GSX Series Jadi Tulang Punggung Penjualan Suzuki

Suzuki Indonesia mengalami kenaikan penjualan kendaraan roda dua yang ditopang larisnya model segmen sport, Suzuki GSX-R dan GSX S, sepanjang tahun 2017. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), yang disalin dari Antara, baru-baru ini, sebanyak 5.886.103 unit sepeda motor terjual sepanjang 2017 atau turun tipis dibandingkan tahun 2016 sebanyak 5.931.285 unit.

Kendati penjualan motor turun secara nasional, namun penjualan produk Suzuki melonjak menjadi 72.191 unit pada tahun 2017 atau naik 27 persen dari penjualan tahun 2016 sebanyak 56.824 unit.

Motor dari segmen sport, GSX Series, menopang setengah dari penjualan sepeda motor Suzuki sebanyak 35.683 unit dengan rincian 28.990 unit untik tipe GSX-R150 dan 6.693 unit pada tipe GSX-S150. Suzuki FU 150 menjadi penopang kedua dengan penjualan 15.186 unit, diikuti skutik Address 9.597 unit.

Adapun penjualan segmen sport dari pabrikan lain juga cukup baik antara lain Yamaha menjual 88.469 All New Vixion dan 39.604 unit R15. Sedangkan Honda CB150R Street Fire memimpin penjualan segmen naked sport sebanyak 107.991 unit diikuti CBR150R sebanyak 72.219 unit.

Sebanyak 5.886.103 unit sepeda motor terjual sepanjang 2017 atau turun tipis dibandingkan tahun 2016 yang terjual 5.931.285 unit, menurut data AISI. Dari angka itu, Honda menguasai pangsa pasar sepeda motor di Indonesia sebesar 74,51 persen atau sebanyak 4.385.888 unit, diikuti Yamaha sebanyak 1.348.211 unit dengan market share 22,90 persen.

Honda BeAT eSP dari segmen skuter matic (skutik) mendominasi penjualan sepda motor nasional karena menjadi satu-satunya produk yang terjual di atas satu juta unit dalam setahun atau sebanyak 1,7 juta unit.

Tiga skutik Honda lainnya yaitu Scoopy eSP, Vario 125 eSP dan Vario 125 eSP berada di peringkat dua hingga empat motor sebagai terlaris sepanjang tahun lalu. Produk skutik Yamaha, MIO M3 125 CW, berada di peringkat lima dengan 291.614 unit diikuti model skuter bongsor populer, Yamaha NMax, yang terjual 282.097 unit sepanjang tahun lalu.

Model lain dari Honda BeAt, yaitu Street 110cc, berada di peringkat tujuh dengan penjualan 195.515 unit, diikuti skuter bongsor 155cc Yamaha Aerox yang laku 150.582 unit. Honda CB150R Street Fire menjadi satu-satunya motor dari segmen naked sport yang masuk dalam jajaran 10 kendaraan terlaris 2017 dengan penjualan 107.991 unit, mengungguli kompetitornya Yamaha All New Vixion dengan penjualan 88.469 unit.

BERITA TERKAIT

DMAS Targetkan Penjualan Rp 1,25 Triliun

Emiten pengembang kawasan industri, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) mematok target marketing sales tahun ini sebesar Rp 1,25 triliun. Direktur…

BSD Targetkan Penjualan Rp 7,2 Triliun

NERACA Jakarta – Meskipun optimisme pasar properti masih berpeluang tumbuh di tahun politik, namun hal tersebut tidak membuat PT Bumi…

Hartadinata Targetkan Penjualan Tumbuh 20% - Optimis Bisnis Emas Bersinar

NERACA Jakarta – Masih tingginya minat masyarakat terhadap investasi emas, mendorong PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) untuk memasang target pertumbuhan…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Honda Ungkap Sedan Amaze Generasi Kedua di India

Honda memperkenalkan generasi kedua All New Honda Amaze yang dirancang di atas platform sedan premium dengan dua pilihan mesin, berbahan…

Struktur Baru Pajak Otomotif Paling Cepat Tuntas Triwulan I

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengharapkan struktur pajak baru bagi industri otomotif untuk mendorong produksi kendaraan jenis sedan dapat selesai paling…

China Diprediksi Akan Lewati AS Sebagai Pasar Otomotif Terbesar

China diproyeksikan akan melewati Amerika Serikat (AS) sebagai pasar otomotif terbesar dunia pada 2022, menurut Chief Executive Officer Nissan Motor…