CATATAN AKHIR TAHUN - Menilik Status Kemajuan Proyek Strategis Nasional

Oleh: Calvin Basuki

Pemerintah telah menyelesaikan enam proyek strategis nasional (PSN) sepanjang 2017, sehingga secara kumulatif per 19 Desember 2017 terdapat 26 PSN yang telah selesai mengingat 20 PSN telah rampung di 2016.

Enam proyek yang rampung di 2017 tersebut adalah jalan akses Tanjung Priok, jalan tol Soreang-Pasirkoja, jalan tol Surabaya-Mojokerto, pos lintas batas negara (PLBN) Nanga Badau Kabupaten Kapuas Hulu, PLBN Aruk Kabupaten Sambas, dan PLBN Wini Kabupaten Timor Tengah Utara. Nilai enam proyek PSN tersebut mencapai Rp13,1 triliun, sementara perkiraan total nilai investasi dari 26 PSN yang telah rampung sebesar Rp46,5 triliun.

Proyek Strategis Nasional sendiri merupakan proyek-proyek terpilih yang memiliki peran strategis atas perekonomian, kesejahteraan sosial, pertahanan, dan kedaulatan nasional, yang dapat memperoleh fasilitas sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 j.o. Perpres 58/2017.

Daftar terbaru mencatat terdapat 245 PSN dan dua program dengan total nilai investasi sebesar Rp4.417 triliun. Seluruh PSN dibagi dalam 15 sektor, dimana tiga sektor dengan jumlah proyek terbanyak adalah sektor jalan dengan 74 proyek. Dari keseluruhan jumlah proyek strategis nasional, pemerintah juga menetapkan 37 proyek yang menjadi prioritas untuk segera diselesaikan.

Beberapa proyek-proyek prioritas tersebut di antaranya jalan tol Yogyakarta-Bawen yang sedang dalam tahap penyiapan, Pelabuhan Patimban (penyiapan), LRT DKI Jakarta (konstruksi), Palapa Ring Broadband non-KPBU (konstruksi), Kilang Minyak Bontang (transaksi), dan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (transaksi).

Belum ada proyek prioritas yang selesai dan beroperasi hingga akhir 2017. Dari 37 proyek prioritas, sebanyak 20 proyek masih dalam tahap konstruksi, lima proyek dalam tahap transaksi, dan 12 proyek dalam tahap penyiapan.

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan dengan telah rampungnya 26 PSN, maka hingga akhir 2017 terdapat 239 PSN dan dua program (ketenagalistrikan dan industri pesawat) yang masih harus diselesaikan.

KPPIP sendiri merupakan komite yang dibentuk untuk mempercepat penyediaan infrastruktur prioritas berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2014 tentang Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas.

Komite tersebut memiliki kewenangan menyusun draf atau konsep tentang PSN. Dalam evaluasi, apabila ada proyek yang berubah maka KPPIP akan meninjaunya dan mengusulkan ke Presiden.

Wahyu menjelaskan dari 239 PSN dan dua program yang belum rampung, terdapat 145 PSN dan satu program yang masih dalam tahap konstruksi, sembilan proyek dalam tahap transaksi, serta 85 proyek dan satu program dalam tahap penyiapan.

Masih banyaknya jumlah proyek yang belum rampung adalah karena pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol misalnya, bersifat tahun jamak atau "multi years" dan kompleks mengingat harus disiapkan analisis dampak lingkungan, desain, pembebasan lahan, baru kemudian mulai konstruksi.

Selain masalah penyiapan, isu lain yang menyertai pembangunan proyek strategis yaitu pengadaan lahan dan penolakan dari warga sekitar dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Kemudian, Wahyu juga menjelaskan bahwa dari 145 PSN yang masih tahap konstruksi, terdapat 37 proyek yang telah beroperasi sebagian dan dalam waktu dekat bisa diselesaikan. Proyek tersebut di antaranya jalan tol Medan-Tebing Tinggi, jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, dan KEK Mandalika.

Sementara untuk capaian program ketenagalistrikan 35 ribu MegaWatt (MW), hingga Desember 2017 sebanyak 998 MW atau tiga persen sudah beroperasi. Diperkirakan nilai proyek tersebut mencapai Rp26,96 triliun.

KPPIP juga mencatat 15.676 MW atau 44 persen dari total program ketenagalistrikan berada dalam tahap konstruksi, 13.782 MW (38 persen) mendapat "power purchase agreement" (PPA) namun belum "financial close".

Proyeksi 2018

Pemerintah melalui KPPIP memproyeksikan 60 sampai 75 PSN secara kumulatif dapat rampung di 2018. Untuk mencapai jumlah tersebut, maka pemerintah masih perlu menyelesaikan 34 sampai dengan 50 proyek. PSN yang diproyeksikan selesai di 2018 terutama adalah proyek-proyek yang sudah beroperasi sebagian.

KPPIP mencatat ada 37 proyek yang telah beroperasi sebagian dari 145 proyek yang masuk tahap konstruksi, di antaranya jalan tol Trans Jawa, jalan tol Medan-Binjai, Bandara Raden Inten II, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke, dan pengembangan pelabuhan Kupang.

Di samping 145 PSN dan satu program ketenagalistrikan yang masih dalam tahap konstruksi, sembilan proyek masih dalam tahap transaksi dan 85 proyek dan satu program dalam tahap penyiapan. Total nilai investasi untuk proyek yang sedang dalam tahap konstruksi (145 proyek dan satu program ketenagalistrikan) mencapai Rp1.711 triliun.

Direktur Program KPPIP Rainier Haryanto menjelaskan bahwa PSN memiliki kriteria dasar harus mulai konstruksi di 2018, namun semuanya tidak harus selesai di 2019. Pembangunan beberapa proyek, seperti misalnya pembangkit listrik kapasitas besar, membutuhkan dua sampai dengan tiga tahun untuk selesai konstruksi.

Rainier menjelaskan pihaknya akan terus melakukan evaluasi terhadap target-target pembangunan PSN. Evaluasi tersebut memungkinkan adanya proyek yang dikeluarkan dari daftar PSN. "Kalau tidak sampai target harus dilaporkan ke enam menteri plus menteri terkait untuk kemudian dilaporkan ke Presiden. Sehingga yang memutuskan mengenai adanya proyek untuk dikeluarkan adalah menteri-menteri dan Presiden," ucap dia. (Ant.)

BERITA TERKAIT

Pembangunan Infrastruktur Demi Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Papua

  Oleh : Damier Kobogau, Mahasiswa Papua tinggal di Surabaya   Pemerintah terus berkomitmen membangun Papua melalui berbagai pembangunan infrastruktur…

Pembangunan Fasilitas Pendukung Salah Satu Kunci Kesuksesan IKN

  Oleh : Rivka Mayangsari, Peneliti di Lembaga Studi dan Informasi Strategis Indonesia   Pembangunan IKN merupakan sebuah keputusan sejarah…

Presiden Terpilih Perlu Bebaskan Ekonomi dari Jebakan Pertumbuhan 5% dengan Energi Nuklir Bersih

    Oleh: Dr. Kurtubi, Ketua Kaukus Nuklir Parlemen 2014 – 2019, Alumnus UI Bencana Alam yang banyak terjadi didunia…

BERITA LAINNYA DI Opini

Pembangunan Infrastruktur Demi Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Papua

  Oleh : Damier Kobogau, Mahasiswa Papua tinggal di Surabaya   Pemerintah terus berkomitmen membangun Papua melalui berbagai pembangunan infrastruktur…

Pembangunan Fasilitas Pendukung Salah Satu Kunci Kesuksesan IKN

  Oleh : Rivka Mayangsari, Peneliti di Lembaga Studi dan Informasi Strategis Indonesia   Pembangunan IKN merupakan sebuah keputusan sejarah…

Presiden Terpilih Perlu Bebaskan Ekonomi dari Jebakan Pertumbuhan 5% dengan Energi Nuklir Bersih

    Oleh: Dr. Kurtubi, Ketua Kaukus Nuklir Parlemen 2014 – 2019, Alumnus UI Bencana Alam yang banyak terjadi didunia…