free hit counter

Ada 10.000 Kasus dengan "1001" Modus Penggelapan Pajak

Jumat, 12/10/2012
Ada 10.000 Kasus dengan

NERACA

Jakarta – Kejahatan pajak sepertinya takkan pernah ada matinya di republik ini. Lihat saja, kini ada 1000 kasus pajak yang sudah mampir ke Mahkamah Agung dan 9000 kasus yang masih berproses di pengadilan pajak. Dengan bukti konkret seperti itu, maka tak berlebihan pula bila disebutkan ada “1001” modus dalam aksi penggelapan pajak.

Menurut pengamat perpajakan dari Universitas Indonesia (UI) Darussalam, secara umum modus tindak kejahatan pajak dibagi dalam dua cara. “Ada banyak cara, tapi secara umum dibagi dua, yaitu yang bentuknya legal dan illegal”, ujarnya kepada Neraca, Kamis (11/10).

Cara legal dilakukan dengan menghindari pembayaran pajak melalui pembukuan penjualan yang dibuat tidak sebagaimana mestinya. Hal ini umumnya dilakukan perusahaan-perusahaan besar yang memiliki sumber daya-sumber daya yang capable dalam hal mensiasati kelemahan peraturan perpajakan.

Sementara untuk modus illegal, lanjut Darussalam, dilakukan dengan cara penyelundupan atau tidak melaporkan penjualannya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara membuat invoice palsu.Next