Kami Hadir Dengan Memberi Solusi - Direktur Utama PT Indo Human Resource : Sumarno

Neraca. Dengan visi menjadi pemimpin dalam jasa pelayanan sumber daya manusia, dengan memberi solusi terbaik terhadap kliennya, perusahaan yang berdiri 16 Agustus 2005 ini, terbukti mampu membuktikan kinerjanya. Dinahkodai Sumarno sebagai Direktur Utama PT Indo Human Resource dengan slogan, “Partner of your success in managing human resource,” pun menjadi sebuah keniscayaan.

PT Indo Human Resource yang dikenal sebagai Corporate Human Resource (CHR) sebagai merk dagang, memang memiliki segudang pengalaman dalam memberi jasa pelayanan di bidang sumber daya manusia dengan menciptakan insipirasi dalam menangani kebutuhan klien dan membantu klien untuk merealisasikan bagi kemajuan perusahaan pengguna jasa CHR.

Kepatuhan terhadap regulasi, tambah Sumarno, merupakan nilai lebih yang selalu dikedepankan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya agar pihak klien merasa aman jika menggunakan jasa Corporate Human Resource. “Kami memiliki tenaga konsultan yang berpengalaman dan profesional untuk semua produk yang ditawarkan,” ungkap Sumarno dikantornya di Kawasan Epicentrum Walk-Office, Jakarta.

Pria kelahiran Wonogiri, 10 November 1969 ini menjelaskan bahwa CHR berkonsentrasi pada bisnis utamanya, yaitu mengelola sumber daya manusia dari berbagai aspek penanganan, mulai dari tahap pengadaan SDM sampai dengan tahap pengembangan SDM sehingga mampu menunjang kesuksesan usaha bagi setiap perusahaan yang menggunakan jasa CHR.

Bahkan secara rutin, CHR juga menyelenggarakan berbagai jenis seminar, workshop ataupun training, terkait dengan pengembangan sumber daya manusia dan selalu dilaksanakan dengan mengikuti perkembangan dinamika yang ada.

“CHR merupakan pilihan tepat untuk mengelola benefits, payroll, recruiting dan manajemen kinerja. Pentingnya profesionalisme dalam perusahaan menjadi keunggulan proses jasa kami. Dengan CHR, perusahaan anda menjadi prioritas utama layanan yang kami berikan,” tutur Sumarno.

Dalam kiprahnya, CHR memiliki lima pilar bisnis yang ditawarkan. Lima product yang dimiliki yaitu; CHR (Training and Organizer), IndoHR (Outsourcing Project), Assessment Center, CHR Consulting (Executive Search), dan Human Resources and Strategic Advisory.

Dalam Outsourching Project, terang Sumarno, IndoHR akan memberikan solusi bagi penyediaan tenaga kerja yang kompeten dan tepat bagi perusahaan. “Kami hadir sebagai partner perusahaan dalam seleksi kandidat, mulai dari pemasangan iklan, screening administrasi, pelaksanaan psikotes, wawancara awal, sampai dengan pengiriman kandidat untuk proses seleksi akhir kepada pihak klien,” ungkapnya menjelaskan.

Kata Sumarno, IndoHR akan menawarkan efisiensi waktu dan biaya bagi proses penseleksian kandidat di para klien, IndoHR membantu para klien dalam mendapatkan karyawan yang tepat dan sesuai dengan profil yang diinginkan,” jelasnya. Kini IndoHR telah memiliki ratusan karyawan outsourching profesional yang tersebar dibanyak perusahaan terkemuka di Indonesia.

Lain halnya dengan layanan executive search CHR, menurut pria yang sedang menanti kehadiran putra kedua, menemani sang kakak Nabil Hamdi Assidiqie (12) buah pernikahannya dengan Erna Juwarti menjelaskan bahwa CHR Consulting adalah salah satu SDM konsultan yang juga menyediakan jasa atau service untuk Recruitment & Selection atau yang lebih dikenal dengan Jasa Head Hunter (Si Pemburu Kepala), dalam hal ini adalah para professional yang umumnya adalah para Senior Manager atau Para Manager bahkan untuk Director Level.

CHR Consulting menyediakan calon kandidat yang memiliki kompetensi berdasarkan kriteria tertentu; Sebagai Konsultan, kami akan mengidentifikasi calon potensial terdaftar di database kami melalui yang kami analisa berdasarkan pengalaman kerja mereka, kualifikasi, dll.

CHR Consulting juga membantu Klien dengan pegadaan Test/Assessment sebagai suatu bentuk seleksi atau penilaian; seperti tes psikometri, tes kesehatan, dan pelayanan referensi lainnya.

CHR Consulting juga memberikan jaminan atau garansi dalam masa percobaan, sehingga klien tidak perlu khawatir atau merasa dirugikan oleh pihak kami sebagai sebuah komitment.

Menurut Sumarno, Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan salah satu aspek penting yang mendukung suatu perusahaan karena akan memberikan dampak pada pengembangan perusahaan. Hal inilah yang kemudian melahirkan kebutuhan pelatihan bagi karyawan yang dikemas dalam program in-house training dan public training.

Kami pun sering mengadakan public training yang menyesuaikan dengan issue yang berkembang, dengan tujuan agar klien, mengetahui perkembangan issue ter-up date yang dibutuhkan oleh perusahaan pada umumnya. “Kami pun siap menjadi partner bagi perusahaan dalam melaksanakan in-house training dalam berbagai materi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” terang Sumarno, dengan materi seperti Strategic Marketing, Finance and Accounting, Tax, Human Resource Management, ISO, Operations Management, Warehouse Management, Risk Management, Balance Scorecard, HRIS and Payroll System, Service Excellence, Sales and Marketing, Soft Skills dan sebagainya.

Jasa konsultasi yang kami berikan adalah dalam Konsultasi SDM, diantaranya Pengembangan Management SDM dan lingkupnya (Penyusunan Struktur Upah, Pengembangan Sistem Pengelolaan SDM, Job Evaluation Design, HR Audit, Penyusunan Peraturan Perusahaan, Performance Development, Strategic Management Plan Development, dan lain-lain). Guna mendukung hal tersebut kami menyediakan Tim Konsultan ahli yang terdiri dari Konsultan Senior dan Para professional, baik yang berasal dari praktisi maupun akademisi.

Beberapa perusahaan yang telah memetik benefit dengan menggunakan jasa layanan PT Indo Human Resource seperti PT Nokia Siemens Network, PT Honeywell Indonesia, PT Schott Igar Glass, PT Hogy Indonesia, PT Pertamina (Persero), PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Marubeni Indonesia, PT Epson Indonesia, PT Atlas Copco Indonesia, PT Kalrez Petroleum, PT BMJ , PT. GTA Indonesia, PT. Nokia Indonesia, PT Zurich Insurance Indonesia, PT PLN Enjiniring, dan puluhan perusahaan lainnya.

Seorang pemimpin, jelas Sumarno, harus mempunyai visi dan misi, mereka diharapkan dapat menjunjung tinggi nilai kejujuran, integritas dan bertanggungjawab, “Mereka harus menjadi seorang yang cerdas, cekatan, tegas, berinovasi.” Namun tugas utama dari pemimpin, secara umum adalah memotivasi karyawan agar harapan dan tujuan setiap departemen dibawah tanggungjawabnya dapat meraih capaian yang maksimal.

Memberi motivasi kepada karyawan memang bukanlah satu-satunya tugas pemimpin, urai Sumarno, namun jika kita ingin menjadi pemimpin yang efektif, motivasi karyawan sebaiknya selalu menjadi prioritas pertama. Jika karyawan dapat mengatur dirinya sendiri, berinisiatif yang tinggi, maka pada akhirnya kita mendapat lebih banyak waktu untuk menangani hal-hal yang lain yang lebih strategis atau melakukan ekspansi bisnis, daripada habis waktu mengawasi kerja.

Sebenarnya kalau kita pertimbangkan lebih dalam, jelas Sumarno, karyawan yang motivasinya tinggi, tidak perlu terlalu diawasi lagi. Mereka akan datang kerja tepat waktu, bahkan jika semangatnya tinggi sekali, semua pekerjaan akan dirasakan ringan untuk diselesaikan .

“Karyawan yang bermotivasi tinggi melihat pekerjaannya sebagai suatu kesenangan, bukan keharusan. Mereka biasanya selalu berpikir positif, kesulitan dalam pekerjaan adalah tantangan untuk mereka, bukan masalah. Inilah salah satu solusi yang kami tawarkan, yaitu membentuk Sumber Daya Manusia yang berkualitas excellent bagi kemajuan perusahaan,” ungkapnya. Hal penting lainnya adalah seorang pemimpin haruslah menjadi ‘tulodho’ (contoh) dan menjadi pemimpin buat dirinya, keluarga, bawahan dan juga masyarakat disekitarnya.

BERITA TERKAIT

Direktur Ciputra Hospital Citra Garden City - Cegah Ancaman Serangan Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat

Dr. Kusmiati, MARS  Direktur Ciputra Hospital Citra Garden City Cegah Ancaman Serangan Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat Jakarta - Gaya…

Direktur Ciputra Hospital Citra Garden City - Cegah Ancaman Serangan Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat

Dr. Kusmiati, MARS  Direktur Ciputra Hospital Citra Garden City Cegah Ancaman Serangan Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat Jakarta - Gaya…

BI Sepakati Kerangka LCS dengan Malaysia dan Thailand

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyepakati kerangka "Local Currency Settlement" (LCS) secara bilateral dengan Bank Negara…

BERITA LAINNYA DI PROFIL

Proses Belajar Tak Mengenal Batas - Diding Sudirdja Anwar, Presdir Perum Jamkrindo

“Jangan pernah berpikir untuk berhenti belajar. Meski sudah berada di posisi puncak sebuah perusahaan, jangan pernah berpuas diri. Teruslah belajar,…

Tanto Darmawan Sutjipto Pemilik, PT Metro Taruna Agency - Menuai Sukses Dimulai Dari Tukang Antar Koran

Sejatinya hiruk pikuk dan branding sebuah media tidak lepas dari jasa para pengecer, loper, hingga agen sebuah surat kabar. Oleh…

Ade Sudrajat Usman, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) - Industri Tekstil Siap Bersaing di Pasar Global

Industri tekstil mengaku yang paling siap menyongsong Indonesia kembali bergabung dalam perdagangan bebas Trans Pacific Partnership (TPP). Namun, ada beberapa…