free hit counter

Harumnya Keuntungan Si Bunga Mawar

Sabtu, 11/02/2012

Neraca. Bunga mawar sebagai queen of the flower merupakan bunga universal yang dikenal di seluruh penjuru dunia sejak zaman dahulu. Penampilannya yang cantik, anggun dan untuk beberapa jenis dikenal menebarkan wangi yang semerbak ketika bermekaran telah memesona banyak orang sehingga menjadiannya lambang kecantikan.

Banyak sekali perumpamaan yang dibuat berkaitan dengan kecantikan bunga mawar, termasuk oleh pujangga inggris ternama William Shakeespeare.

Bunga mawar mempunyai potensi ekonomi dan sosial yang tinggi. Permintaan bunga mawar di pasar dalam negeri (domestik) cenderung meningkat, terutama di kota-kota besar. Jakarta menyerap bunga-bunga terbesar dengan omzet dan peredaran uang mencapai Rp 25,8 miliar per tahun.

Permintaan bunga mawar ±20.000 kuntum per hari hal ini memberikan gambaran cerah bagi kalangan wirausahawan di berbagai daerah (wilayah) di Indonesia untuk mengelola agribisnis bunga mawar, terutama yang lokasinya strategis dekat dengan kota-kota besar.

Sentra penanaman bunga potong, tabur dan tanaman pot di Indonesia dihasilkan dari daerah Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jakarta. Meskipun sudah ada yang membudidayakan bunga Mawar ini, peluang agribisnis Mawar masih memiliki potensi yang besar untuk terus ditingkatkan.

Salah satu negara produsen bunga-bungaan terbesar di dunia adalah Belanda. Diantara 10 jenis bunga potong Belanda, ternyata mawar menempati urutan teratas dan paling besar dalam peraihan (perolehan) devisa negara tersebut.

Peningkatan permintaan bunga potong dan tanaman hias terjadi di Indonesia, karena ekspor komoditas ini mengalami peningkatan demikian juga permintaan dalam negeri. Berarti prospek pengembangan budidaya mawar di negeri kita diperkirakan sangat cerah. Mawar diperdagangkan sebagai bunga potong, tabur dan tanaman pot.

Mengingat kepentingan nilai ekonomi dan meningkatnya permintaan bunga potong atupun tanaman hias di dalam dan luar negeri, maka pengembangan budidaya mawar perlu diarahkan untuk skala agribisnis yang sesuai dengan permintaan pasar.

Bunga mawar dikenal mempunyai banyak varietas sehingga disebutlah dia Rosaceae atau keluarga mawar mawaran. Kemajuan teknologi semakin membuat keluarga tanaman ini beraneka ragam dengan warna warninya mulai dari merah, ungu, hitam dan bahkan campuran beberapa warna. Disamping itu kelopak bunganya juga semakin variatif, dari yang berkuntum tunggal, ganda sampai yang bertumpuk.

Dibalik keelokan warna bunga mawar, ternyata juga terkandung khasiat sebagai obat alami. Bilamana anda sempat pergi jalan jalan ke Bangkok, akan anda jumpai makanan yang terbuat dari bunga mawar. Banyak restoran di bangkok yang menyuguhkan menu andalan dari bahan bunga ini.

Bunga ini aman dikonsumsi dan memiliki beberapa khasiat. Minyak atsiri nya mengandung geraniol dan limonene yang berfungsi sebagai antiseptik, pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan dan menambah daya tahan tubuh.

Harum aroma bunga mawar juga sering digunakan sebagai aromaterapi yang bersifat menenangkan juga meningkatkan mood. Daun kelopak bunganya yang kering juga dapat untuk mengharumkan teh.

Caranya sangat mudah, anda campurkan sedikit kelopak bunga kering bersama teh dan rebuskan air kemudian saring, anda akan menikmati segarnya teh sambil menghirup aroma bunga mawar yang dapat meningkatkan mood.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan rupiah dari berbisnis bunga mawar. Pertama, mendapatkan rupiah dari menjial bunga mawar hias dalam bentuk pot. Jenis usaha ini sesuatu yang biasa dilakukan para pecinta bunga.

Dan kedua adalah usaha rangkaian atau setangkai bunga mawar. Jenis usaha ini cukup banyak dilakukan para pengusaha bunga di kota-kota besar. Kebutuhan bunga mawar di kota besar cukup besar, mengingat budaya percintaan kawula muda di Indonesia mulai mengacu pada budaya barat.

Contohnya, setiap kawula muda ingin mengungkapkan isi hatinya bisa disimbolkan dengan bunga mawar. Terlebih lagi ada perayaan Hari Valentine tanggal 14 Februari. Pada hari Valentine itu tingkat kebutuhan bunga mawar akan melonjak tinggi.

Bunga mawar juga sering digunakan sebagai bunga tabur di pemakaman, dan tingkat kebutuhan bunga tabur ini akan meningkat drastis pada hari-hari tertentu, misal seperti pada Idul Fitri. Dan harga bunga tabur itu akan meningkat sampai 2 atau 3 kali lipat. Lagi pula bunga mawar yang digunakan bukan jenis bunga mawar yang mahal.

Bunga mawar merupakan bunga yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Bunga ini merupakan lambang kehidupan religi dan cinta dalam kehidupan manusia, sehingga sangat banyak digunakan dalam hiasan pernikahan dan dalam acara romantis bersama pasangan. Bunga mawar memiliki banyak varietas dan aneka warna yang menarik. Seiring meningkatnya akan permintaan bunga ini maka banyak budidaya bunga mawar dilakukan.

Secara umum, bunga mawar dikelompokkan berdasarkan perawakan dan sifat pertumbuhannya menjadi 4 kelompok besar. Yakni: bunga mawar semak yang banyak ditanam sebagai pagar, mawar kerdil berupa tanaman dalam pot, mawar pohon dan terakhir mawar liana yang tumbuh merambat. Menanam bunga ini sangatlah mudah karena bunga ini tidak memerlukan perawatan yang khusus. Bunga ini bisa tumbuh di daerah beriklim panas, sedang bahkan dingin.