AdhiKarya dan PPD Integrasikan Sistem Transportasi - Kawasan LRT City

NERACA

Jakarta - PT AdhiKarya (Persero) Tbk, melalui Departemen Transit Oriented Development (TOD) & Hotel menawarkan salah satu solusi atas problem perkotaan di Jakarta dan sekitarnya dengan menghadirkan LRT City. LRT City merupakan sebuah kawasan hunian dan komersial yang terintegrasi dan terkoneksi langsung dengan sistem transportasi massal light rail transit (LRT) Jabodebek.

Sebelumnya telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara AdhiKarya dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD). Kerjasama kedua BUMN ini merupakan langkah nyata dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang meliputi dua hal yaitu kerjasama pengembangan lahan milik Perum PPD dan pengadaan shuttle bus yang akan menghubungkan setiap kawasan yang dikembangkan ADHI dengan fasilitas umum lainnya.

Dan untuk tahapan awal kerjasama tersebut, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan melakukan uji coba mulai yang dilakukan (12/12) bertempat di halaman kawasan LRT City Bekasi Timur – Eastern Green. Acara ini diresmikan oleh kepala BPTJ Bapak Bambang Prihartono dengan dihadiri oleh Direktur Utama Perum PPD Pande PutuYasa, General Manager Transjabodetabek Waryantini, Direktur Utama Operasional II PT AdhiKarya (Persero) Tbk. Budi Saddewa Soediro dan General Manager Departemen TOD & Hotel, PT AdhiKarya (Persero) Tbk. Amrozi Hamidi.

Bus Transjabodetabek Premium ini melayani tujuan/rute dari LRT City BekasiTimur – Eastern Green menuju Grand Paragon Jl. Gajah Mada, Jakarta Pusat. Untuk trayek ini Perum PPD menyiapkan Armada dengan fasilitas premium seperti kursi menghadap kedepan, full AC, free WiFi, seat belt, kursis anda rdan colokan listrik. Selain itu, LRT City Bekasi Timur – Eastern Green melengkapi fasilitas premium tersebut dengan adanya Park and ride dengan tarif parki runtuk para penumpang Rp 10.000/hari apabila menunjukkan tiket Transjabodetabek Premium.

Untuk jadwal dari rute ini di mulai dari LRT City BekasiTimur – Eastern Green pukul 05.30 WIB, 05.45 WIB, 06.00 WIB dan Jadwal dari Grand Paragon dimulai pukul 15.30 WIB, 16.00 WIB, 16.30 WIB. Bus Transjabodetabek Premium ini akan langsung masuk tol dan keluar di depan Polda Metro Jaya dan demikian juga sebaliknya. Tarif dari Bus Transjabodetabek Premium ini sebesar Rp. 25.000 per penumpang.

Direktur Operasional II AdhiKarya Budi Saddewa Soediro mengatakan, dalam upaya memberikan kemudahan bagi penghuni kawasan LRT City, Adhikarya akan mengintegrasikan sistem transportasi kawasan LRT City dengan beberapa fasilitas publiklainnya. “Oleh karena itu, kami menjalin kerjasama dengan Perum PPD untuk pengadaan shuttle bus sehingga masyarakat yang tinggal di kawasan LRT City memiliki pilihan moda transportasi untuk menghubungkan kawasan LRT City denganarea-area bisnis lainnya,” jelasnya, seperti dikutip Kamis (14/12).

Diharapkan dengan perpaduan moda antara LRT dengan bus dalam kawasan iniakan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna transportasi massal. Dalam beberapa tahun mendatang, kawasan LRT City akan menjadi alternatif bagi masyarakat urban yang mencari hunian dengan kemudahan akses transportasi. “Diharapkan transportasi model ini diharap dapat memindahkan dari penggunaan kendaraan pribadi beralih keangkutan umum dan target model share 60% angkutan umum pada tahun 2029 dapat tercapai” jelas Kepala BPTJ Bambang Prihartono.

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa menegaskan tujuan pengoperasian layanan ini merupakan salah satu bentuk peran serta Perum PPD dalam mendukung program pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jakarta khususnya, dan berharap pengoperasian layanan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum selain juga sebagai alternatif ataupun solusi sehingga masyarakat dapat menjadikan budaya naik angkutan umum sebagai gayahidup.

BERITA TERKAIT

Kawasan Industri Kendal Serap 50 Investor dan 5.000 Naker

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada Kawasan Industri Kendal (KIK) yang telah mampu menarik 50 investor dengan target…

Vietnam Jadi Sorotan dalam Peta Wisata Kawasan

Oleh: Mohammad Anthoni Forum pariwisata negara-negara Asia Tenggara (ASEAN Tourism Forum/ATF) tahun 2019 yang mengangkat tema "ASEAN - The Power…

Jakarta Perlu Lakukan Pengawasan dan Penegakan Hukum Pencemaran Udara

Jakarta Perlu Lakukan Pengawasan dan Penegakan Hukum Pencemaran Udara NERACA Jakarta - Jakarta perlu melakukan pengawasan dan penegakan hukum terkait…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Bantuan 50 Ekor Ayam Kementan Bantu Kehidupan Masyarakat

    NERACA Tasikmalaya - Kehidupan Cicih, seorang buruh tani di Desa Kiarajangkung, Kec. Sukahening, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat, menjadi…

Utang Luar Negeri Naik 7% Jadi Rp5.220 Triliun

  NERACA Jakarta - Utang luar negeri Indonesia naik tujuh persen secara tahunan menjadi 372,9 miliar dolar AS per akhir…

PII Ingin Berikan Kenyamanan Berinvestasi - Indonesia PPP Day 2019

  NERACA Singapura - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Indonesia Public Private Partnership (PPP) Day 2019 di Singapura pada Selasa, (15/01)…