Green Technology Solusi Infrastruktur Telekomunikasi - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk :

Neraca. Pembangunan jaringan komunikasi seluler dibeberapa wilayah terganggu karena ketidaktersediaan jaringan listrik yang memadai. Untuk itu, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) menggandeng Ascot International, sebuah perusahaan penyedia sistem Generator Ramah Lingkungan terkemuka dari Italia untuk menyediakan solusi infrastruktur telekomunikasi termasuk penyediaan catu daya BTS seluler di wilayah yang memerlukan pasokan energi alternatif.

Green Teknologyatau yang lebih dikenal dengan teknologi yang berbasis terhadap keramahan lingkungan, saat ini menjadi salah satu isu global karena tuntutan untuk memperbaiki kondisi lingkungan yang semakin rusak akibat banyaknya pencemaran yang menyebabkan rusaknya sistem dalam lingkungan. Salah satu dampak global dari pencemaran lingkungan adalah terjadinya pemanasan global, yaitu naiknya temperatur permukaan bumi yang berada di ambang batas.

Dengan adanya kemajuan teknologi yang ramah lingkungan, tentunya diharapkan memberikan dampak baik bagi lingkungan kedepannya karena dengan mengurangi emisi dan konsumsi daya dalam pemakaian suatu produk, akan ikut membantu pengurangan konsumsi daya di dunia yang tentunya akan berakibat juga dengan berkurangnya efek rumah kaca.Sehingga kemajuan teknologi itu sendiri selaras dengan keadaan lingkungan, bukan sebaliknya yang menyebabkan hancurnya ekosistem dan lingkungan di bumi ini.

Green Teknologysendiri sudah banyak di terapkan oleh para produsen barang-barang elektronik dengan tujuan untuk mengurangi emisi akibat penggunaan listrik sebagai sumber tenaga. Beberapa contoh terapan dari Green Teknologyadalah Generator Hybrid atau biasa disebut juga Charge Discharge (CDC) - generator penyedia energi untuk BTS seluler ramah lingkungan.

Green Technologyterkait dengan issue kesinambungan dan terkait dengan produk, layanan dan sistem manajemen yang eco-friendly yang ada di dalam sektor teknologi informasi dan komunikasi. Adanya kepedulian terhadap lingkungan yang disertai dengan adanya tekanan dari konsumen, legislator serta menaiknya harga bahan bakar merupakan faktor pendorong penerapan Green Technology.

Sejak 2010 TBIG telah menyediakan layanan catu daya BTS seluler.Setelah sukses menyediakan infrastruktur telekomunikasi untuk penempatan BTS para operator telekomunikasi Indonesia, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk atau TBIG, terus melangkah maju menyediakan solusi infrastruktur telekomunikasi termasuk penyediaan catu daya BTS seluler di wilayah yang memerlukan pasokan energi alternatif. TBIG merupakan perusahaan infrastruktur telekomunikasi pertama di Indonesia dengan generator ramah lingkungan ini hingga ke tahap operasional.Kini TBIG menggandeng Ascot International, sebuah perusahaan penyedia sistem Generator Ramah Lingkungan terkemuka dari Italia.

"Pada kawasan-kawasan tertentu di Indonesia, pembangunan jaringan komunikasi seluler terkendala ketidaktersediaan jaringan listrik yang memadai sehingga pengembangan layanan komunikasi selulerpun terganggu," kataPresiden Direktur TBIG, Herman Setya Budi.

Herman menjelaskan bahwa solusi infrastruktur tersebut adalahGenerator Hybridatau biasa disebut jugaCharge Discharge(CDC) - generator penyedia energi untuk BTS seluler ramah lingkungan."Generator Hybridatau CDC dari ASCOT ini hanya mengoperasikan generator tidak lebih dari 6 jam sehari dan selebihnya listrik disuplai oleh bateri hingga satu hari penuh. Oleh karenanya sistem ini ramah lingkungan dan efisien karena mengurangi pengoperasian genset dari 24 jam ke 6 jam per hari," paparnya.

Sementara itu, CEO Ascot International,Michele Greca mengatakan, Generator Hybrid dari Ascot memang dirancang untuk kawasan remote namun tetap memberi kemudahan dan efisiensi dalam pengoperasiannya."Karena kemudahan pengoperasiannya, penggunaan generator ini sangat cocok untuk geografi Indonesia dimana penyebaran pengguna telekomunikasinya menjangkau hingga ke wilayah remote dan kepulauan," ujar Michele.

Ia menambahkan, kerjasama dengan TBIG merupakan kerjasama yang baik antara kedua belah pihak. CEO Ascot International,Michele Greca berharap kerjasama ini terus dikembangkan.

Senada dengan Herman, Chief Product Development & Innovation TBIG, Gusandi Sjamsudin mengatakan, Generator Hybrid yang dibutuhkan harus ramah lingkungan sekaligus dapat memberikan efisiensi operasional. "Karena implementasi Generator Hybrid akan selalu pada wilayah-wilayah remote, maka selain persyaratan irit bahan bakar dan rendah emisi gas buang CO2 kami juga mempersyaratkan kehandalan sistem dan kemudahan operasional. ASCOT sudah menunjukan track record kinerjanya di beberapa negara lain dan kini diimplementasikan di Indonesia pada infrastruktur kami," tambahnya.

Green Information Technology secara progressive menjadi hal yang semakin penting bagi setiap dunia usaha untuk bertindak (atau berusaha agar terlihat seperti bertindak) di dalam issue lingkungan ini. Tidak hanya dalam rangkamemenuhi kewajiban moralnya saja, tetapi juga dalam rangka meningkatkan image dari brand dan corporate.

Herman menekankan, penggunaan generator ramah lingkungan ini juga merupakan bentuk kepedulian TBIG pada lingkungan. "TBIG memiliki komitmen untuk turut menjaga dan melestarikan lingkungan," tegasnya.

Sekarang ini, generator ramah lingkungan ini sudah digunakan di empat kawasan, yaitu Unurumguay-Jayapura, Talaud-Manado, Kairatu-Ambon dan Palu.

BERITA TERKAIT

OJK Bakal Beri Insentif Untuk Green Bond

NERACA Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal merilis aturan green bond, obligasi dengan tema lingkungan dalam waktu dekat ini.…

Percepatan Infrastruktur dan Transformasi Ekonomi Indonesia

Oleh: Eddy Cahyono Sugiarto, Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden Visi besar para Founding Father Indonesia terefleksi dalam Pembukaan UUD 1945 alenia…

PPRO Ground Breaking Serentak Tujuh Tower - Rayakah Hari Jadi Ke-4

NERACA Jakarta – Menunjukkan komitmennya sebagai perusahaan properti ternama di pasar, PT PP Properti Tbk (PPRO) selalu menjaga kepercayaan konsumen…

BERITA LAINNYA DI

Sisa Kanal 3G Jadi Rebutan - Pemerintah Undur Jadwal Lelang

    NERACA Persaingan operator seluler makin tak terbendung. Peningkatan kualitas layanan serta tranformasi teknologi komunikasi adalah sebagian dari pemicunya,…

Operator Seluler Tangkap Peluang Ramadan - Momentum untuk Bersilaturahmi

Ramadan memberikan berkah tersendiri bagi operator. Ini dipicu karakter masyarakat Indonesia yang memanfaatkan Ramadan sebagai momentum untuk bersilaturahmi maupun mempererat hubungan…

Kuota Habis, Internet Tetap Jalan

NERACA AlwaysOn, memberi keleluasaan mengakses internet tanpa khawatir dibatasi kuota maupun masa aktif yang terlalu singkat. Akses internet telah menjadi…