Pemberdayaan Ekonomi, Bank Muamalat Gandeng Baznas

NERACA

Langkat - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meresmikan jaringan usaha mikro ritel Z-Mart di Stabat ibu kota Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Peresmian dihadiri oleh Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi, Direktur Pendistribusian BAZNAS Nasir Tajang, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH, serta Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana PA.

Z-Mart atau Zakat Mart merupakan salah satu program sosial yang bergerak dalam bidang pemberdayaan ekonomi, program Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut merupakan gagasan Bank Muamalat bersama dengan BAZNAS yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para mustahik binaan BAZNAS melalui renovasi tempat usaha, pemberian modal usaha, pelatihan, serta pedampingan mustahik. Pada tahun pertama pendirian Z-Mart, Bank Muamalat dan BAZNAS menargetkan bisa memberdayakan hingga 50 kepala keluarga.

Purnomo mengatakan program Z-Mart sesuai dengan fokus Bank Muamalat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. “Melalui program pemberdayaan ini, potensi-potensi lokal dan kemitraan strategis akan terbentuk, akses keuangan semakin terbuka dan terjangkau, sehingga dalam jangka panjang akan memberikan dampak yang luas untuk masyarakat,” ujar Purnomo melalui siaran pers, Senin (11/12).

Bank Muamalat menyalurkan dana sebesar Rp 300 juta untuk program Z-Mart ini dengan target pengembangan skala usaha mustahik yang lebih besar, baik dari sisi omzet maupun tata kelola usaha, mustahik memiliki rencana pengembangan usaha yang progresif, dan terakhir para penerima manfaat dapat menjadi muzaki atas hasil usahanya. “Tentunya ini merupakan nilai tambah bagi para pelanggan. Selain itu, melalui salah satu layanan kami Gerai Muamalat, pelanggan dapat menikmati kemudahan dalam bertransaksi. Di antaranya pembelian pulsa, pembayaran listrik, asuransi hingga zakat,” tambah Purnomo.

Direktur Pendistribusian BAZNAS, Nasir Tajang mengatakan, BAZNAS telah melakukan banyak program pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara material maupun spiritual. “Alhamdulillah, program yang berdampak positif tersebut diapresiasi banyak pihak, termasuk perusahaa-perusahaan sehingga mereka mempercayakan penyaluran CSR-nya bekerjasama dengan BAZNAS,” katanya.

Bank Muamalat bersama BAZNAS sebelumnya telah melaksanakan berbagai sinergi program CSR dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kemanusiaan. Di antaranya pemberian beasiswa untuk anak berprestasi Sekolah Prestasi Muamalat di tapal batas, Nunukan Kalimantan Utara dan bantuan pendidikan untuk ratusan anak dari keluarga pra-sejahtera awal Desember 2017 di Masjid Baitussalam, Tangerang.

BERITA TERKAIT

PROGRAM SANTRIPRENEUR BAZNAS

Direktur Utama BAZNAS Arifin Purwakananta bersama Kepala Divisi Pendayagunaan BAZNAS Randi Swandaru dan Kepala BAZNAS Microfinance Noor Azis berfoto usai…

Ekonomi Kustom

  Oleh: Dr. Edy Purwo Saputro, MSi., Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Solo   Hajatan tahunan Kustomfest yang berlangsung 6-7 Oktober…

Ekonomi Pasar dan Pancasila

  Oleh: Nailul Huda Peneliti Indef   Setelah amandemen UUD 1945 terakhir, dialektika ekonomi Indonesia berada dalam masa vakum karena…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Sempat Tertunda, BP Tapera Diharapkan Segera Beroperasi

      NERACA   Jakarta - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) diharapkan akan segera beroperasi setelah mengalami penundaan…

Belanda dan Denmark jadi Negara Paling Siap - Keamanan Finansial bagi Pensiunan

        NERACA   Jakarta - Populasi penduduk lanjut usia terus menjadi tantangan bagi pemerintah negara di seluruh…

BTN Dorong Generasi Milenial Jadi Pengusaha Properti

      NERACA   Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mendorong generasi milenial untuk menjadi pengusaha properti…