free hit counter

Dampak Kenaikan BBM Sangat Kompleks

Sabtu, 24/03/2012
Dampak Kenaikan BBM Sangat Kompleks

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Bekasi, Jawa Barat, menilai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi sebesar Rp1.500 per liter yang diusulkan pemerintah akan berdampak kompleks pada dunia usaha.

"Kenaikan BBM tidak hanya berimbas pada kalangan pengusaha dan pekerja tapi juga harga barang di pasar," kata Ketua Apindo Kota Bekasi, Purnomo Narmiadi, di Bekasi, Selasa.

Wacana kenaikan tarif angkutan umum yang diajukan Organisasi Pengusaha Angkutan Daerah (Organda) sebesar 30 hingga 35% sebagai dampak kenaikan BBM, kata dia, akan mempengaruhi beban pengusaha dalam menyesuaikan dana transportasi bagi pekerja.

"Usulan Organda tersebut relatif cukup besar dan ongkos angkutan umum pasti akan ikut naik. Pengusaha harus mempertimbangkan menyesuaian kenaikan ongkos bagi pekerjanya," kata Purnomo.

Bila kenaikan BBM direalisasikan pemerintah, katanya, sebanyak 105 dari 230 perusahaan di Kota Bekasi yang masuk dalam keanggotaan Apindo akan mengalami penambahan beban penderitaan karena harus menyesuaikan diri dengan berbagai kenaikan harga bahan baku produksi.Next