Bank CIMB NIAGA - Implementasi CRS Pada Dunia Pendidikan

 

Neraca. Bertolak pada asetnya, Bank CIMB Niaga termasuk dalam lima bank terbesar di Indonesia. Selain ATM, ternyata Bank CIMB Niaga menjadi pelopor teknologi perbankan lainnya. Posisi ini semakin mantap ketika pada 1991 Bank CIMB Niaga menjadi bank pertama di Indonesia yang menyediakan fasilitas perbankan online. CIMB Niaga ingin selalu mengajak masyarakat untuk bersama-sama tumbuh dan memanfaatkan potensi yang ada di kawasan Asia Tenggara, hal tersebut diseduaikan dengan Brand Positioning dari CIMB Group, “ASEAN For You”.

Gencar memberikan program beasiswa untuk tingkat sarjana, bukan berarti CIMB Niaga melupakan pelajar sekolah menengah. Bekerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation, CIMB Niaga juga memberikan beasiswa kepada 25 pelajar sekolah di Bali melalui program “Beasiswa Sampoerna Academy”.

Di Tanah Air, selain program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga juga ada program beasiswa tingkat S2 dan S3 di Universitas Indonesia. Sedangkan untuk yang di luar negeri, CIMB mempunyai dua program beasiswa, dimana untuk Beasiswa CIMB Niaga (Overseas) tingkat S1 kami bekerjasama dengan CIMB Group, majority shareholder, melalui Yayasan CIMB dan Beasiswa Khazanah Asia tingkat S2 kami bekerjasama dengan Khazanah Nasional Berhad, ultimate shareholder, melalui Yayasan Khazanah. Keduanya dapat dimanfaatkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Malaysia.

Program “Beasiswa Unggulan CIMB Niaga” periode 2011-2015 menjadi salah satu program beasiswa andalan CIMB Niaga. Menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud), di tahun 2011 CIMB Niaga kembali memberikan beasiswa kepada 30 pelajar di seluruh Indonesia yang memiliki prestasi akademis dan non-akademis gemilang, untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat S1 di berbagai universitas negeri di Indonesia.

Terus berkomitmen di bidang pendidikan dengan menyalurkan beragam program beasiswa yang ditujukan bagi pelajar berprestasi di tingkat sekolah menengah, strata 1, strata 2, dan strata 3. Langkah ini merupakan wujud komitmen CIMB Niaga sebagai bagian dari tanggung jawab corporate responsibility (CR).

Sebagai implementasidari program Corporate Responsibility, CIMB telah aktif dalam kegiatan CR bidang pendidikan. Melalui program-program pemberian beasiswa sejak tahun 2006. Pemberian Beasiswa tersebut ditujukan untuk anak-anak Indonesia yang berprestasi namun memiliki kendala di masalah pembiayan untuk melanjutkan pendidikan di tingkat sekolah menengah atas, sarjana, master dak doktoral. Hingga saat ini Bank Swasta tersebut telah memberikan beasiswa kepada 279 pelajar berprestasi di seluruh Indonesia.

Program CR CIMB sendiri terbagi kedalam empat kategori besar yang lebih dikenal dengan “Empat Pilar”, yaitu pendidikan, Filantropi, Lingkungan serta pengembangan dan Pemberdayaan masyarakat. Masing-masing komponen ini saling bersinergi dan berkelanjutan dengan strategi bisnis CIMB Niaga.

Konsistensi kegiatan CR CIMB Niaga di bidang pendidikan, juga telah membuahkan hasil. Tanggal 12 Desember 2011 yang lalu, CIMB Niaga berhasil meraih Anugerah Peduli Pendidikan tahun 2011 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. CIMB Niaga menjadi satu dari tujuh perusahaan yang menerima penghargaan tersebut, sekaligus menjadi satu-satunya perusahaan yang mewakili industri perbankan.

Pada awal tahun 2012 ini, CIMB  juga kembali menyelenggarakan acara “Graduation Day penerima Beasiswa CIMB Niaga Periode 2007-2011”. Acara yang untuk kedua kalinya diselenggarakan ini bertujuan sebagai bentuk apresiasi PT Bank CIMB NIAGA kepada 42 penerima beasiswa angkatan 2007 yang telah berhasil lulus kuliah di sejumlah Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia.

Penyelenggaraan Graduation Day kali ini, CIMB juga sekaligus dibarengi dengan penganugerahan Beasiswa Overseas CIMB Niaga periode 2011-2015 kepada tiga  pelajar yang sekaligus pelepasan bagi mereka untuk selanjutnya menjalani masa studi di Universitas Malaya dan Universitas Kebangsaan Malaysia.

Pada penyelenggaraan kegiatan yang pertama, PT Bank CIMB Niaga telah membentuk Ikatan Alumni Penerima Beasiswa CIMB Niaga sebagai wadah untuk lebih mempererat silaturahmi dan membina hubungan yang berkelanjutan antara penerima beasiswa dengan CIMB Niaga.

Proses penseleksian program-program yang diberikan CIMB Niaga, dilakukan secara ketat dimulai dari seleksi awal sampai para peserta seleksi tersebut menjalani program Beasiswa. Hal tersebut bertujuan untuk tetap terus meningkatkan kualitas program beasiswa CIMB NiaCIMB grup merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkan mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi. Perusahaan yang berkantor pusat di Kuala Lumpur ini telah beroperasi di delapan  dari sepuluh negara anggota di ASEAN.

Selain di kawasan ASEAN, CIMB grup juga mendirikan pula kantor di China, Hongkong, Bahrain, India, Sri Lanka, AS dan Inggris. Saham CIMB Grup tercatat di bursa Malaysia melalui CIMB grup Holdings Berhad. Nilai kapitalisasi pasar kelompok usaha ini mencapai sekitar US$ 16,2 miliar per tanggal 30 September 2011, dan perusahaan ini telah memiliki karyawan sejumlah lebih dari 40.000 orang yang tersebar di 14 negara.

 

 

BERITA TERKAIT

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…

BERITA LAINNYA DI CSR

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…