Bank Danamon Resmikan 9 Kantor Cabang

NERACA

Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) meresmikan sembilan cabang baru berstatus kantor kas, Kamis (11/1). Sembilan kantor kas tersebut berada di wilayah Jakarta, Surabaya, Bali, dan Batam. Sembilan cabang tersebut telah mulai beroperasi sejak akhir Desember 2017 untuk melayani nasabah dan masyarakat umum terkait kebutuhan transaksi perbankan. Dengan pembukaan sembilan kantor kas tersebut, jumlah jaringan Danamon semakin bertambah menjadi 436 cabang Konvensional dan Syariah.

Direktur Consumer, SME & Branch Network Danamon, Michellina Triwardhany, mengatakan, peresmian kantor kas tersebut merupakan wujud komitmen Danamon untuk semakin mendekatkan diri kepada nasabah. Hal itu sekaligus memperkuat jaringan cabang Danamon yang tersebar di seluruh Indonesia serta jaringan ATM dan digital melalui internet banking dan mobile banking.

"Kami percaya, jaringan serta produk dan layanan yang unggul memungkinkan Danamon untuk terus menarik minat dan perhatian nasabah sebagai mitra bisnis yang dapat diandalkan dan terpercaya," kata Michellina melalui siaran pers. Kesembilan kantor kas tersebut yakni, BDI Cibubur Kota Wisata, BDI Cibinong City Center, BDI Jakarta LTC Hayam Wuruk, BDI Jakarta Samanhudi, BDI Tangerang Jatiuwung, BDI Jakarta Kapuk Kamal, BDI Surabaya Wiyung, BDI Badung Sunset Road, dan BDI Batam Botania.

Michellina mengatakan, di sembilan cabang baru tersebut, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi dan mendapatkan layanan perbankan seperti pembukaan rekening tabungan, giro, deposito, setoran tunai, setoran kliring, transfer dana, serta berbagai layanan lainnya.

Sekedar informasi, Bank asal Jepang The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd (BTMU) telah menyepakati perjanjian jual beli saham bersyarat dengan Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd dan entitas-entitas lainnya guna mengakuisisi 73,8 persen saham PT Bank Danamon Tbk. Dalam keterangan resmi BTMU, investasi strategis tersebut bakal dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama, BTMU bakal membeli 19,9 persen saham Bank Danamon dengan harga Rp8.323 per saham dengan dana yang disiapkan Rp.15,875 triliun. "Harga tersebut berdasarkan dua kali price to book value (harga berbanding nilai buku) perusahaan pada kuartal ketiga tahun ini," tulis keterangan itu. Tahap kedua, BTMU berencana mendapatkan persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan beserta persetujuan lain terkait tambahan 20,1 persen saham yang akan diambil alih. Dengan bergitu, pada tahap kedua, BTMU akan menjadi pemegang 40 persen saham Bank Danamon.

Tahapan ini ditargetkan dapat rampung pada kuartal kedua atau ketiga 2018, sesuai diberikannya persetujuan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tahap ketiga, BTMU rencananya, akan kembali meminta persetujuan untuk meningkatkan kepemilikan saham di atas 40 persen. Pada tahap ini, BTMU akan memberikan kesempatan pada pemegang saham lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau mendapat uang tunai dari BTMU.

Dengan dilaksanakannya tahap 3, kepemilikan MUFG dalam Danamon diharapkan akan menjadi lebih dari 73,8 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon. "Sebagai salah satu bank terdepan di Asia dan Oceania, kami telah lama menyadari peran Indonesia sebagai salah satu pendorong utama perkembangan di wilayah Asia dan Oceania dan telah berusaha untuk membangun keberadaan yang lebih kuat di negara ini," ujar Chief Executive Officer (CEO) Mitshubishi UFJ Financial Group Inc. (MUFG) untuk wilayah Asia dan Oceania,Takayoshi Futae.

Menurut Futae, Danamon adalah salah satu perbankan Indonesia yang memiliki manajemen berpengalaman dan kompeten. Selain itu, Indonesia adalah salah satu negara yang mendorong perkembangan ekonomi di Wilayah Asia & Oseania. Menurut Takayoshi, bisnis perbankan yang sehat dan jaringan yang luas diharapkan mampu mendukung strategi pengembangan bisnis di kawasan. "Kami yakin bahwa masuknya MUFG sebagai suatu pemegang saham Danamon akan memberikan keuntungan kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk para karyawan, klien, nasabah serta mitra bisnis," ujar Futae.

BERITA TERKAIT

Dengan Teknologi, Bank UOB Dukung Pengembangan UKM

      NERACA   Jakarta – Untuk meningkatkan daya saing bisnis, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia memandang…

Bank Mandiri Terbitkan Kontrak Investasi untuk Infrastruktur

    NERACA   Jakarta - Grup Bank Mandiri berkerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk menerbitkan Kontrak Investasi…

Indonesia Kantongi Investasi Infrastruktur Rp202,5 Triliun - Pertemuan IMF-World Bank di Bali

    NERACA   Bali - Indonesia melalui 14 BUMN mengantongi investasi hingga 13,5 miliar dolar AS atau setara Rp202,5…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Sompo Insurance Permudah Proses Klaim Asuransi Kendaraan

  NERACA   Jakarta - PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) kembali menyuguhkan hasil inovasi layanan klaim Pelanggan melalui peresmian…

10 Poin Hasil Pleno Development Committe IMF-World Bank

      NERACA   Bali - Development Committee (DC), perkumpulan menteri dan pejabat sektor keuangan seluruh dunia, melakukan pertemuan…

Wapres Harap Bank Pembangunan Jadi Investor Jangka Panjang

    NERACA   Bali - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta sejumlah bank pembangunan dunia, seperi Bank Dunia (WB), Bank…