bank Yang Paling Banyak Dikomplain Nasabah

NERACA

Jakarta – Sepanjang tahun 2012, tak kurang dari sepuluh bank lokal maupun asing mendapat banyak keluhan dari nasabah. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat, sepuluh tersebut adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Mega, Bank Danamon, CIMB Niaga, Standard Chartered Bank, Bank Permata, Citibank, Bank Central Asia (BCA) dan ANZ.

Data YLKI menunjukan, Bank Mandiri mendapat komplain sebanyak 14 aduan. Sementara BNI dikeluhkan lewat 13 aduan. Bank Mega, Bank Danamon, CIMB Niaga, dan Standard Chartered Bank mendapat 9 aduan. Sementara nasabah Bank Permata dan Citibank mengirimkan keluhan masing-masing sebanyak 7 aduan. Bank BCA hanya dikomplain 6 nasabah, dan ANZ dikeluhkan oleh 5 aduan.

Menurut Ketua Pengurus Harian YLKI Sudaryatmo, perbankan menangguk keluhan terbanyak dalam tiga tahun terakhir ini. Sebelumnya, yang menjadi keluhan utama adalah dari sektor telekomunikasi. “Dari seluruh aduan ke sektor perbankan, separuhnya mengadu tentang kartu kredit,” kata Sudaryatmo kepada Neraca, Selasa (29/1).

Selain kartu kredit, keluhan lain yang kerap muncul di sektor perbankan adalah soal KPR, ATM, tabungan, dan beberapa mengadu soal hadiah.Next