Konsep Cinta Dalam Ruang Interior

Ruang nyaman dan sensual konon menumbuhkan gairah dalam bercinta. Tata letak pun digagas untuk menghadirkan atmosfir cinta sepanjang waktu.

Neraca. Cinta dengan segala romantismenya selalu menarik perhatian manusia. Kisah cinta selalu menjadi topik menarik dalam obrolan. Karena itu, sebagian kalangan menantikan kehadiran 14 Februari, saat Hari Valentine. Hari Valentine (Valentine’s Day) atau disebut juga Hari Kasih Sayang adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya.

Tema Valentine bila diterapkan sebagai konsep hunian romantis, bukan tidak mungkin akan membawa suasana hati menjadi lebih menyenangkan dan lebih berkesan. Karena tema valentine tak lekang oleh zaman, tiap tahun selalu datang, tiap tahun semakin memberi warna berbeda, meski masih satu alasan, yakni mengangkat tema tentang cinta.

Di Indonesia sendiri bentuk perayaan valentin bermacam-macam, pertokoan dan media cetak sampai elektronik, terutama di kota-kota besar di Indonesia marak mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan valentine. 

Valentine merupakan momen yang tepat untuk menciptakan suasana yang lebih akrab antara Anda dan pasangan. Mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, hingga kota-kota lain, biasanya dimeriahkan oleh sebagian remaja putra dan putri yang bertujuan untuk mempererat persahabatan.

Kendati demikian, suasana romantis sejatinya tidak hanya dimonopoli oleh kaum muda Bahkan orang tua seperti para bapak, Ibu, sampai kakek dan nenek pun tidak ketinggalan merayakannya.

"Valentine bukan hanya membahas soal sepasang kekasih, juga tentang kasih sayang antara ibu dan anak, bapak dan ibu, atau ibu, anak, dan ayah, bisa juga dengan sahabat," ungkap desainer interior Fati S Hadiawan. 

"Untuk melakukan perubahan interior pada rumah, tidak perlu dengan mengubah semua tatanan perabot. Cukup dengan memberikan aksen Valentine, suasana Hari Kasih Sayang akan tercipta. Salah satunya dengan memilih dekorasi rumah yang menimbulkan suasana romantis.

Untuk itu, hal yang perlu diperhatikan saat menata ruangan menjelang Valentine bergantung pada bagaimana kita mengemasnya sesuai dengan siapa kita mau menikmati atmosfer Valentine itu, dan bagian mana yang ingin kita fokuskan," tambahnya.

Jika anda mempunyai balita, suasana kamar tidur maupun ruang keluarga akan terlihat lebih meriah dengan hiasan tokoh-tokoh kartun lucu serta hiasan hati seperti : tedy bear, micky mouse atau bayi-bayi terbang di beberapa sudut ruangan. Selain itu, anda juga dapat menambahkan ide-ide kreatif anda sehingga suasana romantis di rumah anda menjadi lebih menonjol.

Anggota Himpunan Desainer Interior Indonesia, Fati S Hadiawan menjelaskan, dalam menghadirkan suasana kasih sayang dirumah bisa dengan memberikan satu-dua aksen dalam bentuk elemen estetis interior melalui warna ataupun tema-tema yang kental dengan Valentine di dalam ruangan, seperti menambahkan bantal bersimbol hati di tengah-tengah bantal-bantal berbentuk biasa.

Menjadikan warna merah tema sentral dari dekorasi Valentine Anda adalah pilihan yang nyata. Anda bisa memadukannya dengan warna putih atau bisa juga dengan menambahkan lebih banyak variasi dengan menggunakan beberapa gradasi warna merah, mulai dari merah mudah yang lembut hingga warna-warna permata yang lebih gelap.

Isi vas dengan mawar merah atau pink cerah dan tempatkan di posisi strategis di rumah Anda untuk menciptakan aura kasih sayang tersebut, atau dapat juga dengan menempatkan beberapa kelopak mawar merah, atau bahkan tulip, bakung atau iris, dalam mangkuk kaca berisi air. Hal tersebut aka memberikan kesan romantis dan dapat menjadi kontributor besar untuk perayaan hari valentine Anda.

Bila ingin lebih sakral, kata Fati, bisa dengan mengubah sedikit lay out rumah, misalnya pada salah satu bagian sudut ruangan. Bagian itu pula yang kelak dijadikan fokus atau point of interes valentine. Aksen interior yang dimaksud bisa meliputi, bantalan tempat duduk berbentuk hati, ataupun taplak meja berwarna pink. Untuk menentukan aksen yang ingin diaplikasikan, jangan lakukan secara asal.

Dalam hal ini, Anda perlu membicarakannya dengan orang-orang yang kelak akan bersama Anda merayakan Hari Kasih Sayang. Misalnya menentukan kegiatan apa yang paling ingin dilakukan saat hari itu tiba.Kegiatan yang Anda pilih dapat menentukan pilihan aksen dan furnitur yang bakal digunakan. 

Penentuan kegiatan tersebut berkaitan juga dengan ruang mana yang hendak digunakan. Misalnya, dalam mengubah tatanan ruang tidur agar bisa menghadirkan suasana bercinta yang berbeda.

Dengan menciptakan ruangan yang terasa nyaman dan sensual, dengan sendirinya badan akan terasa lebih bergairah untuk acara bercinta. Gairah seksual pasangan pun dapat dibangkitkan dengan suasana kamar yang tertata rapi.

Adapun setiap ruang memiliki fungsi dan taste yang berbeda. Tinggal cara Anda mengubah tampilan supaya sesuai dengan konteks Valentine. Contoh lain, Anda ingin makan malam bersama suami atau istri. Karena itu, yang mungkin lebih banyak Anda ubah di area tersebut bisa dilakukan pada sarung kursi yang diberi aksesori pita, atau taplak mejanya yang diubah dengan warna merah atau pink. Yang penting, aksen tersebut dapat membentuk suasana yang diinginkan. 

Mengenai penentuan proporsi aksennya, Anda tidak harus membeli barang yang baru untuk memenuhi unsur perubahan yang Anda buat. Perubahan suasana mungkin bisa dilakukan dengan cara membuat sesuatu atau modifikasi dari yang sudah ada. Jika itu sudah bisa tercapai dan kita merasa happy, itu sudah cukup.

Ambil contoh, mengubah lampu yang biasanya ada di sudut ruang keluarga, kemudian diletakkan di tengah dengan tambahan aksesori pendukung lain. Bisa pilih lampu yang hangat seperti lampu pijar, table lamp, atau wall lamp.

 

BERITA TERKAIT

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…

BERITA LAINNYA DI Hunian

Toshiba Kenalkan Produk Small Cooking Appliances

  NERACA Jakarta – Potensi pasar yang sangat besar di produk cooking appliances, membuat Toshiba meluncurkan beberapa produk teranyarnya di…

Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan

  Makin Ekspansif, DAIKIN Proshop Showroom Hadir di Medan NERACA Jakarta - Menapak penghujung kuartal pertama tahun ini, PT. Daikin…

Ratusan Agen Hadir Siap Sukseskan Penjualan Properti Damai Putra Group

NERACA Jakarta - Setelah sukses bermitra dengan puluhan bank dan mendorong generasi milenial untuk berinvestasi dalam properti dengan tagar #SaatnyaBeliProperty,…