Tips Dapatkan Tiket Penerbangan Murah Tanpa Menunggu Diskon

Rezeki dan jodoh ada di tangan Tuhan, begitu juga dengan keberuntungan mendapatkan barang dengan harga murah saat musim diskon. Dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 yang berlangsung, sejumlah agen perjalanan dan maskapai penerbangan bakal menjual tiket penerbangan murah. Diskonnya tidak tanggung-tanggung, bahkan hingga 70 persen.Kalau merasa diri selalu gagal bersaing untuk mendapatkan tiket penerbangan murah, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukannya di luar musim diskon. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ialah tips mendapatkan tiket penerbangan murah tanpa menunggu diskon:

1. Terbang dari bandara transit. Indonesia berada tak jauh dari Singapura, negara yang bandara internasional selalu menjadi tempat transit penerbangan jarak jauh. Beberapa turis mengatakan kalau mereka lebih sering membeli tiket penerbangan untuk terbang dari bandara transit dibanding dari bandara di negaranya, dengan alasan lebih murah.

Contohnya, beli tiket untuk terbang dari Jakarta ke Singapura lalu beli tiket untuk lanjut terbang dari Singapura ke Stockholm. Jika dibandingkan, harganya bakal lebih murah dibanding beli tiket langsung dari Jakarta ke Stockholm.Terbang dari bandara kecil juga disebut lebih murah, meski makan waktu lebih panjang.

Naik kereta dari Verona ke Venesia, lalu terbang dari Venesia ke Copenhagen akan lebih murah dibanding beli tiket langsung dari Verona ke Copenhagen.

2. Fleksibel. Ada banyak situs pembelian tiket penerbangan yang bisa memprediksi musim tiket murah, beberapa di antaranya ialah Skyscanner dan Momondo. Jangan harap bisa mendapatkan tiket murah di musim liburan atau di tanggal libur nasional, karena semua maskapai pasti menjualnya dengan harga mahal.

Hindari juga membeli tiket untuk terbang di hari Senin, Jumat, Sabtu, atau Minggu, karena empat hari itu merupakan hari paling populer bagi orang bepergian.

3. Beli tiket satu arah. Kalau punya dana lebih dan belum memiliki tanggal kepulangan yang pasti, sebaiknya beli tiket penerbangan satu arah terlebih dahulu. Apalagi jika kebetulan menemukan tiket murah di tanggal keberangkatan yang diinginkan.Pasalnya, maskapai akan selalu mengganti harga sesuai dengan tingkat keterisian penumpang dalam penerbangannya. Berharap saja ada maskapai yang sepi penumpang di tanggal kepulangan yang diinginkan.

4. Waktu sibuk. Di rute yang sibuk, seperti Jepang atau London, membeli tiket untuk terbang sekitar jam 6 pagi atau jam 6 sore bakal jauh lebih mahal dari jam-jam yang lain. Sebaiknya, beli tiket penerbangan paling pagi atau paling malam untuk mendapatkan harga yang murah. Selain bandara masih sepi, kita juga punya lebih banyak waktu sesampainya di tujuan.

5. Jadi anggota.Selain menjadi nasabah bank, menjadi anggota pelanggan sebuah maskapai juga bisa memberikan keuntungan. Kalau selalu terbang dengan maskapai A, ada baiknya untuk mendaftar menjadi anggota pelanggan, sehingga informasi mengenai tiket murah bisa lebih dulu didapatkan. Tak hanya sistem tukar poin atau miles, menjadi anggota pelanggan maskapai juga lebih sering diutamakan, seperti diberikan layanan lounge saat pesawat sedang transit.

BERITA TERKAIT

Tips Bisnis Startup di Tahun 2018

Meluncurkan sebuah perusahaan startup, tak hanya sekadar bertumpu pada keyakinan untuk berbisnis saja. Sebelumnya, harus dilakukan penelitian, perencanaan, pembiayaan, dan…

Sistem Pinalti Tiket KRL Tak Berlaku

    NERACA   Jakarta - Sistem penalti pada tiket harian berjaminan (THB) kereta rel listrik (THB) tidak lagi berlaku…

PENDISTRIBUSIAN PANGAN MURAH

Sejumlah warga antre saat pendistribusian pangan murah di RPTRA Puspita, Pesanggarahan, Jakarta, Selasa (9/1). Pendistribusian pangan murah tersebut dibagikan kepada…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Target Kunjungan Wisman Ke Indonesia Meleset - Gunung Agung Bergejolak

Bencana alam meletusnya Gunung Agung di Bali pada pertengahan November 2017 menjadi alasan tak tercapainya target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)…

Surga Surfing di Pantai Nembera

Presiden Joko Widodo menyempatkan diri mengunjungi Kabupaten Rote Ndao usai melaksanakan berbagai kegiatan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bersama Ibu…

Dua Kampung Kopi Dikembangkan di Kulon Progo

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini sedang mengembangkan objek wisata Kampung Kopi di Madigondo, Desa Sidoharjo dan…