Tol Trans Sumatera dan Jawa Beroperasi 2018

 

NERACA

 

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono memastikan tol Trans Jawa-Trans Sumatera bisa beroperasi penuh sebelum akhir tahun 2018 menyusul pembebasan lahan yang ditargetkan tuntas pada Januari 2018. "Progres pembebasan lahan rata-rata sudah mendekati 100 persen, tinggal di beberapa lokasi yang harus diselesaikan pada Januari 2018," kata Basuki, usai mengikuti Rakor Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/1). 

Menurut Basuki, secara keseluruhan pembebasan lahan tidak lagi terkendala baik di ruas tol Trans Jawa, demikian juga di ruas tol Trans Sumatera khususnya di bagian selatan Kota Medan. "Kalau Januari pembebasan lahan selesai, maka konstruksi tol Trans Jawa dan tol Trans Sumatera bisa beroperasi sebelim akhir tahun" ujarnya. Bahkan tambahnya, untuk ruas tertentu bahkan ada yang bisa difungsikan pada Agustus menghadapi Asian Games 2018 di Palembang dan di beberapa ruas pada Juni bisa difungsikan dalam rangka menghadapi Lebaran 2018.

Untuk Trans Jawa meluputi ruas toal Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Pandaan-Malang-Parusuan, selesai tahun 2018. Sedangkan Pasuruan-Probolinggo-Banyuwangi diharapkan seleai pada 2019. Pada ruas tol Ngawi-Kertosono sepanjang 49,51 persen, pembebasan lahanya sudah mencapai 99,88 persen, ruas Semarang-Solo sepanjang 77,64 km pembebasan lahannya mencapai 99,15 persen.

Pemalang-Batang sepanjang 39,2 km, pembebasan lahannya mencapai 99,29 persen, Pejagan-Pemalang 57,5 kilometer pembebasan lahanya mencapai 99,99 persen. "Ruas tol Trans Jawa tinggal sedikit lagi, karena pembebasan sudah hampir tuntas," ujarnya. Sedangkan pada ruas tol Sumatera, meliputi Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Pangang-Kayu Agung-Palembang pada Mei 2018 konstruksinya bisa selesai.

"Kita bisa meyakini kontruksi tol Jawa dan Sumatera bisa rampung, karena tanahnya Januari 2018 bisa diselesaikan," ujarnya. Khusus di Kota Medan, penyelesaian lahan sudah dilakukan dengan baik terutama untuk lahan yang dikuasai oleh yang bukan pemilik sertifikat. "Ada kasus, lahan memiliki sertifikat namun diduduki oleh orang lain hingga puluhan tahun. Ini sudah diselesaikan dengan baik, dimana pemilik sertifikat mendapatkan 30 persen dari nilai penggantian, sedangkan 70 persen diberikan kepada yang menduduki," ujarnya.

Selain Trans Sumatera sepanjang 2.900 kilometer dari Lampung-Banda Acaeh, tol Trans Jawa sepanjang 660 kilometer, Pemerintah juga akan menyelesaikan secara bertahap pembangunan jalan Trans Papua sepanjang 4.350 kilometer. Sebanyak 10 ruas jalan di Tol Trans Jawa yang tengah dikerjakan, ditargetkan rampung secara bertahap hingga 2019. Dari 10 ruas itu, total panjang jalan tol mencapai 563,88 km dengan nilai investasi Rp51,83 triliun. Sementara itu, ruas jalan di Tol Trans Sumatera juga terus dikebut. Rencananya, sebanyak 9 ruas akan dibangun. Namun, hingga saat ini, baru 6 ruas yang sudah dikerjakan. Sedangkan tiga ruas sisanya masih mengurus pembebasan lahan.

Pemerintah optimistis setidaknya 645 km jalan tol Trans Sumatera dapat beroperasi secara bertahap hingga 2019 dari total sekitar 2.600 km, rinciannya 73,7 km pada 2017, lalu 438,3 km pada 2018, dan 133 km pada 2019. Dua seksi jalan tol Trans Sumatera, yakni ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi II-V1 dan ruas Palembang-Indralaya seksi I-III akan beroperasi. 

Analis Recapital Sekuritas Kiswoyo Adi Joe menilai investasi jalan tol sebenarnya cukup menjanjikan. Namun, hal itu tergantung dari kecil besarnya traffic lalu lintas kendaraan yang menggunakan jasa tol tersebut. “Jelas kalau di Jawa, apalagi di DKI Jakarta, traffic lalu lintas di tol itu sangat padat, sehingga pendapatannya pun cukup besar. Di luar itu, pendapatannya mungkin rendah. Tapi bisa jadi, beban maintenance-nya juga lebih kecil,” katanya.

 

BERITA TERKAIT

Arus Balik Lebaran 2024, Pelita Air Capai On Time Performance 95 Persen

NERACA Jakarta – Pelita Air (kode penerbangan IP),maskapai layanan medium (medium service airline), mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time…

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace NERACA  Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…

Moody's Pertahankan Peringkat Kredit Indonesia

Moody's Pertahankan Peringkat Kredit Indonesia  NERACA Jakarta - Lembaga pemeringkat Moody's kembali mempertahankan peringkat kredit atau Sovereign Credit Rating Republik…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Arus Balik Lebaran 2024, Pelita Air Capai On Time Performance 95 Persen

NERACA Jakarta – Pelita Air (kode penerbangan IP),maskapai layanan medium (medium service airline), mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on-time…

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace

UMKM Indonesia Bersaing di Tingkat Dunia Lewat Marketplace NERACA  Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…

Moody's Pertahankan Peringkat Kredit Indonesia

Moody's Pertahankan Peringkat Kredit Indonesia  NERACA Jakarta - Lembaga pemeringkat Moody's kembali mempertahankan peringkat kredit atau Sovereign Credit Rating Republik…