Melancong Dengan Biaya Murah

Neraca. Bepergian ke luar negeri ala “Backpacker” alias turis ransel, merupakan salah satu impian para petualang di seluruh dunia, begitupun dengan para petualang ala tas ransel di Indonesia. Apalagi dengan adanya kebijakan sunset policy awal tahun lalu, yang salah satu pointnya membebaskan kita dari biaya fiskal yang lumayan besar itu.

Dalam Menentukan destinasi atau Negara yang akan dikunjungi.Sebaiknya pilih Negara yang sering menjadi tujuan para backpacker. Destination terbaik adalah kota yang tingkat Keramahannya Paling Tinggi. Sebaiknya anda Jangan nekat backpacker-an ke daerah rawan perang dan kriminalitas tinggi, karena dapat membahyakn keselamatan diri anda sendiri.

Mencari tahu lebih banyak tentang kota yang akan menjadi pilihan anda adalah merupakan hal yang paling utama sebelum memulai perjalanan anda, seperti tingkat keamanan, mode transportasi, lokasi-lokasi wisata, penginapan, event, akomodasi selama disana, dsb. Search di internet, buku, majalah, ataupun cerita-cerita perjalanan orang yang sudah pernah kesana.

Untuk menghemat akomodasi, Anda dapat membeli voucher hotel di situs-situs direktori hotel yang sering memberikan penawaran menarik. Dengan voucher maupun promo yang sedang digelar, Anda bisa menghemat hingga 70% dibanding check-in langsung di hotel. Situs-situs seperti ini biasanya menjual voucher untukhotel di Bali, hotel di Lombok sampai mancanegara. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan akomodasi yang lebih nyaman dengan budget minimal.

Mempersiapkan dokumen yang wajib anda bawa seperti Passport adalah hal yang mutlak disamping identitas-identitas diri anda lainnya. Jika anda belum memlikinya, segeralah buat di kantor imigrasi atau jasa pembuatan passport di kota anda.

Untuk perihal masalah Visa, anda dapat mencari tahu terlebih dahulu, apakah Negara yang anda tuju mewajibkan anda memiliki visa resmi dari kedutaan (yang harus di urus di kantor kedutaan Negara bersangkutan) atau memakai visa on arrival (yang bisa di urus di bandara, di Negara yang anda kunjungi).

Dokumen penting lainnya seperti NPWP jangan sampai tertinggal, karena jika anda memiliki serta mengikutsertakan NPWP dalam tas saku dokumen penting anda, biasanya anda akan mendapatkan bebas bea fiskal. KTP dan salinan/fotokopi semua dokumenyang anda bawa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

Menentukan kapan waktu yang paling tepat anda berangkat, adalah hal yang mungkin hampir selalu ada, tapi untuk waktu yang paling tepat tidak selalu ada. Dalam hal mencari tiket akomodasi, sebaiknya anda mencari dari maskapai-maskapai penerbangan yang sedang menyelenggarakan program promo.

Sebelum perjalanan anda dimulai, selayaknya anda periksa kembali kelengkapan berpergian anda,baik dokumen maupun perlengkapan yang harus dibawa. Misalnya, tas ransel yang akan dibawa, Pakaian yang anda bawa sebaiknya max 5 potong kaos, 2 celana panjang dan pendek, serta 1 jaket.

Anda sepatutnya hindari membawa barang yang tidak diperlukan, misalnya jumlah pakaian yang berlebihan, Piranti elektronik yang tidak perlu, semisal laptop. HP lebih dari satu. Tas/keril lebih dari satu. Cukup membawa mp3/ipod , kamera saku, dan tas kecil untuk menyimpan dokumen. Intinya jangan menambah beban tas anda untuk hal-hal yang tidak perlu.

BERITA TERKAIT

Cegah Perubahan Iklim dengan Atasi Obesitas dan Kurang Gizi

Perubahan iklim tak cuma membuat cuaca jadi tak menentu, tapi juga berhubungan erat dengan masalah gizi seperti obesitas dan kelaparan.…

Menteri LHK: Pemulihan Lingkungan Era Jokowi Dilakukan dengan Langkah Berani

Menteri LHK: Pemulihan Lingkungan Era Jokowi Dilakukan dengan Langkah Berani NERACA Jakarta - Masyarakat dapat melihat dan membuktikan langkah-langkah berani…

KKP Besinergi dengan Perum Perindo Perkuat Sistem Logistik Perikanan

NERACA Jakarta – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), KKP,…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Pemprov Banten Sebut Kawasan Anyer Sudah Aman Dikunjungi

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata menyatakan bahwa kawasan wisata di Pantai Anyer dan sekitarnya telah aman dikunjungi pasca tsunami…

Ini Tantangan Baru Industri Pariwisata di Indonesia

Salah satu usaha mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun depan, Kementerian Pariwisata akan lebih fokus menggarap segmen pasar…

Likuefaksi di Palu Bakal Dijadikan Tempat Wisata

Salah seorang anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Matindas J Rumambi mengatakan semua lokasi likuefaksi di Kota Palu dan Kabupaten…