Bikin Program Pendidikan, Bank Mandiri Gaet UGM

 

 

 

NERACA

 

Jakarta - Bank Mandiri menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam peningkatan kemampuan perbankan tenaga kriya perseroan melalui pendidikan lanjut di Sekolah Vokasi (SV). Dalam program beasiswa ini, tenaga kriya Mandiri yang potensial dan berprestasi akan diusulkan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru dan setelah dinyatakan lulus seleksi, akan mendapatkan kesempatan kuliah di Program Studi D4 Perbankan SV UGM yang rencananya akan didirikan tahun ini. Di akhir masa perkuliahan, tenaga kriya mandiri akan meraih gelar Sarjana Terapan yang setara dengan S1.

Tenaga kriya adalah program pemagangan atau belajar bekerja secara terpadu di Bank Mandiri dengan penempatan di berbagai unit kerja / kantor cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia dalam periode 1 tahun dan bisa diperpanjang. Sebaliknya, kerjasama ini juga memberi kesempatan mahasiswa UGM bekerja magang di Bank Mandiri untuk mendapatkan pengalaman bekerja magang di Bank Mandiri, dengan penempatan yang disesuaikan kebutuhan.

Senior Executive Vice President Human Capital Bank Mandiri Sanjay N. Bharwani mengatakan, sinergi ini akan memberikan peluang yang lebih baik kepada tenaga kriya dalam meningkatkan karir, baik di Bank Mandiri maupun di tempat lain. “Melalui kerjasama ini, Bank Mandiri ingin merealisasikan keinginan untuk memakmurkan negeri terutama di bidang pendidikan, dengan menggandeng salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia,” ujar Sanjay, seperti dikutip dalam keterangannya, Senin (19/2).

Dia menambahkan, langkah sinergi ini juga diharapkan dapat memotivasi tenaga kriya karena akan memiliki masa depan yang relatif lebih baik. “Untuk mendapatkan kesempatan ini, setiap tenaga kriya akan melalui proses seleksi internal,untuk didapatkan calon yang paling unggul antara lain terkait penilaian kinerja serta latar belakang pendidikan, selanjutnya hasil seleksi akan mengikuti proses seleksi mahasiswa baru sesuai ketentuan yang berlaku di UGM ,” jelasnya.

Dalam proses pendidikan yang dilaksanakan di program studi yang direncanakan, para tenaga ahli Bank Mandiri juga diberi kesempatan untuk ikut membagikan ilmu dan pengetahuannya sebagai dosen tamu di Sekolah Vokasi UGM. Hal ini tentu dapat menambah kompetensi lulusan sesuai dengan harapan dunia kerja, karena akan mandapatkan contoh kasus-kasus nyata dan penyelesaiannya sebagai pengayaan materi pembelajaran.

Sementara itu, Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono menyambut baik kerjasama ini sekaligus mengucapkan terima kasih atas seluruh dukungan untuk rencana realisasi Konsep Link and Match antara UGM dengan pihak Industry, dalam hal ini yaitu Bank Mandiri. Rencana ini akan diwujudkan secara kolaboratif untuk mendirikan program studi (Prodi) “D4 Perbankan”, yang akan mencakup skema kerjasama yang kongkret dan mendalam. Yaitu mulai dari input mahasiswa baru, dukungan untuk proses pendidikan, hingga output (lulusan) yang akan diserap secara optimal oleh pihak Bank Mandiri dan berbagai industry terkait lainnya. Lebih spesifik lagi, berbagai skema dukungan untuk proses pendidikan juga akan mencakup penyediaan dosen praktisi tamu dan penyediaan tempat magang mahasiswa di Bank Mandiri secara professional.

Menurut Panut, kolaborasi merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan universitas, perusahaan dan pemerintah. Dengan bersinergi maka pemanfaatan seluruh sumber daya yang dimiliki bisa menjadi lebih efisien dan lebih optimal. “Dengan kerjasama ini, mudah-mudahan kemampuan kita dalam mengelola sumber daya akan lebih terjamin lagi. Harapannya, kerjasama ini dapat terus ditingkatkan dan diperluas sehingga UGM lebih kuat dalam menjalankan tugas-tugas Tridharma” tutur Panut.

Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto menyampaikan bahwa kerjasama Sekolah Vokasi UGM dengan Bank Mandiri merupakan implementasi konsep Link and Match, secara nyata dan berkelanjutan. Skema kerjasama ini direncanakan meliputi mulai dari penyusunan kurikulum D4 Perbankan yang dilakukan bersama oleh para dosen SV UGM dan praktisi professional serta pimpinan dari pihak Bank Mandiri. Selanjutnya diikuti dengan dukungan penyediaan dosen-dosen praktisi professional dari industri, dukungan peralatan laboratorium praktek, dukungan penyediaan tempat magang, serta bantuan beasiswa bagi mahasiswa. Serta kedepannya, masih memungkinkan lagi dilakukan penambahan program kerjasama yang lebih luas dan mendalam, disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan riil di dunia kerja.

Seluruh skema kerjasama Link and Match tersebut hendaknya menjadi standar dan referensi untuk pengembangan prodi-prodi vokasi di Indonesia. Diharapkan, Prodi D4 Perbankan ini sudah bisa mulai menerima mahasiswa baru di tahun 2018. “Sesuai kebijakan Pimpinan UGM, di tahun 2019 UGM tidak lagi menerima mahasiswa baru D3, semua mahasiswa baru adalah mahasiswa prodi D4,” ungkap Wikan.

 

BERITA TERKAIT

Pembiayaan Tumbuh Positif, Aset Bank Muamalat Meningkat

Pembiayaan Tumbuh Positif, Aset Bank Muamalat Meningkat NERACA Jakarta – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatatkan total aset bank only…

TASPEN Bagikan Ribuan Paket Sembako Melalui Kegiatan Pasar Murah dan Bazar UMKM

TASPEN Bagikan 1.000 Paket Sembako NERACA Jakarta - Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN berkomitmen untuk terus…

LinkAja Raih Pendanaan Strategis dari Mitsui

  NERACA Jakarta – LinkAja meraih pendanaan investasi strategis dari Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) dalam rangka untuk saling memperkuat…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

Pembiayaan Tumbuh Positif, Aset Bank Muamalat Meningkat

Pembiayaan Tumbuh Positif, Aset Bank Muamalat Meningkat NERACA Jakarta – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatatkan total aset bank only…

TASPEN Bagikan Ribuan Paket Sembako Melalui Kegiatan Pasar Murah dan Bazar UMKM

TASPEN Bagikan 1.000 Paket Sembako NERACA Jakarta - Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN berkomitmen untuk terus…

LinkAja Raih Pendanaan Strategis dari Mitsui

  NERACA Jakarta – LinkAja meraih pendanaan investasi strategis dari Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) dalam rangka untuk saling memperkuat…