Indosat Mendorong UKM Gunakan internet

Indosat dan anak usahanya Indosat Mega Media (IM2) berupaya mendorong pemanfaatan internet bagi dunia usaha yang diikuti oleh pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Neraca. Dalam rangka meningkatkan daya saing disegala bidang, khususnya penyediaan produk atau jasa, Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian global di Indonesia. Namun, tak sedikit industri kecil yang hanya mengandalkan hal-hal yang bersifat “biasa” dan nyaris tanpa inovasi dalam menggerakkan usahanya, seperti pola manajerial yang tradisional dan cenderung kacau, mulai dari manajemen produksi, manajemen keuangan hingga manajemen pemasaran.

Untungnya, pola pikir ini sedikit banyak mulai berubah. Indosat dan IM2 mengadakan edukasi yang digelar melalui workshop dan seminar dengan tema “Solusi Telekomunikasi 4M” (Mudah, Murah, Menguntungkan, Mendunia) demi mendorong pemanfaatan internet bagi dunia usaha. Workshop ini diselenggarakan di 7 kota secara bergiliran yaitu Medan, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Yogyakarta, Bandung, dan berakhir di Jakarta.

"Workshop dan seminar adalah salah satu kegiatan CSR IM2 yang bertujuan untuk mengedukasi para pelaku UKM agar dapat lebih memanfaatkan internet untuk kemajuan usaha mereka. Peningkatan bisnis UKM akan mendorong tingkat konsumsi domestik yang tinggi sehingga berimbas kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sehat," ujar GM Business & Product Development IM2, Hermanudin.

Workshop dan seminar yang tidak dipungut biaya tersebut menghadirkan materi-materi yang sangat bermanfaat dan kisah-kisah yang menginspirasi peserta. Materi workshop antara lain pengenalan internet dan aplikasi-aplikasi yang bisa mendukung kegiatan UKM seperti email, search engine, social network (Facebook, Twitter), demo produk Indosat & IM2 broadband UKM (Speed Test, Ping dan Trace Route), dan demo aplikasi i-koperasi dan i-CRM.

Sedangkan pada sesi seminar menghadirkan materi tentang bagaimana memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk menambah sukses bisnis, serta berbagi sukses menggunakan internet dalam mempromosikan bisnis melalui social networking dan smartphone diantaranya menghadirkan Ali Akbar, Pakar Search Engine Optimization (SEO).

UKM, kata Hermanudin, harus melek internet. Diperkirakan pada tahun 2020, 50 miliar perangkat telah terkoneksi dengan internet. Penting kiranya untuk mensinergikan internet ke dalam UKM sehingga proses bisnis dan sistem informasi manajemen menjadi lebih murah, mudah, dan menguntungkan. "Contohnya UKM dapat menggunakan aplikasi Customer Relationship Management (CRM system) berbasis Web untuk membantu UKM dalam proses otomatisasi, sistemisasi dan sinkronisasi aktivitas," tambahnya.

Para pelaku UKM dari berbagai latar belakang bidang bidang usaha seperti makanan dan minuman, koperasi, garmen, kerajinan, dan lain-lain mengikuti workshop dan seminar tersebut. Antusiasme pegiat UKM juga terlihat tinggi di setiap acara dengan jumlah peserta lebih dari 1000 UKM. Bahkan sebagian besar dari UKM tersebut diwakili langsung oleh pemiliknya.

Beberapa waktu lalu Indosat & IM2 meluncurkan produk yang ditujukan bagi segmen SOHO dan UKM. Produk ini memungkinkan pelanggan segmen SOHO dan UKM untuk menekan biaya perusahaan berupa biaya koneksi internet karena satu akun internet dapat di-share hingga 10 komputer. Dalam menggelar jasa fixed broadband, selain membangun jaringan sendiri, IM2 juga bermitra dengan penyelenggara jaringan lastmile seperti ADSL, GePON, dan Ethernet, maupun Radio PTP 2,4 Ghz.

BERITA TERKAIT

Gandeng Kerjasama SPOTV - IndiHome Hadirkan Tayangan Olahraga Terbaik Dunia

Tingkatkan pelayanan kepada pelanggan, IndiHome sebagai perusahaan layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya…

Rencana Kredivo Go Public - Investasi Telkom di Bisnis Digital Berbuah Manis

Agresifnya investasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya MDI Ventures di beberapa perusahaan digital mulai berbuah manis.…

Dukung Percepatan Penanganan COVID-19, Net1 Indonesia Donasikan Perangkat dan Layanan Internet Gratis

NERACA Jakarta – PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Net1 Indonesia) sebagai penyedia layanan mobile data broadband 4G LTE yang merupakan bagian…

BERITA LAINNYA DI

Gandeng Kerjasama SPOTV - IndiHome Hadirkan Tayangan Olahraga Terbaik Dunia

Tingkatkan pelayanan kepada pelanggan, IndiHome sebagai perusahaan layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya…

Rencana Kredivo Go Public - Investasi Telkom di Bisnis Digital Berbuah Manis

Agresifnya investasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya MDI Ventures di beberapa perusahaan digital mulai berbuah manis.…

Dukung Percepatan Penanganan COVID-19, Net1 Indonesia Donasikan Perangkat dan Layanan Internet Gratis

NERACA Jakarta – PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Net1 Indonesia) sebagai penyedia layanan mobile data broadband 4G LTE yang merupakan bagian…