Bisnis Yang Bakal Naik Daun Memasuki Tahun Politik

Tahun ini akan menjadi tahun politik di Indonesia. Sebab, akan ada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak gelombang ketiga. Tahun ini akan dilangsungkan pilkada di 17 provinsi serta 154 kabupaten dan kota. Tepatnya pada akhir Juni 2017.

Sebelumnya, pada 2017 sudah berlangsung pilkada di 101 daerah dan pada tahun 2015 berlangsung di 269 daerah, namun tahun ini gelaran tersebut akan lebih bising. Karena, ada tiga provinsi dengan jumlah penduduk padat akan melangsungkan pilkada yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Daripada membuang waktu untuk gontok-gontokan terkait politik, akan lebih baik bila Anda menimbang untuk memanfaatkan peluang usaha yang menguntungkan di tahun politik seperti ini. Apa saja kira-kira peluang usaha yang naik daun dan menjanjikan pada tahun pemilihan 2018 ini?

1. Usaha sablon, baliho, pamflet

Walau sudah memasuki era digital, masyarakat Indonesia masih membutuhkan medium promosi konvensional melalui baliho, pamflet atau poster. Dengan banyaknya daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah, Sudah barang tentu akan banyak peluang bagi Anda menjual jasa pembuatan sablon, baliho, pamflet dan poster untuk kampanye para calon peserta pilkada.

Permintaan akan kelengkapan kampanye dan promosi ini akan melesat tajam. Anda bisa mendulang keuntungan yang lumayan dari usaha ini. Bila terlalu berat memulai sendiri, Anda bisa mengajukan diri menjadi rekanan perusahaan cetak sablon yang sudah ada. Biasanya, karena kewalahan menerima order, perusahaan cetak seperti itu men-subkontrakkan beberapa order mereka ke orang lain.

2. Usaha katering

Hiruk pikuk kampanye pemilihan kepala daerah tentu tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan perut. Ini membuka peluang bagi Anda yang ingin menikmati untung dari bisnis seputar pilkada, yaitu melalui usaha katering.

Usaha katering tidak melulu harus berjenis makanan berat, lho. Anda bisa menekuni usaha katering khusus untuk snack atau camilan, dessert atau kue-kue berukuran mini. Segera mulai usaha katering dan tawarkan paket katering yang menarik pada tim kampanye yang terkait. Bila ada kecocokan, bukan tidak mungkin hubungan bisnis tersebut akan langgeng hingga pilpres tahun depan.

3. Usaha perlengkapan acara kampanye

Acara kampanye, pertemuan dengan calon konstituen tentu membutuhkan perlengkapan acara. Mulai dari tenda, meja kursi, hiasan pemanis tenda, sound system sampai pengisi acara. Anda bisa mendulang untung dari usaha ini.

Bila modal cekak, Anda tidak perlu juga menangani sendiri semuanya. Ajaklah kerja sama dengan usaha yang sudah ada atau dengan kerabat yang memiliki modal lebih banyak serta jaringan. Misalnya, teman Anda sudah memiliki usaha tenda, Anda tinggal menawarkan diri untuk melengkapi penawaran jasanya dengan jasa lain misalnya sound system, dan lain sebagainya.

4. Usaha kaos dan aksesori

Hajatan kampanye atau rangkaian acara untuk mengambil hati para calon pemilih, membutuhkan modal yang tidak sedikit. Para peserta pilkada biasanya bakal royal memberikan berbagai macam barang sebagai upaya promosi, misalnya dengan memberikan kaos, topi, jilbab, dan lain sebagainya.

Anda bisa mencium peluang usaha yang prospektif dari berjualan kaos pilkada. Tawarkan paket produksi dengan harga menarik pada tim kampanye peserta pilkada. Dalam usaha skala massal seperti ini, Anda tidak perlu terlalu rakus mematok untung. Bermainlah volume. Semakin banyak jumlah pesanan yang masuk, Anda bisa meraup untung lebih besar.

5. Usaha Percetakan Buku

Ini juga banyak dicari saat musim kampanye. Bagaimanapun, para peserta pilkada membutuhkan media seperti buku atau buletin untuk memaparkan visi misi dan janji mereka pada para peserta. Ini artinya, permintaan akan pencetakan buku atau buletin akan meningkat tajam.

Anda bisa turut menjajal peruntungan di bisnis ini mumpung permintaan tengah banyak. Tidak harus memulai dari nol juga. Anda bisa berkongsi dengan perusahaan atau pemain bisnis buku yang sudah ada.

BERITA TERKAIT

Tips Seks yang Sebaiknya Tak Dicoba

Seks selalu jadi hal yang menyenangkan untuk dieksplorasi bersama pasangan. Semua menginginkan hubungan intim yang memuaskan dan tak terlupakan. Sebagian…

Andri Sukses Merakit Bisnis Ratusan Juta Rupiah - Kisah Pelapak Bukalapak

Komitmen Bukalapak sebagai perusahaan teknologi yang memiliki visi memberdayakan UKM di seluruh Indonesia melalui pemanfaatan teknologi, terus dilakukan dengan berbagai…

Gejolak Persaingan Ekonomi Global vs Cashflow yang Sehat - Studi Kasus Unrealized loss PLN

  Oleh: Sudimara Pati, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Swasta Belakangan kita diberitakan bahwa Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) milik BUMN…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…