Menakar Potensi Bisnis Online di Era Digital

Diera digital seperti sekarang, dapat kita ketahui bahwa pengguna sosial media di Indonesia dari hari ke hari semakin meningkat. Dahulu hanya beberapa orang saja menggunakan sosial media untuk berkomunikasi, namun sekarang hampir semua kalangan masyarakat tidak mau ketinggalan sosial media, mulai dari anak-anak sekolah sampai emak-emak kece.

Memang tidak dapat dipungkiri lagi jika sosial media memang memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi. Lewat sosial media kita semua dapat terhubung dengan semua orang yang ada di dunia ini. Kita ingat kembali ketika internet belum merambah luas seperti saat ini, dahulu ketika kita hendak berkomunikasi dengan kerabat maupun teman yang jauh kota kita harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar pulsa telpon, namun sekarang hal itu sudah tidak berlaku lagi. Kita bisa berkomunikasi dengan semua kerabat maupun teman kita dimanapun mereka berada melalui sosial media.

Melihat kenyataan seperti itu maka membuka usaha online merupakan salah satu langkah tepat yang akan membantu anda mendapatkan penghasilan. Anda dapat membuka usaha online dengan memanfaatkan sosial media yang anda miliki. Data dari kominfo menyebutkan bahwa 63 juta orang Indonesia sudah menggunakan internet, dan sekitar 95%-nya menggunakan sosial media. Facebook dan Twitter merupakan sosial media yang paling banyak diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Melihat peluang yang cukup besar tersebut maka sangat disayangkan apabila anda hanya menggunakan Facebook, Twitter serta sosial media lainnya hanya untuk update status serta chatingan saja. Ingat anda memiliki peluang yang cukup besar di tahun 2018 mendatang dengan memulai bisnis berbasis online. Bisnis online akan mudah anda lakukan, anda tidak perlu membangun perusahaan yang besar yang membutuhkan modal banyak, namun anda cukup bermodalkan jaringan internet serta kreatifitas anda.

Membuat Website E-Commerce Untuk Usaha Sendiri

Memiliki website e-commerce merupakan salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk berjualan secara online, apa pun jenis bisnis anda. Tenang saja saat ini biaya untuk membuat website sudah cukup terjangkau jadi anda tidak perlu takut jika ingin membuat sebuah website untuk usaha online anda.

Anda dapat menjual produk yang anda buat melalui website, jadi seolah-olah anda sudah memiliki toko yang besar. Karena website e-commerce masa kini bisa menjadi “rumah” bagi bisnis anda di dunia maya. Kalau orang tau bisnis anda punya lokasi dan “alamat”, bisnis anda akan dianggap lebih kredibel.

Menjadi Dropship Dari Sebuah Produk

Dengan menjadi dropship atau menjadi reseller, anda tidak perlu menyediakan stok dari sebuah produk tersebut. Anda cukup memasarkan melalui media sosial kemudian pihak ketiga yang akan mengirimkannya dengan begini anda tidak memerlukan modal yang besar namun anda berpeluang meraup keuntungan yang besar.

Sudah banyak supplier produk yang membuka diri untuk bekerja sama dengan para dropshipper dan reseller. Yang kamu perlu lakukan hanya menemukan supplier yang tepat.

Berjualan Di Marketplace

Saat ini sudah banyak marketplace yang tersedia seperti Bukalapak dan Tokopedia serta beberapa marketplace lainnya. Dengan adanya hal tersebut maka silahkan anda manfaatkan untuk berjualan secara online. Anda tidak perlu membuat website namun anda akan tetap mendapatkan pelanggan melalui marketplace tersebut. Kemudian jika anda sudah memiliki banyak pelanggan maka saatnya anda membuat website sendiri dan mengajak pelanggan anda untuk berkunjung ke website yang anda miliki.

Berjualan Di Sosial Media

Yang ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Pasti pernah bertemu dengan beberapa akun jualan di Facebook dan Instagram. Peluang usaha melalui sosial media juga cukup tinggi. Dengan jenis produk atau jasa yang tapat, mungkin bahkan kamu tidak membutuhkan sebuah website. Mengingat platform Facebook dan Instagram sudah memiliki fitur promosi sendiri, dengan mempelajari teknik digital marketing melalui promosi Facebook Ads dan Instagram Ads, kamu bisa meraup profit hingga 3x lipat. Yang membuat 2 sosmed ini berbeda dari yang lain adalah mereka menyediakan opsi penargetan secara detil di akun mana saja iklan mu akan muncul. Hebat bukan?

BERITA TERKAIT

Astra Hadirkan Tiga Platform Digital - Perkuat Bisnis Digital

NERACA Jakarta – Keseriusan PT Astra Internasional Tbk (ASII) mengembangkan bisnis digital diwujudkan dengan mendirikan usaha dibidang fintech. Memanfaatkan pertumbuhan…

PENINGKATAN LAYANAN DIGITAL BNI SYARIAH

CEO Itqon Setyagus Sucipto (kedua kiri) didampingi Hadi Fatahillah (kiri), SEVP Keuangan dan Operasional BNI Syariah Wahyu Avianto (kedua kanan)…

Jasa Armada Investasi Kapal Rp 223,85 Miliar - Pacu Pertumbuhan Bisnis Pelayaran

NERACA Jakarta – Geliatnya industri pelayaran seiring dengan boomingnya harga batubara saat ini dan tren meningkatnya kegiatan ekspor dan impor,…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…

Tips Bertahan di Tengah Bisnis Musiman

Di masa sekarang banyak sekali usaha atau bisnis yang dating. Bahkan tidak sedikit yang umurnya baru seusia jagung sudah tumbang.…