"Kocok Ulang" Demi Pilkada

Oleh: Hanni Sofia Soepardi

Ramai tentang rumor akan adanya "reshuffle" alias kocok ulang kabinet mengemuka dalam beberapa waktu terakhir. Tepat bersamaan ketika Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur (Jatim) sebagai Calon Gubernur Jatim, banyak pihak kemudian memprediksikan Presiden Jokowi akan mengambil langkah perombakan kabinet jilid 3.

Lebih jauh dari itu bahkan banyak pihak sampai memperkirakan bahwa Presiden akan merombak posisi-posisi lain bersamaan Khofifah mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial.

Setidaknya beberapa pos yang diprediksi akan dirombak bersamaan dengan mundurnya Khofifah, yakni Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bapenas, Menteri Pertahanan, dan Menkopolhukam. Bahkan Kepala Staf Kepresidenan pun dikabarkan akan mengalami perubahan.

Namun kebenaran terkait informasi yang beredar tersebut belum dapat dipastikan sebagai berita yang valid. Tidak hanya itu, waktu perombakan kabinet pun seakan menjadi bahan tebak-tebakan yang seru bagi berbagai kalangan. Ada sementara yang menyebut Presiden akan mengumumkan perombakan kabinet pada kurun waktu 10-12 Januari 2018 sebab pada tanggal-tanggal itulah Khofifah secara resmi ditetapkan sebagai Calon Gubernur Jatim oleh KPU Jatim. Tetapi hingga kini, isu tersebut tidak juga beranjak menjadi fakta yang sesungguhnya.

Presiden Jokowi sendiri mengaku sudah menerima surat dari Khofifah pada Rabu (10/1), tetapi ia tidak menjelaskan dengan rinci isi surat tersebut. Hampir bisa ditebak surat Khofifah tak lain adalah untuk meminta restu Presiden dalam debutnya sebagai Calon Gubernur Jatim di Pilkada mendatang.

Demi Pilkada

Kocok ulang kabinet menjadi formula yang sudah dua kali dilakukan oleh Pemerintahan Jokowi-JK dalam tiga tahun lebih kepemimpinannya. Upaya ini dilakukan untuk memperkuat tim kerja Presiden sekaligus memilih "para jenderal perang" yang andal demi mewujudkan janji-janji pemerintahan kepada rakyat.

Tetapi perombakan kabinet pun bukan sembarang, banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar semua pihak dapat menerima perubahan yang dilakukan tanpa menimbulkan kontroversi dan polemik yang berlarut.

Pilkada kemudian menjadi salah satu pemicu bagi akan dilakukannya perombakan kabinet agar kemudian pemerintahan di tingkat pusat dapat merespons dengan cepat perombakan pimpinan di tingkat daerah.

Partai-partai pendukung dan oposisi pun menjadi pertimbangan lain yang benar-benar harus dikalkulasikan dengan super cermat dalam upaya kocok ulang kabinet. Misalnya saja terkait Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar sehingga terjebak pada isu rangkap jabatan yang tidak dibenarkan peraturan.

Sirojudin Abbas, peneliti SMRC, kemudian meragukan Presiden Jokowi akan mencopot jabatan Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian. Alasan dan kekhawatiran bahwa perombakan akan mengganggu hubungan Jokowi dengan Partai Golkar pun menjadi pertimbangan serius.

Sebagai salah satu mesin politiknya untuk Pilpres 2019, sepertinya Jokowi pun tak ingin hubungannya renggang dengan partai berlambang pohon beringin tersebut. Boleh jadi hal-hal itulah yang kemudian menjadi pertimbangan tersendiri sehingga Presiden Jokowi hingga detik ini belum mengambil langkah untuk mengocok ulang kabinetnya.

Peta Politik Pilkada telah menjadi komponen penting dalam upaya memanaskan mesin politik menjelang Pilpres 2019. Maka perombakan kabinet pun akan mendatangkan pengaruh nyata bagi debut Jokowi jika ingin menjalankan dua periode pemerintahannya.

Oleh karena itu, kocok ulang kabinet pun menjadi salah satu langkah yang kerap ditempuhnya sekaligus untuk mengakomodir dukungan dari berbagai pihak. Hanya saja, kocok ulang kabinet memang nyata-nyata akan mengubah peta politik yang ada meski upaya tersebut juga dilakukan sebagai langkah untuk merespons perubahan peta politik yang terjadi.

Partai-partai politik yang mengalami perubahan kepemimpinan atau bahkan konflik internal kerap kali mengubah kebijakan dan pandangan politik awal mereka. Koalisi antar-mereka dalam momentum pilkada di berbagai daerah pun menjadi salah satu peta politik yang dapat diacu untuk kemudian dipelajari lebih lanjut. Seorang politisi ulung saja terkadang bisa terpeleset lantaran salah membaca peta politik yang berkembang.

Maka Presiden Jokowi yang bahkan seringkali disebut sebagai "anak bawang" dalam kancah politik di Tanah Air pun tak ingin terjebak di "lumpur" persoalan karena salah membaca peta politik. Oleh sebab itulah, rencana perombakan kabinet yang sudah beberapa kali mengemuka sejak akhir tahun lalu belum juga terealisasi faktanya.

Sementara ada saja yang menebak, rumor kocok ulang justru diembuskan sendiri oleh "istana" untuk mengetahui respons masyarakat di tingkat akar rumput. Hal itu karena tidak ada orang yang ingin mati konyol lantaran salah memprediksikan langkah, bahkan keledai pun tidak akan terperosok dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Maka demi pilkada, sang pemanas mesin politik menuju tahun politik 2019, kocok ulang boleh jadi akan menjadi pertimbangan serius Presiden Jokowi dalam waktu dekat. (Ant.)

BERITA TERKAIT

Indonesia Tidak Akan Utuh Tanpa Kehadiran Papua

    Oleh : Roy Andarek, Mahasiswa Papua Tinggal di Jakarta   Papua merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Negara…

Masyarakat Optimis Keputusan MK Objektif dan Bebas Intervensi

  Oleh: Badi Santoso, Pemerhati Sosial dan Politik   Masyarakat Indonesia saat ini menunjukkan optimisme yang tinggi terhadap proses penyelesaian…

Perang Iran-Israel Bergejolak, Ekonomi RI Tetap On The Track

    Oleh: Ayub Kurniawan, Pengamat Ekonomi Internasional   Perang antara negeri di wilayah Timur Tengah, yakni Iran dengan Israel…

BERITA LAINNYA DI Opini

Indonesia Tidak Akan Utuh Tanpa Kehadiran Papua

    Oleh : Roy Andarek, Mahasiswa Papua Tinggal di Jakarta   Papua merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Negara…

Masyarakat Optimis Keputusan MK Objektif dan Bebas Intervensi

  Oleh: Badi Santoso, Pemerhati Sosial dan Politik   Masyarakat Indonesia saat ini menunjukkan optimisme yang tinggi terhadap proses penyelesaian…

Perang Iran-Israel Bergejolak, Ekonomi RI Tetap On The Track

    Oleh: Ayub Kurniawan, Pengamat Ekonomi Internasional   Perang antara negeri di wilayah Timur Tengah, yakni Iran dengan Israel…