GSX Series Jadi Tulang Punggung Penjualan Suzuki

Suzuki Indonesia mengalami kenaikan penjualan kendaraan roda dua yang ditopang larisnya model segmen sport, Suzuki GSX-R dan GSX S, sepanjang tahun 2017. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), yang disalin dari Antara, baru-baru ini, sebanyak 5.886.103 unit sepeda motor terjual sepanjang 2017 atau turun tipis dibandingkan tahun 2016 sebanyak 5.931.285 unit.

Kendati penjualan motor turun secara nasional, namun penjualan produk Suzuki melonjak menjadi 72.191 unit pada tahun 2017 atau naik 27 persen dari penjualan tahun 2016 sebanyak 56.824 unit.

Motor dari segmen sport, GSX Series, menopang setengah dari penjualan sepeda motor Suzuki sebanyak 35.683 unit dengan rincian 28.990 unit untik tipe GSX-R150 dan 6.693 unit pada tipe GSX-S150. Suzuki FU 150 menjadi penopang kedua dengan penjualan 15.186 unit, diikuti skutik Address 9.597 unit.

Adapun penjualan segmen sport dari pabrikan lain juga cukup baik antara lain Yamaha menjual 88.469 All New Vixion dan 39.604 unit R15. Sedangkan Honda CB150R Street Fire memimpin penjualan segmen naked sport sebanyak 107.991 unit diikuti CBR150R sebanyak 72.219 unit.

Sebanyak 5.886.103 unit sepeda motor terjual sepanjang 2017 atau turun tipis dibandingkan tahun 2016 yang terjual 5.931.285 unit, menurut data AISI. Dari angka itu, Honda menguasai pangsa pasar sepeda motor di Indonesia sebesar 74,51 persen atau sebanyak 4.385.888 unit, diikuti Yamaha sebanyak 1.348.211 unit dengan market share 22,90 persen.

Honda BeAT eSP dari segmen skuter matic (skutik) mendominasi penjualan sepda motor nasional karena menjadi satu-satunya produk yang terjual di atas satu juta unit dalam setahun atau sebanyak 1,7 juta unit.

Tiga skutik Honda lainnya yaitu Scoopy eSP, Vario 125 eSP dan Vario 125 eSP berada di peringkat dua hingga empat motor sebagai terlaris sepanjang tahun lalu. Produk skutik Yamaha, MIO M3 125 CW, berada di peringkat lima dengan 291.614 unit diikuti model skuter bongsor populer, Yamaha NMax, yang terjual 282.097 unit sepanjang tahun lalu.

Model lain dari Honda BeAt, yaitu Street 110cc, berada di peringkat tujuh dengan penjualan 195.515 unit, diikuti skuter bongsor 155cc Yamaha Aerox yang laku 150.582 unit. Honda CB150R Street Fire menjadi satu-satunya motor dari segmen naked sport yang masuk dalam jajaran 10 kendaraan terlaris 2017 dengan penjualan 107.991 unit, mengungguli kompetitornya Yamaha All New Vixion dengan penjualan 88.469 unit.

BERITA TERKAIT

LG Targetkan Penjualan AC Komersil Naik 30% - Sertifikasi Uji Hemat Listrik

      NERACA   Jakarta – PT LG Electronics Indonesia (LG) baru saja mengantongi uji hemat listrik dari lembaga…

MMKSI Raih Capaian Positif dan Lampaui Target Penjualan di GIIAS 2018

MMKSI Raih Capaian Positif dan Lampaui Target Penjualan di GIIAS 2018 NERACA Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales…

Pan Brothers Catatkan Penjualan US$ 265,81 Juta

NERACA Jakarta - PT Pan Brothers Tbk (PBRX) mencatatkan pendapatan pada semester I/2018 tumbuh sekitar 10% year on year (yoy)…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan Digenjot

Pemerintah terus memacu produktivitas dan daya saing industri otomotif di dalam negeri agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen domestik dan semakin…

Kemenperin Sebut Laju Industri Otomotif Kian Melesat

Industri otomotif merupakan salah satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya karena akan menjadi pionir dalam penerapan revolusi…

Industri Otomotif Siap Perluas Penggunaan B20

Industri otomotif menyatakan kesiapannya dalam memperluas penggunaan Biodiesel 20 untuk seluruh kendaraan bermesin diesel di Indonesia. "Kami siap mendukung implementasi…