Sharp Kembangkan Produk Berbasis IoT - Menjawab Tantangan di Era Digital

NERACA

Bandung - Berkembang pesatnya industri digital membawa perubahan pada kehidupan masyarakat yang lebih efisien dan praktis, berangkat dari kebutuhan pasar tersebut PT Sharp Electronics Indonesia melalui arahan Sharp Corporation pun siap berkompetisi dan mengembangkan lebih banyak produk IoT atau internet of things di era digital. “Kami harus selalu adaptif dengan dinamika konsumen saat ini yang cepat sekali dalam menggunakan internet. Sharp sebagai salah satu pionir yang terus menerus mengeluarkan produk dengan one-of-a-kind-technology akan berupaya menghasilkan produk canggih lainnya. Yang tak kalah penting, kami juga akan terus memberi edukasi yang tepat, sehingga teknologi ini bisa diadopsi dan dimanfaatkan dengan baik oleh konsumen,” kata Andri Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia di Bandung pekan kemarin.

Menurutnya, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang meningkat tajam hingga 132,7 juta orang dengan rata-rata penggunaan mencapai delapan jam per hari menjadi potensi pasar bagi perseroan untuk menelurkan inovasi berbasis internet atau IoT. Langkah awal Sharp untuk mengawali Internet of Things telah dimulai dengan hadirnya Sharp Cocorobo atau vacuum pintar elektronik yang diperkenalkan pada tahun 2012. Mengandalkan teknologi digital, Cocorobo yang dilengkapi built-in camera ini semakin canggih berkat kemampuannya untuk terkoneksi dengan wi-fi router dan smartphone.

Dengan demikian, konsumen dapat dengan mudah mengecek kondisi temperatur ruangan lewat kamera pada Cocorobo hingga mengoperasikannya hanya melalui ponsel. Untuk pasar di Indonesia, Sharp juga meluncurkan Healsio automatic cookware, peranti memasak yang diluncurkan pada akhir 2017. Produk small home appliances ini dilengkapi dengan teknologi yang tidak kalah mutakhir berupa artificial intelligence, guna mempermudah proses memasak konsumen. Dengan fitur automatic cooking, automatic stirring, dan preset time cooking, siapa pun dapat menghasilkan hidangan dengan mudah, lezat, dan sehat.

Healsio automatic cookware sukses menjadi sahabat memasak pintar yang digemari banyak ibu muda yang awas dengan kesehatan. Tahun ini, perseroan menargetkan penjualan elektronik tumbuh 10%-15% atau di kisaran Rp 9 triliun. Andry Adi Utomo menyampaikan, sepanjang tahun 2017, PT Sharp Electronics Indonesia belum mampu memenuhi target penjualan sebesar Rp 8 triliun. Hingga akhir Februari 2018, perusahaan baru memenuhi 90% target penjualan atau sekitar Rp 7,2 triliun.

Oleh karena itu, untuk menutup masa satu tahun yang berakhir Maret 2018, perusahaan menargetkan nilai penjualan tambahan sekitar Rp 800 miliar pada akhir Maret ini.”Sebagai tanggung jawab saya mesti penuhi target sampai akhir Maret," kata Andry.

Menurut Andry, pada Januari 2018 penjualan turun 15%-28% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Alasan penurunan itu, katanya karena daya beli masyarakat Indonesia makin menurun. "Berdasarkan data, orang lebih suka menyimpan uangnya dan menahan diri untuk konsumsi alat-alat elektronik,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

AKI Group Kembangkan Rumah Berteknologi Solar Panel

AKI Group Kembangkan Rumah Berteknologi Solar Panel NERACA Jakarta - PT Anugerah Kasih Investama (AKI) Group segera mengembangkan perumahan berteknologi…

Transformasi Digital Manajemen Keuangan Negara di Era Disrupsi

Oleh: Windraty Ariane Siallagan, Kasubdit Litbang & KK, Direktorat Sistem Perbendaharaan DJPB Kemenkeu *) Disrupsi teknologi (technology disruption) yang terjadi di berbagai aspek kehidupan…

BNI Kembangkan Kartu Pintar NPWP

    NERACA   Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendukung Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

IHSG Sepekan Tumbuh 1,07% - Kapitalisasi Pasar di BEI Capai Rp 7 Triliun

NERACA Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat indeks harga saham gabungan (IHSG) sepekan kemarin atau priode 16 hingga…

BEI Padang Ikut Gelar Tes Serentak CMP DP

Sebanyak 86 peserta mengikuti tes tertulis tenaga profesional pasar modal untuk mengikuti Capital Market Professional-Development Program (CMP-DP) 2018 yang diselenggarakan…

Indofarma Anggarkan Capex Rp 160 Miliar

Danai pengembangan bisnis, PT Indofarma (Persero) Tbk (INAF) tahun ini menganggarkan belanja modal atau (capital expenditure /capex) sebesar Rp160 miliar.…