Forum Anak Jatinegara Dukung Jakarta Layak Anak - Galang Ratusan Kartu Komitmen

Forum Anak Jatinegara Dukung Jakarta Layak Anak

Galang Ratusan Kartu Komitmen

NERACA

Jakarta - Puluhan anggota Forum Anak Jatinegara, Jakarta Timur, menggelar aksi pengumpulan Kartu Komitmen Jatinegara Layak Anak Tanpa Iklan Rokok, di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (14/4).

Dalam acara yang dihadiri langsung Camat Jatinegara, Kepala Puskesmas Jatinegara, dan Ketua RW 012 Cipinang Besar, Forum Anak Jatinegara berkeliling rumah warga untuk mengumpulkan dukungan Jatinegara Layak Anak.

Bentuk dukungan itu adalah memberikan tanda tangan dan bersedia berkomitmen menjalankan 3 hal sebagai berikut. Pertama, warga berkomitmen untuk tidak merokok di tempat umum dan di dekat anak-anak. Kedua, warga menegur bila ada anak yang merokok. Dan ketiga, Jika warga tersebut adalah seorang anak berusia kurang dari 18 tahun, dia berkomitmen untuk tidak merokok seumur hidup dan mengajak teman-temannya untuk tidak merokok.

Menurut Fajar Purnama, anggota Forum Anak Jatinegara, kegiatan pengumpulan kartu komitmen ini didasari keprihatinan Forum Anak terhadap dampak rokok, khususnya terhadap anak. Tingginya jumlah perokok anak, yang dipicu mudahnya anak membeli rokok dan mendapatkan rokok, mendorong mereka mencari solusi untuk menekan jumlah perokok anak. Bergulirlah ide untuk merancang aksi Kecamatan Jatinegara Layak Anak dengan menggalang komitmen warga untuk tidak merokok dan menegur anak bila merokok.

“Kami di Forum Anak memiliki fungsi sebagai pelopor dan pelapor (2P). Kami berpikir, seharusnya kami melakukan inisiatif untuk mengurangi jumlah perokok anak di Jakarta. Sehingga, timbul ide menggalang dukungan warga ini,” jelas Fajar. Menurut pelajar kelas 10 SMA Negeri 53 Jakarta Timur ini, Forum Anak Jatinegara lalu mendiskusikan ide tersebut dengan Ketua RW 012 Cipinang Besar dan mendapat dukungan penuh.

Dari hasil diskusi ini muncullah ide untuk menjadikan Kelurahan Cipinang Besar Utara sebagai pilot project untuk menggalang komitmen warga terkait perlindungan anak dari bahaya rokok.“Akhirnya, kami dari Forum Anak merumuskan pembuatan kartu komitmen dan merencanakan aksi penggalangan dukungan warga ini,” kata Silviana, siswi SMK Muara Indonesia yang juga pegiat Forum Anak Jatinegara.

Dukungan untuk Jakarta Layak Anak

Setelah merumuskan ide penggalangan dukungan ini, Forum Anak pun beraudiensi dengan Camat Jatinegara. Ternyata Camat sangat mendukung ide kreatif mereka.“Pak Camat menyatakan sangat mendukung dan bersedia datang ke lokasi pada saat pengumpulan kartu komitmen ini,” kata Fajar yang aktif di Forum Anak sejak kelas 7 SMP ini.

Sehingga, dengan dukungan penuh Camat Jatinegara, dan sosialisasi yang sudah dilakukan RW 012 Kelurahan Cipinang Besar Utara, aksi penggalangan ratusan komitmen untuk kecamatan Jatinegara Layak Anak pun dimulai sejak Minggu pagi hari, (14/4).

“Kami memulainya dengan berkumpul di kantor Sekretariat RW 012 untuk mendengarkan arahan dari Pak Camat. Setelah itu ke-30 anggota Forum Anak bergerak ke rumah warga di lingkungan kelurahan Cipinang Besar Utara ini. Di setiap rumah yang kami datangi, Forum Anak terlebih dahulu memberikan sosialisasi tentang bahaya rokok, lalu warga diajak menandatangani kartu komitmen untuk mendukung penurunan prevalensi perokok anak,” jelas Fajar.

Bila warga menandatangani kartu komitmen, mereka mendapat stiker komitmen untuk ditempel di rumah masing-masing.“Kami tidak hanya mendatangi rumah warga, tetapi juga berkeliling di jalan di sekitar Kelurahan Cipinang Besar Utara ini,” kata Silviana.

“Dan total hari ini terkumpul 156 warga yang memberikan dukungan,” tambahnya. Ia menyatakan sangat bersyukur atas dukungan warga dan pemerintah kota seperti Lurah dan Camat Jatinegara yang berkomitmen mengurangi perokok anak.

“Nantinya ke-156 kartu komitmen ini kami serahkan kepada Camat Jatinegara bulan Mei mendatang, sebagai wujud dukungan untuk melindungi anak-anak dari bahaya rokok. Nantinya pak Camat akan meneruskan dukungan warga ini kepada Walikota dan pejabat terkait,” kata Silviana.

Ia menambahkan, perjuangan untuk mengurangi perokok anak di Jakarta sudah dimulai hari ini, dari Kecamatan Jatinegara.“Dan ini baru merupakan langkah awal dalam mendukung Jakarta Layak Anak,” tegas Silviana.

Ke depan, Forum Anak Jatinegara ingin berkolaborasi dengan Forum Anak lainnya di wilayah DKI Jakarta untuk terus menyuarakan dukungan mewujudkan kota Jakarta Layak Anak. Mohar

BERITA TERKAIT

BNI Kembangkan Kartu Pintar NPWP

    NERACA   Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendukung Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam…

Sentimen Asia Dukung Penguatan IHSG

Mengakhiri perdagangan Rabu sore kemarin, indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup menguat sebesar 34,23 poin seiring…

Bank Banten Dukung Program Penggunaan Aplikasi E-SP2D

Bank Banten Dukung Program Penggunaan Aplikasi E-SP2D NERACA Serang - PT Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk (Bank Banten) selaku bank…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

33 Anggota BPSK Dibekali Teknis Mediasi

33 Anggota BPSK Dibekali Teknis Mediasi  NERACA Sukabumi - Memasuki hari ketiga Bimbingan teknis (Bimtek) hasil kerjasama Dirjen Perlindungan Konsumen…

Dishub Kota Sukabumi Akan Pasang PJU Smart - Kerusakan PJU Sekitar 20 Persen

Dishub Kota Sukabumi Akan Pasang PJU Smart Kerusakan PJU Sekitar 20 Persen NERACA  Sukabumi - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi…

DPT PIlkada dan Pilgub di Kota Sukabumi 225.349 Orang

DPT PIlkada dan Pilgub di Kota Sukabumi 225.349 Orang NERACA Sukabumi - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi M. Hamzah…