Trik Saat Smartphone Terasa Panas

Berbeda dengan komputer, smartphone tidak dilengkapi dengan kipas atau sistem pendingin aktif untuk menjaga perangkat bekerja dengan suhu sesuai. Sementara itu, sebagian besar produsen smartphone mengandalkan metode pendinginan pasif.

Namun, peningkatan suhu tinggi pada bodi perangkat cukup mampu memicu kekhawatiran penggunanya, tidak terkecuali Anda. Peningkatan suhu ini dapat disebabkan oleh beberapa hal di antaranya karena baterai membengkak, akibat proses pengisian daya, dan terlalu lama terpapar sinar matahari. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi peningkatan suhu tersebut.

1. Peningkatan suhu akibat baterai menggembung

Jika mengalami permasalahan ini, sebaiknya Anda segera menanganinya karena berpotensi terbakar atau meledak. Jika menemukan permasalahan ini, segera nonaktifkan ponsel, dan jangan menggunakan atau mengisi daya perangkat Anda.

Kemudian, hubung produsen terkait perangkat pengganti, tetapi perangkat Anda harus masih dilindungi oleh garansi. Anda juga disarankan untuk mengganti baterai ponsel di pusat perbaikan resmi.

2. Peningkatan suhu saat daya perangkat diisi

Pengisian daya dapat menyebabkan peningkatan suhu meski tidak secara signifikan. Hal ini merupakan efek samping dari reaksi kimia yang bertugas untuk mengisi daya. Jika suhu lebih tinggi dari normal, mungkin terdapat masalah dengan charger perangkat.

Untuk itu, segera lepas charger dari ponsel dan soket listrik, dan biarkan suhu keduanya menurun. Kemudian, coba isi kembali daya baterai dengan charger resmi atau charger pihak ketiga berkualitas tinggi, atau charger berbeda. Jika suhu masih tinggi, segera hubungi layanan purna jual resmi produsen perangkat.

3. Peningkatan suhu akibat terlalu lama terpapar sinar matahari

Sebagian besar smartphone hadir dengan balutan bahan plastik atau metal, yang memiliki kemampuan baik dalam menyerap panas. Meletaknya di bawah sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan dapat meningkatkan suhu perangkat.

Jika mengalami hal ini, segera nonaktifkan ponsel dan letakan di tempat yang lebih sejuk. Anda juga tidak disarankan untuk meletakan ponsel di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama, saat berada di luar ruangan.

Jika Anda harus berada di luar ruangan tanpa tempat berteduh, ada baiknya untuk menonaktifkan ponsel secara berkala, dengan rentang waktu cukup agar komponen di perangkat dapat beristirahat sejenak.

4. Peningkatan suhu akibat menjalankan aplikasi bermuatan tinggi

Memainknan game 3D, mengedit video, atau melakukan tugas intensif menjadi salah satu faktor penyebab peningkatan suhu perangkat. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan konsumsi daya baterai secara signifikan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menghentikan game atau aktivitas intensif lainnya selama beberapa waktu, sembari menunggu suhu perangkat mendingin. Anda dapat melanjutkan aktivitas Anda, beri jeda saat suhu mulai terasa panas.

BERITA TERKAIT

Hindari Pakai Jaket Saat Olahraga Lari

Lari kini menjadi salah satu olahraga yang tren di kalangan anak muda. Berbagai event lari pun diadakan dan ramai peminat.…

Mahasiswa Unisri Diserukan Investasi di Pasar Modal - Kemudahaan Berinvestasi Lewat Smartphone

NERACA Solo - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Surakarta, Jawa Tengah mengajak mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) menjajal untuk menjadi…

Pelemahan Rupiah Saat Ini, Berbeda Jauh Dibandingkan 1998

Pelemahan Rupiah Saat Ini, Berbeda Jauh Dibandingkan 1998 NERACA Jakarta - Meski sama-sama menembus angka Rp15 ribu, pelemahan nilai tukar…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Tahun Ini, Samsung Bakal Hadirkan Smartphone Empat Kamera

Samsung sedang menyiapkan smartphone dengan empat kamera belakang. Menurut laporan, smartphone tersebut bukan dari keluarga seri Galaxy Note, Galaxy S,…

BlackBerry Key2 LE Resmi Diluncurkan

TCL Communications, perusahaan teknologi asal Tiongkok mengumumkan smartphone BlackBerry teranyarnya, yakni BlackBerry Key2 LE. Smartphone ini kembali mengusung keyboard Qwerty.…

Menjaga Layar Smartphone Tidak Baret

Tahukah kamu, kalau layar adalah salah satu komponen smartphone yang sensitif dan memiliki risiko kerusakan tinggi? Sebab, letaknya berada di…