Telkomsel Bantu 300 Paket dan Gratis Nelpon - Ringkan Beban Korban Kebarakan

Amukan si jago merah yang melumat pemukiman warga yang padat penduduk di 5 Rukun Tetangga (RT) Balikpapan kemarin, menjadi derita mendalam di awal tahun 2018. Kebaran yang tidak hanya menelan kerugian material, tetapi juga korban jiwa ini mendapatkan reaksi masyarakat Indonesia untuk membantu meringankan para korban. Hal inipula yang dilakukan Telkomsel dengan memberikan bantuan 300 paket yang terdiri dari perlengkapan sekolah, sarung, handuk dan air mineral.

Bantuan ini dilakukan perseroan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat Balikpapan. General Manager Telkomsel Sales Region Kalimantan, Mulya Budiman mengatakan, pertama kali mendengar kabar duka ini, TElkomsel langsung bergerak dan segera berinisatif mendirikan posko simpatik dengan menyediakan layanan gratis nelpon selama 24 jam sejak hari Jumat lalu.”Selain berikan layanan gratis nelepon, kami juga menyerahkan bantuan berupa barang keperluan para korban, semoga dapat membantu meringankan bagi para korban,” ucap Mulya di Balikpapan, kemarin.

Mulya juga mengatakan bahwa selama kegiatan posko ini untuk layanan jaringan Telkomsel tetap normal dan stabil, sehingga layanan gratis nelpon juga terus berjalan dengan lancar. Hal ini turut diamini oleh Rahmad yang menyampaikan bahwateamteknis Telkomsel terus memonitor BTS yang meng-coverlokasi posko tetap beroperasi dengan stabil sehingga layanan komunikasi tidak terganggu.

Sebelumnya pada hari Jumat (5/1) Telkomsel menghadirkan posko simpatik dengan layanan gratis nelpon 24 jam bagi warga korban kebakaran selama posko berlangsung dan penyerahan bantuan pakaian, selimut, pakaian layak pakai, air mineral dan dana bantuan. Telkomsel terus memastikan seluruh layanan tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Posko kebakaran yang dibuka hingga Jumat (12/1) saat ini terus didatangi penyumbang baik dari organisasi masyarakat, perusahaan maupun perorang. Setidaknya tercatat dana bantuan sudah mencapai Rp1,1 miliar dan sudah dibagikan kepada korban kebakaran yang berjumlah 134 KK dari 101 bangunan yang terbakar. Selain Telkomsel juga ada bantuan dari dinas sosial Kaltim yakni berupa450 paket, 147 tenda dan 294 unit matras.

Sebelumnya pemerintah kota juga menghimbau agar bantuan yang diberikan sebaiknya dalam bentuk uang tunai. "Untuk memudahkan korban menggunakan sesuai kebutuhan,” ucap Asisten I Pemkot Balikpapan Syaiful Bahri.

Sementara sejumlah masyarakat masih banyak yang datang berbondong-bondong ke lokasi posko bantuan kebakaran Klandasan Ulu, Kota Balikpapan.Walau bukan satu daerah yang sama, warga ada yang antusias memberikan sumbangan kepada para koban kebakaran.Satu di antaranya warga Sumber Rejo Dua, Kecamatan Balikpapan Tengah datang berkelompok sekitar puluhan orang memberikan materil dan bantuan moril.

Hariyoto Sudjono, Ketua RT 40 Sumber Rejo Dua, menuturkan, lokasi kebakaran jauh. Meski beda daerah yang berjarak jauh, warga Sumber Rejo merasa prihatin begitu mendengar ada bencana kebakaran besar di media.”Dapat info ada kebakaran dari media. Besar sampai ratusan rumah. Prihatin kami berusaha ikut memberi bantuan seusia kemampuan kami," tuturnya.

Dia pun menegaskan atas dasar kemanusiaan pihaknya ikut mengulurkan tangan berupaya meringkankan beban para korban kebakaran.Kata dia, para korban kebakaran tidak ada yang kenal bukan karena ada pertalian saudara sedarah. Dan walau lokasi perkampungan tidak bertetangga, jauh lokasinya, tetapi berniat ingin membantu.“Atas dasar kemanusiaan kami ingin ikut membantu. Kasihan sampai kehilangan rumah sampai seisi-isinya. Sampai ada yang meninggal juga," ujarnya.

Sementara bantuan yang diberikan warga Sumber Rejo Dua tersebut berupa barang-barang layak pakai dan uang yang nantinya dengan harapan bisa dipakai untuk belanja barang berguna.

BERITA TERKAIT

BRISyariah Salurkan Bantuan Korban Bencana Di Palu

    NERACA   Jakarta - PT Bank BRIsyariah Tbk menyalurkan bantuan kepada warga terdampak bencana gempa di Palu, Sulawesi…

Dongkrak Penjualan - Passpod Gandeng Tokopedia dan LOKET

NERACA Jakarta - Perluas penetrasi pasar untuk mengerek pertumbuhan penjualan, PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) atau lebih dikenal Passpod…

Isu Hukum dan HAM Jangan Hanya Jadi Dagangan

Oleh: Dyah Dwi Astuti Ada kekhawatiran bahwa debat pertama capres-cawapres tentang hukum, HAM, korupsi dan terorisme akan berlangsung normatif karena…

BERITA LAINNYA DI CSR

Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol - Allianz Bantu Program Budidaya Lele Organik

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR), Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, dan EDU Foundation…

Peduli Korban Tsunami Selat Sunda - Chandra Asri Bantu Dana Kemanusiaan Rp 2 Miliar

Peduli korban tsunami Selat Sunda, perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang terkena…

Ciptakan Kemandirian Ekonomi - Citi Gelar Literasi Keuangan Bagi Anak Muda

Memacu pertumbuhan literasi keuangan di kalangan anak muda untuk kemandirian finansial, Citi Indonesia bersama Indonesia Bussiness Link (IBL) menggelar program…