Telkomsel Bantu 300 Paket dan Gratis Nelpon - Ringkan Beban Korban Kebarakan

Amukan si jago merah yang melumat pemukiman warga yang padat penduduk di 5 Rukun Tetangga (RT) Balikpapan kemarin, menjadi derita mendalam di awal tahun 2018. Kebaran yang tidak hanya menelan kerugian material, tetapi juga korban jiwa ini mendapatkan reaksi masyarakat Indonesia untuk membantu meringankan para korban. Hal inipula yang dilakukan Telkomsel dengan memberikan bantuan 300 paket yang terdiri dari perlengkapan sekolah, sarung, handuk dan air mineral.

Bantuan ini dilakukan perseroan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat Balikpapan. General Manager Telkomsel Sales Region Kalimantan, Mulya Budiman mengatakan, pertama kali mendengar kabar duka ini, TElkomsel langsung bergerak dan segera berinisatif mendirikan posko simpatik dengan menyediakan layanan gratis nelpon selama 24 jam sejak hari Jumat lalu.”Selain berikan layanan gratis nelepon, kami juga menyerahkan bantuan berupa barang keperluan para korban, semoga dapat membantu meringankan bagi para korban,” ucap Mulya di Balikpapan, kemarin.

Mulya juga mengatakan bahwa selama kegiatan posko ini untuk layanan jaringan Telkomsel tetap normal dan stabil, sehingga layanan gratis nelpon juga terus berjalan dengan lancar. Hal ini turut diamini oleh Rahmad yang menyampaikan bahwateamteknis Telkomsel terus memonitor BTS yang meng-coverlokasi posko tetap beroperasi dengan stabil sehingga layanan komunikasi tidak terganggu.

Sebelumnya pada hari Jumat (5/1) Telkomsel menghadirkan posko simpatik dengan layanan gratis nelpon 24 jam bagi warga korban kebakaran selama posko berlangsung dan penyerahan bantuan pakaian, selimut, pakaian layak pakai, air mineral dan dana bantuan. Telkomsel terus memastikan seluruh layanan tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Posko kebakaran yang dibuka hingga Jumat (12/1) saat ini terus didatangi penyumbang baik dari organisasi masyarakat, perusahaan maupun perorang. Setidaknya tercatat dana bantuan sudah mencapai Rp1,1 miliar dan sudah dibagikan kepada korban kebakaran yang berjumlah 134 KK dari 101 bangunan yang terbakar. Selain Telkomsel juga ada bantuan dari dinas sosial Kaltim yakni berupa450 paket, 147 tenda dan 294 unit matras.

Sebelumnya pemerintah kota juga menghimbau agar bantuan yang diberikan sebaiknya dalam bentuk uang tunai. "Untuk memudahkan korban menggunakan sesuai kebutuhan,” ucap Asisten I Pemkot Balikpapan Syaiful Bahri.

Sementara sejumlah masyarakat masih banyak yang datang berbondong-bondong ke lokasi posko bantuan kebakaran Klandasan Ulu, Kota Balikpapan.Walau bukan satu daerah yang sama, warga ada yang antusias memberikan sumbangan kepada para koban kebakaran.Satu di antaranya warga Sumber Rejo Dua, Kecamatan Balikpapan Tengah datang berkelompok sekitar puluhan orang memberikan materil dan bantuan moril.

Hariyoto Sudjono, Ketua RT 40 Sumber Rejo Dua, menuturkan, lokasi kebakaran jauh. Meski beda daerah yang berjarak jauh, warga Sumber Rejo merasa prihatin begitu mendengar ada bencana kebakaran besar di media.”Dapat info ada kebakaran dari media. Besar sampai ratusan rumah. Prihatin kami berusaha ikut memberi bantuan seusia kemampuan kami," tuturnya.

Dia pun menegaskan atas dasar kemanusiaan pihaknya ikut mengulurkan tangan berupaya meringkankan beban para korban kebakaran.Kata dia, para korban kebakaran tidak ada yang kenal bukan karena ada pertalian saudara sedarah. Dan walau lokasi perkampungan tidak bertetangga, jauh lokasinya, tetapi berniat ingin membantu.“Atas dasar kemanusiaan kami ingin ikut membantu. Kasihan sampai kehilangan rumah sampai seisi-isinya. Sampai ada yang meninggal juga," ujarnya.

Sementara bantuan yang diberikan warga Sumber Rejo Dua tersebut berupa barang-barang layak pakai dan uang yang nantinya dengan harapan bisa dipakai untuk belanja barang berguna.

BERITA TERKAIT

Bukti Indonesia Mampu Hadirkan Teknologi Terkini - Telkomsel Hadirkan 5G di Asian Games

Sebagai operator telekomunikasi terbesar dan ternama di Indonesia, Telkomsel selalu menggembangkan layanan kepada masyarakat. Salah satu layanan tengah diuji coba…

Kemenkop dan UKM Ajak Pensiunan Bantu Program Pengembangan KUMKM

Kemenkop dan UKM Ajak Pensiunan Bantu Program Pengembangan KUMKM NERACA Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM mengajak para pensiunan untuk…

Pelayanan Kartu Sehat dan BPJS?

Persoalan tata kelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang belum maksimal sehingga banyak peserta  BPJS…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Anak-Anak Korban Gempa Lombok - BNI Syariah Lakukan Recovery Healing

Gempa yang melanda Lombok dan sekitarnya sejak Minggu 5 Agustus 2018 hingga kini terus terjadi dimana menurut Badan Meteorologi Klimatologi…

Ciptakan Ekonomi Kerakyatan - Geliat YPA-MDR Bangun Desa Wisata Lewat Kebudayaan

Menunjukkan eksistensinya terhadap kepedulian pengembangan dunia pendidikan tanah air, khususnya masyarakat prasejahtera, PT Astra Internasional lewat Yayasan Pendidikan Astra-Michael D.…

Bantu Rumah Tangga Tidak Mampu - Sinergi BUMN Biayai Sambungan Listrik di Banten dan Jabar

Menyadari masih adanya masyarakat yang belum mendapatkan aliran listrik sebagai bagian dari kebutuhan hidup menunjang kegiatan ekonomi, program BUMN hadir…