Eks Penangkap Benih Lobster di Lombok Panen Rumput Laut

NERACA

Lombok- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diwakili Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, bersama-sama dengan pembudidaya rumput laut penerima bantuan alih profesi eks penangkap benih lobster melakukan panen rumput laut di Kabupaten Lombok Timur, pekan lalu, sebagaimana disalin dari siaran resmi. Kegiatan ini menandai dimulainya panen rumput laut yang dilakukan secara bertahap dan akan mencapai puncaknya atau panen raya pada awal bulan Januari tahun 2018.

Dalam keterangannya, Slamet menyampaikan bahwa panen ini merupakan bukti nyata keberhasilan program alih profesi bagi eks penangkap benih lobster yang saat ini menjadi salah satu program unggulan KKP sekaligus sebagai upaya mendorong peningkatan produksi rumput laut nasional. Keberhasilan ini menambah optimisme bahwa usaha budidaya ini memang menjadi salah satu solusi paling efektif bagi peningkatan ekonomi dan menjadi mata pencaharian yang menguntungkan, ramah lingkungan dan berkelanjutan bagi masyarakat eks penangkap benih lobster.

Program ini menurut Slamet tidak hanya berdampak tunggal, selain bertujuan untuk membantu masyarakat eks penangkap benih lobster secara ekonomi, namun juga akan berdampak positif secara ekologi khususnya sekitar perairan lombok yang menjadi lokasi berkembangnya benih lobster.

“Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan), sejak awal menegaskan bahwa pembangunan perikanan termasuk perikanan budidaya, haruslah dapat memenuhi pilar-pilar kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan. Ketiganya harus berjalan seiring dan bersama-sama. Tidak boleh demi kesejahteraan maka mengabaikan keberlanjutan usaha, akibat over eksploitasi dalam memanfaatkan sumber daya, pun sebaliknya. Oleh karena itu, usaha budidaya rumput laut bagi masyarakat eks penangkap benih lobster ini tepat secara ekonomi dan ramah secara ekologi,” jelas Slamet.

Pada kesempatan ini, panen difokuskan di lokasi budidaya rumput laut desa Seriweh dan Ekas Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur serta berhasil dipanen rumput laut sebanyak 150 ton atau sekitar 25-30% dari perkiraan panen total. Panen rumput laut akan dilakukan secara bertahap dan pada saat puncak nanti setidaknya akan dipanen sebanyak 600 ton rumput laut. Saat ini pembudidaya menjual rumput laut kering hasil panen mereka dengan harga Rp. 16.000-17.000 per kg sehingga mereka mampu meraup pendapatan Rp. 10-15 juta per orang. Waktu pemeliharaannya pun sangat singkat yaitu hanya 40 hari sehingga dalam 1 tahun bisa dilakukan 5-6 kali panen.

Rundah, pembudidaya rumput laut di desa Seriweh mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan program bagi masyarakat eks penangkap benih lobster. Melalui usaha budidaya rumput laut ini dia berharap dapat memiliki pekerjaan kembali yang lebih ramah bagi lingkungan. Dia sadar bahwa pekerjaannya yang lama cepat atau lambat dapat merusak lingkungan, khususnya penurunan populasi lobster di alam bahkan menyebabkan kepunahan.

“kami bersyukur usaha rumput laut bantuan dari KKP ini telah berhasil dipanen. Sudah 7 kuintal saya berhasil menjual rumput laut dan harapan saya setelah dipanen semua bisa dapat 12-13 ton basah atau 1,2 -1,3 ton kering. Dengan harga rumput laut kering sekarang sekitar Rp. 17.000, saya berharap dapat hasil paling tidak Rp 22 juta. Saya ingin fokus di usaha ini dan semoga menjadi pekerjaan tetap bagi saya ”ujar Rundah.

lebih jauh Rundah menyampaikan bahwa untuk pemasaran hasil panen rumput laut sendiri tidak mengalami kesulitan, rumput laut dalam bentuk kering dipasarkan melalui pengumpul lokal dengan harga yang cukup baik.

Sebagaimana diketahui, usaha budidaya rumput laut merupakan bagian dari program alih profesi bagi masyarakat eks penangkap benih lobster yang dilakukan oleh KKP, dimana secara keseluruhan ada sebanyak 2.246 paket berbagai jenis usaha budidaya disalurkan kepada 2.246 rumah tangga perikanan (RTP). Untuk budidaya rumput laut sendiri sebanyak 728 paket, lainnya untuk budidaya ikan bawal bintang 655 paket, budidaya ikan kerapu 580 paket, budidaya bandeng 40 paket, budidaya udang vaname 20 paket, budidaya lele 209 paket, budidaya nila sebanyak 14 paket, serta perahu untuk sarana angkut rumput laut sebanyak 71 unit.

Khusus dukungan dalam bentuk usaha budidaya rumput laut, selain di Kabupaten Lombok Timur juga tersebar di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Barat. Hingga akhir Desember ini, di Kabupaten Lombok Timur sendiri telah berhasil dipanen rumput laut sebanyak 600 ton, di Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 100 ton dan di Kabupaten Lombok Barat juga sebanyak 100 ton. Dari keseluruhan 728 paket dukungan usaha budidaya rumput laut diharapkan akan diperoleh produksi sebanyak 9.100 ton rumput laut basah atau 910 ton rumput laut kering senilai Rp. 15,5 milyar setiap kali musim panen.

Slamet juga menyampaikan bahwa saat ini tidak hanya rumput laut yang mulai panen, namun usaha budidaya lainnya seperti ikan lele juga sudah mulai panen, menyusul berikutnya udang vaname, ikan bandeng dan nila dan harga yang berlaku di pasar pun cukup baik.

“Pemilihan usaha budidaya oleh masyarakat eks penangkap benih lobster sepenuhnya diserahkan pada mereka. Silakan mereka yang memilih dan kami yang memfasilitasi. Masyarakat sudah merasakan dampak positif program ini,” terang Slamet.

BERITA TERKAIT

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…

BERITA LAINNYA DI Industri

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…