Jejaring Sosial Karya Anak Bangsa

Neraca. Masyarakat Indonesia merupakan pasar terbesar sebagai predikat pengguna jejaring sosial. Sekitar 77 persen dari penduduk di Indonesia menggunakan ponsel web mereka untuk mengunjungi situs jejaring sosial yang sedang trend di kalangan masyarakat yakni facebook. Sebuah kabar yang baik ketika masyarakat Indonesia telah memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bersosialisasi, bahkan dari desa maupun perkotaan sudah menggunakannya. Tetapi kalau hanya sebagai konsumen terbesar tentunya akan menjadi ironis, sebab sebagai bangsa yang besar tidak seharusnya hanya sebagai obyek belaka, tetapi mampu berperan aktif juga sebagai subyek perubahan.

Seperti yang diketahui , “Social networking” atau dalam bahasa di kenal juga dengan “jejaring sosial” telah menjadi suatu yang sangat populer diseluruh kalangan. Social Networking atau jejaring sosial itu sendiri dalam konteks ini merupakan wadah virtual yang dimana menjadi media perantara dalam berkomunikasi antar sesama manusia. melalui jejaring sosial kita dapat berinteraksi satu dengan yang lainnya, tanpa perlu bertemu atau bertatap muka satu sama lain. Jejaring Sosial juga dibuat agar dapat bermanfaat di dalam kehidupan manusia, karena tidak hanya sebagai wadah untuk bertemu dan mengobrol dengan teman, jejaring sosial juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi bisnis, mendalami ilmu pengetahuan, dan lain-lain .

Pada mulanya, kemunculan layanan ini dimulai pada tahun 1997 melalui SixDegress yang dipromosikan sebagai alat bantu orang untuk mengirim pesan kepada orang lain. Kemudian pada tahun selanjutnya mulai bermunculan beberapa situs jejaring sosial, seperti Black Planet, MiGente, dan AsianVenue yang memungkinkan pengguna untuk membuat profil pribadi maupun profesional, dan dapat mengidentifikasi Friends di profil pribadi mereka tanpa meminta persetujuan untuk tindakan-tindakan tersebut. Kemudian tak lama setelah peluncuran pada tahun 1999, LiveJournal muncul dalam wujud buku harian yang memungkinkan orang lain dapat mengaksesnya. Kemudian ada Cyworld, yang memonopoli pasar Korea dengan memperkenalkan fitur homepage dan pertemanan.

Demikian juga dengan komunitas web LunarStorm Swedia refashioned sebuah situs jejaring sosial pada tahun 2000 yang memiliki fitur-fitur berisi daftar Teman, guestbook, dan halaman buku harian. Gelombang berikutnya diwarnai oleh SNSs Ryze yang diluncurkan pada tahun 2001 untuk membantu orang memanfaatkan jaringan bisnis mereka. Kemudian muncul, MySpace yang menarik perhatian media sebagian besar di Amerika Serikat dan luar negeri, friendster yang berkembang pesat di Kepulauan Pasifik, Mixi berkembang di Jepang, Hi5 di negara-negara kecil di Amerika Latin, Amerika Selatan, dan Eropa, Kemudian Bebo juga menjadi sangat populer di Inggris Raya, Selandia Baru, dan Australia, sampai Facebook dan Twitter yang sekarang ini menjadi tren hampir seluruh dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri, lahirnya jejaring sosial buatan anak bangsa merupakan sesuatu yang diharapkan dalam menunjukkan eksistensi diri. Dan ternyata, negara tercinta kita juga mempunyai situs jejaring sosial asli buatan Indonesia yang tak kalah dengan situs jejaring buatan luar negeri. Berikut daftar situs jejaring sosial buatan Indonesia asli :

FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesia) adalah sebuah website komunitas yang berisi tentang jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet, dikhususkan untuk kalangan Indonesia, FUPEI terus berusaha untuk mengembangkan fasilitasnya agar tidak kalah dengan fasilitas website-website yang sejenis diluar, memiliki anggota sebanyak 80.000 lebih dengan 96,3 persen penggunanya berasal dari Indonesia.

Indoface adalah situs pertemanan dari indonesia dan mungkin sebagai alternatif situs pertemanan yang sudah ada. Di situs pertemanan ini disediakan beberapa fitur diantaranya blog, my voice, vote dan kalau ingin menjual barang atau mempromosikan sesuatu di IndoFace disediakan layanan pasang iklan gratis. Dapat menjadi media promosi bagi yang mempunyai bisnis online maupun offline. Kabar baiknya lagi setiap aktifitas di IndoFace seperti login, upload foto mau pun mp3 dan komentar akan mendapatkan poin, yang jika sudah mencukupi poin tersebut bisa ditukar dengan barang elektronik seperti ponsel atau barang elektronik lainnya yg sudah disediakan pihak IndoFace.

Adandu memiliki tampilan logo dan website yang didominasi warna merah-putih serta maskot berbentuk kartun bintang kuning. Adandu mulai diluncurkan dalam versi beta di bulan Oktober 2009. Pada Mei 2009 laju pertumbuhan jumlah halaman website Adandu yang diakses dalam tiga bulan naik 6000%. Sedangkan laju waktu tinggal per orang (average time on site) tumbuh 2400%. Data ini menunjukkan meningkatnya jumlah dan loyalitas pengunjung yang mengakses website.

DIGLI adalah situs pertemanan dengan rasa Indonesia dimana seluruh pengguna DIGLI bisa berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi. Para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna DIGLI lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya.

Otofriends merupakan sebuah social networking yang baru, diperkenalkan tahun 2008. Situs ini mengusung tema jejaring sosial dengan tagline “Community Gathering, Start From Indonesia”. Beberapa user yang telah bergabung menilai akses Otofriends tergolong cepat dengan fitur komplit serta terus bertambah. Jika dibandingkan dengan Facebook, fitur Otofriends mirip Facebook. Fitur Otofriends dapat dikatakan merupakan kombinasi dari Facebook, Yahoogroups, Friendster, bahkan Multiply.

LILO (Little Online) tempat untuk anak-anak muda bersosialisasi, berkreasi, dan mengekspresikan dirinya di virtual world. Dikembangkan sebagai medium berkumpul anak muda yang menggunakan konsep Virtual World Society (VWS).

Kongkoow merupakan situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti akun email, file sharing, video streaming, dan blogging.

KenalanYuk adalah situs pertemanan/sosial seperti yang sedang marak dibicarakan saat ini. Fitur-fitur pada KenalanYuk pun agak-agak mirip dengan Facebook.

MyPulau adalah situs jejaring sosial yang dimotori oleh pihak telkomsel. Disini kamu dapat menemukan serta berkomunikasi dengan teman-teman kamu ataupun mencari teman-teman yang baru. Situs jejaring sosial yang satu ini memiliki kelebihan dimana semua hal yang dimiliki situs jejaring sosial ternama seperti facebook dan twitter ada disini.

Koprol.com merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota–kota di Indonesia, Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Disini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

KID Net yang berarti Kerja Input Data dot Net merupakan produk asli Indonesia, yang membuat wadah bagi anda yang menginginkan pendapatan tambahan melalui internet, ribuan orang sudah bergabung, saat ini sudah masuk 3000-an member lebih. Tugas member kid net adalah sebagai staff data entry dan akan mendapat komisi dari pekerjaan yang dia lakukan. Saat ini KID NET sudah tidak menerima member lagi, kecuali melalui jalur khusus (bayar) dan hanya akan membuka pendaftaran diwaktu-waktu tertentu.

BERITA TERKAIT

Pendapatan Ancora Resources Terkoreksi 7% - Kinerja Anak Usaha Melorot

NERACA Jakarta – Performance kinerja keuangan PT Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS) masih membukukan raport merah di kuartal tiga 2017.…

Telkomsel Bantu 5000 Anak Yatim Piatu di 4 Kota - Berbagi Kasih dan Sukacita Sambut Natal

Berbagi kebahagian dan kecerian dalam rangka menyambut hari raya Natal 2017, Telkomsel menggelar rangkaian kegiatan kepedulian sosial dengan tema “Saatnya…

Metrodata Merger Dua Anak Usaha - Tingkatkan Daya Saing

NERACA Jakarta – Pacu pertumbuhan bisnis lebih agresif lagi dan menekan efisiensi, dua entitas bisnis PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL),…

BERITA LAINNYA DI

Sisa Kanal 3G Jadi Rebutan - Pemerintah Undur Jadwal Lelang

    NERACA Persaingan operator seluler makin tak terbendung. Peningkatan kualitas layanan serta tranformasi teknologi komunikasi adalah sebagian dari pemicunya,…

Operator Seluler Tangkap Peluang Ramadan - Momentum untuk Bersilaturahmi

Ramadan memberikan berkah tersendiri bagi operator. Ini dipicu karakter masyarakat Indonesia yang memanfaatkan Ramadan sebagai momentum untuk bersilaturahmi maupun mempererat hubungan…

Kuota Habis, Internet Tetap Jalan

NERACA AlwaysOn, memberi keleluasaan mengakses internet tanpa khawatir dibatasi kuota maupun masa aktif yang terlalu singkat. Akses internet telah menjadi…