Antara Maulid Nabi dan Hari Valentine

Oleh Agus S. Soerono

Wartawan Harian Ekonomi Neraca

Dalam dua pekan ini kita menjumpai dua hari yang cukup penting. Pertama Hari Maulid Nabi Muhammad SAW pada 5 Feb. dan Hari Valentine pada 14 Feb.

Sebenarnya terasa kurang fair untuk membandingkan kedua hari itu. Namun realitas dalam masyarakat menunjukkan bahwa yang disebut belakangan ini, lebih menggema penyelenggaraannya, terutama di kalangan anak muda di kota besar.

Namun betapa pun, peringatan Hari Maulid Nabi, tetap merupakan hari yang sangat penting, terutama bagi kalangan umat Islam. Sebagaimana dimaklumi sekitar 90% penduduk Indonesia menganut Agama Islam. Oleh karena itu, peringatan Maulid (hari kelahiran) Nabi Muhammad SAW, menjadi tonggak sejarah bagi umat Islam.

Agama Islam hadir ke tengah zaman Jahiliyah, dengan lahirnya Muhammad pada Senin, 12 Rabiul Awal tahun 571 Masehi atau dikenal sebagai Tahun Gajah atau hampir 15 abad lalu di kota Mekkah.

Michael H. Hart dalam bukunya The 100 menilai Muhammad sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal spiritual maupun kemasyarakatan. Hart menempatkan Muhammad pada urutan pertama dalam bukunya itu.

Hart yang notebene bukan orang Islam, mencatat bahwa Muhammad mampu mengelola bangsa yang awalnya egoistis, barbar, terbelakang dan terpecah belah oleh sentimen kesukuan, menjadi bangsa yang maju dalam bidang ekonomi, kebudayaan dan kemiliteran dan bahkan sanggup mengalahkan pasukan Romawi yang saat itu merupakan kekuatan militer terdepan di dunia di dalam pertempuran.

Di sisi lain, kita menghadapi Hari Valentine yang sama sekali bukan merupakan hari besar keagamaan umat mana pun, yang ternyata menjadi hari yang banyak mendapat perhatian di kota-kota besar, terutama oleh kalangan anak muda.

Hari Valentine (Valentine Day) adalah hari yang baru belasan tahun ini diperingati oleh anak muda yang ada di kota besar di Indonesia. Namun laju masyarakat yang ikut "merayakannya" semakin tahun semakin meningkat. Terlepas dari sejarahnya, yang konon muncul dari masa kelam, di balik peringatan Hari Valentine itu, ternyata ada nuansa bisnis di belakangnya. Seperti penjualan berbagai pernak-pernik aksesoris yang berbentuk hati, penganan berupa kue tart, cokelat, dan sebagainya yang juga berbentuk hati.

Para anak muda ada yang "nembak" calon pacarnya dengan menyatakan cintanya dengan setangkai mawar, atau seorang istri yang menyatakan kasih sayangnya terhadap sang suami atau sebaliknya, yang memilih hari yang sangat ditunggu-tunggu itu. Bahkan sepasang anak muda yang sudah mantap dengan pasangannya, memilih Hari Valentine sebagai hari jadi mereka untuk naik ke pelaminan.

BERITA TERKAIT

Layanan BOLT Hadir di Serang dan Cilegon

Dalam rangka perluas penetrasi pasar, BOLT sebagai pionir operator 4G-LTE di Indonesia kembali memperluas jangkauan jaringannya ke kota-kota baru. Dua…

Pengawasan Perbankan dan Teknologi Nano

  Oleh: Achmad Deni Daruri, President Director Center for Banking Crisis   Hong Kong sebagai salah satu pusat keuangan di…

SHARP Mobile Learning Sambangi Kota Serang - Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kesadaran global akan pentingnya memelihara lingkungan yang diperingati lewat hari lingkungan hidup sedunia 2018 setiap 5 Juni 2018 turut ditularkan…

BERITA LAINNYA DI BISNIS INDONESIA

Ini Dia, Layanan Mudik Gratis 2018

Dalam rangka menyukseskan mudik lebaran 2018, Jasa Raharja selaku BUMN ikut terlibat dengan menyediakan angkutan mudik lebaran gratis bersama 62…

JK: Tak Ada Penumpukan Kendaraan di Gerbang Tol

Memasuki mudik lebaran tahun 2018 ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan tidak ada penumpukan kendaraan di gerbang tol pada…

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati: - Setelah Menanti 15 Tahun

Presiden Jokowi berharap Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia yang akan…