BUMN Hadir Untuk Negeri - Pertamina Berdayakan Ekonomi Peternak dan Petambak

Komitmen pemerintah membangun kemandirian ekonomi bagi masyarakat kecil dalam rangka meningkatkan kesejahteraan penduduk dan mengentaskan kemiskinan, tentunya tidak bisa berjalan dengan sendirinya tanpa adanya dukungan pelaku usaha. Maka sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam memberdayaan ekonomi masyarakat pesisir, PT Pertamina (Persero) Region Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mendukung pengembangan peternak dan petambak dengan menyalurkan dana kemitraan kepada dua kelompok binaan di Lampung.

Region Manager Communication dan CSR Pertamina Sumbagsel, Hermansyah Y. Nasroen dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, dua kelompok tersebut adalah kelompok petambak udang di Bratasena, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, serta kelompok peternak sapi dan kambing di Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.”Kami menandatangani surat perjanjian pinjam uang (SPPU) antara Pertamina dengan setiap anggota calon mitra binaan petambak udang serta antara Pertamina dengan setiap calon anggota mitra binaan peternak sapi dan kambing. Tujuan kami dengan program kemitraan ini adalah untuk mendukung produktivitas petambak udang, peternak sapi, dan peternak kambing,”ujarnya.

SPPU program kemitraan ini ditandatangani langsung oleh Hermansyah dengan para petambak dan peternak. Dalam program kemitraan ini, Pertamina Region Sumbagsel menyalurkan dana lebih dari Rp10 miliar bagi 132 petambak udang dan Rp1,9 miliar bagi 29 peternak sapi dan kambing. Disamping itu, Pertamina juga melaksanakan penyerahan bantuan dana bina lingkugan secara simbolis kepada sekolah madrasah ibtidaiyah Yayasan An Nida di Dusun Totoharjo, Desa Poncorejo, Kabupaten Pesawaran, Lampung, yang diterima langsung oleh Parno, selaku kepala sekolah.

Disampaikan Hermansyah, bantuan ini adalah bentuk komitmen dan kontribusi Pertamina dalam bidang pendidikan. “Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sehingga Yayasan An Nida dapat menghasilkan generasi muda yang terbaik," harapnya.

Sementara itu, anggota kelompok mitra binaan petambak udang serta peternak sapi dan kambing mengungkapkan apresiasi dan mengucapkan terima kasih untuk program kemitraan dari Pertamina.”Kami sangat bersyukur atas adanya program kemitraan ini karena selain adanya pendanaan yang bisa dijadikan modal, akan ada tim teknis sebagai pendamping di lapangan. Kami berharap kami akan amanah dalam menjalankan dan memaksimalkan program kemitraan ini," kata Cokro Edi, sebagi perwakilan mitra binaan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perairan Provinsi Lampung, Toga Mahaji juga menunjukkan dukungannya terhadap program kemitraan Pertamina kepada petambak udang di wilayah Bratesena. Disampaikannya, penyaluran dana yang tepat seperti ini sangat dibutuhkan dalam memajukan ekonomi masyarakat.”Ini merupakan inisiatif yang patut diacungi jempol, dan kami senang akhirnya pendanaan ini dapat terealisasi, mudah-mudahan dengan adanya dana ini petani tambak udang akan makin sejahtera. Sekarang dananya sudah ada, saya harap para petambak mitra binaan Pertamina dapat memanfaatkan dana tersebut dengan baik, karena proses hingga bisa menjadi mitra Pertamina ini tidaklah mudah," ungkapnya Toga.

 

Jadi Lumbung Ternak

 

Pada awal 2017, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri pernah menyampaikan bahwa Provinsi Lampung adalah salah satu dari 5 provinsi di Indonesia yang dinyatakan sebagai lumbung ternak nasional khususnya untuk sapi potong karena Lampung menjadi salah satu pemasok stok daging sapi nasional. Guna mendukung program tersebut, Camat Seputih Banyak, Supriyanto mewakili para mitra binaan mengucapkan terima kasih kepada Pertamina.”Kami sangat berterima kasih untuk program kemitraan ini. Semoga program ini berjalan dapat berjalan sesuai dengan rencana sehingga kami dapat meningkatkan kualitas ternak kami. Kami juga berharap, semoga kedepannya akan makin banyak lagi warga yang masuk dalam program kemitraan Pertamina sehingga makin banyak yang dapat berkontribusi terhadap perekonomian daerah," katanya.

Asal tahu saja, komitmen dan kepedulian Pertamina pada dunia pendidikan juga diwujudkan dengan pemberian batuan berupa sarana dan prasarana untuk laboratorium Biologi dan Kimia SMA Negeri 1 Parittiga, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Bangka Belitung. Disebutkan, bantuan peralatan laboratorium untuk praktikum mencapai Rp 169 juta. Bidang pendidikan sendiri, menurut Hermansyah mendapatkan tempat prioritas bagi Pertamina dan bahkan bidang pendidikan dimasukkan dalam lima pilar energi CSR Pertamina dengan nama Pertamina Cerdas.

Pertamina Cerdas sendiri tidak hanya bergerak untuk membantu mengimbangi ketersediaannya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, namun juga dalam pemberdayaan masyarakat dan anak-anak dengan tujuan menciptakan generasi Indonesia cerdas yang mampu berinovasi. Pada tahun 2017, kontribusi Pertamina MOR II Sumbagsel di Bangka mencapai Rp 850 juta. “Kami akan selalu berkontribusi terhadap masyarakat melalui program dan bantuan CSR, salah satunya dalam bidang pendidikan hari ini, kami harap bantuan pada hari ini menjadi awal kontribusi kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Bangka dan Provinsi lain di Region Sumbagsel," ucapnya.

 

 

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…