Intip Usaha Baslok, Bakso dan Cilok Diracik di Satu Mangkuk

Bakso kudapan yang sangat populer di lidah masyarakat Indonesia. Tidak mengherankan, meski gerai lama masih kokoh berdiri, banyak juga pemain baru yang mencoba mengais peluang. Salah satunya adalah Teguh W Wijaya yang mengusung merek Baslok di Sidoarjo, Jawa Timur. Baslok adalah bakso cilok.

Mendirikan usaha awal tahun 2017, kini gerai pribadinya sudah ada tiga di Surabaya. Lantaran mendapat respon positif dari konsumen, dua bulan kemudian Teguh menawarkan kemitraan usaha.

Kendati tergolong baru, saat ini sudah ada 12 gerai milik mitra di Jabodetabek. dia menargetkan bakal membuka 100 gerai milik mitra. Makanya, saat ini dia getol ikut dalam berbagai ajang pameran.

Dia mengaku, potensi usaha makanan ini sangat besar karena dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Lagi pula, harga produknya pun relatif bersahabat di dompet, yakni hanya Rp 4.000 per porsi (isi lima biji). "Kelebihannya, kami menggunakan daging sapi dan mengemasnya seperti cilok," katanya.

Baslok menawarkan kerjasama dengan investasi Rp 5 juta, fasilitas yang didapatkan mitra adalah satu unit booth, perlengkapan memasak, bahan baku awal 100 biji bakso, branding, dan perlengkapan tambahan lainnya.

Kemitraan ini tidak memungut biaya royalti mau pun franchise fee. Namun, guna menjaga kualitas produk agar tidak menurun, mitra wajib mengambil pasokan bakso dari pusat.

Teguh menjamin distribusi produk tidak bakal telat sampai ke mitra karena mereka memiliki distributor yang berada di dekat lokasi mitra. Sampai sekarang sudah ada dua distributor yang berada di Bekasi dan Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan perhitungannya, mitra hanya membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk balik modal. Dengan catatan, mitra setiap hari dapat menjual sekitar 50-100 cup. Bila dikalkulasi, omzet setiap hari mencapai Rp 400.000. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, porsi laba bersih yang didapatkan mitra sekitar 50% dari omzet.

Agar target tercapai, mitra harus memilih tempat berjualan di lokasi-lokasi yang strategis dan ramai lalu lalang orang. Ia sendiri menargetkan bisnisnya masih terus bertumbuh.

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…