Agresif Membangun Kolaborasi - Kioson Bukukan Penjualan Rp1,13 Triliun

NERACA

Jakarta - Sepanjang tahun 2017 kemarin, PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS) membukukan laba bersih Rp 2,938 miliar dengan penjualan bersih Rp 1.13 triliun atau meningkat sebesar 4306,92% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy). Angka penjualan bersih tersebut merupakan kontribusi dari bisnis product digital sebesar Rp 1.1 triliun serta bisnis gabungan dari e-commerce dan lain-lain mencapai Rp 34.120 miliar. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Jasin Halim, Direktur Utama Kioson menyampaikan bangga atas pencapaian tersebut,”Prestasi meningkatnya kinerja perusahaan di akhir 2017 ini merupakan hasil dari strategi bisnis yang kami lakukan sejak awal 2017 dan kami optimis untuk dapat menorehkan kinerja yang lebih positif di tahun 2018 ini dengan fokus pada ekpansi bisnis dan inovasi teknologi,”ujarnya.

Selama 2017, lanjutnya, Kioson fokus untuk melakukan ekpansi bisnis dan perluasan pasar hampir secara merata di berbagai daerah lapisan kedua dan ketiga di Indonesia. Hasilnya, per Desember 2017, sekitar 30.000 pemilik usaha mikro, kecil dan menengah yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera telah menjalin kemitraan dengan Kioson. Adapun angka pertumbuhan mitra kios ini mengalami peningkatan sebesar 400% dari tahun 2016 y.o.y.

Menurutnya, layanan Kioson di daerah pun mendapat apresiasi yang cukup baik dari masyarakat. Kota Pematang Siantar di Sumatra Utara tercatat menjadi daerah terbesar yang menyumbang pendapatan terbesar dengan presentasi sebesar 18,24% dari total pendapatan Kioson sepanjang 2017. Hal ini didukung oleh gencarnya aktivitas on ground marketing dan engagement yang dilakukan Kioson terhadap para pelaku UMKM di daerah tersebut.

Pematang Siantar menjadi salah satu daerah fokus pengembangan Kioson, mengingat tingginya pertumbuhan ekonomi daerah yang disumbang oleh sektor Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran, namun masih terbilang cukup rendah dari sisi pemanfaatan layanan digital.

Merespon tingginya minat masyarakat akan layanan Kioson, tahun ini perseroan juga mulai fokus membangun inovasi teknologi dan kerjasama strategis guna mendukung pertumbuhan kesejahteraan mitra lewat peningkatan pendapatan dan skala usahanya. Sebelumnya, perseroan juga menjalin kerjasama terbarunya dengan salah satu BUMN logistik Indonesia yang memungkinkan mitra kios menjalankan bisnis sebagai agen pengiriman logistik.

Di tahun ini, Kioson akan menjajaki berbagai kemungkinan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka baik di bidang telekomunikasi, perbankan, keuangan, asuransi serta e-commerce sebagai channel penjualan langsung, guna menambah kenyamanan dan fitur yang tersedia di aplikasi Kioson bagi para mitra. Melalui kolaborasi, diharapkan mampu untuk mendorong ekspansi pasar sekaligus memperkaya kualitas layanan agar dapat terus memberikan dampak positif bagi kesejahteraan mitra kios Kioson.

Dari segi inovasi, Kioson sebagai sebuah startup tetap berkomitmen kepada pengembangan inovasi sebagai sebuah DNA perusahaan. Kioson memproyeksikan akan meluncurkan beberapa layanan baru serta melakukan pembaruan pada aplikasi, agar dapat senantiasa memberikan kemudahan kepada para mitra dengan produk-produk inovatif. “Saat ini, fokus layanan kami terdiri dari tiga kategori, yakni layanan digital dan payment point online bank (PPOB), layanan Keuangan, serta layanan e-commerce. Ke depannya, kami akan membuka peluang lebih luas kepada berbagai produk dan jasa yang bisa ditawarkan melalui mitra kios kami,” kata Jasin.

Asal tahu saja, perusahaan teknologi penyedia jasa online-to-offline (O2O) e-commerce pertama di Indonesia  juga membukukan aset lancar di tahun 2017 mencapai Rp 219 miliar atau meningkat sebesar 5881,8% year on year. Angka ini didukung oleh beberapa strategi dan ekspansi bisnis yang diterapkan oleh Kioson selama 2017. Salah satunya adalah ketepatan manajemen perusahaan dengan mengakuisisi PT Narindo Solusi Komunikasi, salah satu perusahaan agregator e-voucher terkemuka yang memberikan kontribusi terhadap revenue Kioson dengan presentase 88% dari total pendapatan perseroan.


BERITA TERKAIT

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…