Konsumsi BBM Honda Mobilio Tembus 24,1 Km/Liter

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Honda Mobilio menembus 24,1 km/liter dalam ajang lomba efisiensi yang diikuti komunitas, calon pembeli, dan media yang diselenggarakan PT Honda Prospect Motor.

Menempuh jarak sekitar 61 km, dari Jalan Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara menuju Jungleland Adventure Theme Park, Sentul, Bogor, seorang peserta "Honda Mobilio Battle of Efficiency" dari kalangan komunitas, mampu mengendarai kendaraan keluarga itu dengan konsumsi BBM paling irit, 24,1 km/liter.

"Yang paling mengkhawatirkan adalah saat menghadapi kemacetan parah di Tol Jagorawi," kata Indra Rizki yang menjadi juara pertama sensasi irit Honda Mobilio dari kalangan komunitas, usai pengumuman pemenang lomba di Sentul, Jawa Barat, disalin dari Antara, belum lama ini.

Ia mengatakan untuk mencapai efisiensi yang optimal, kendaraan harus dipacu dalam kecepatan konstan dan tidak terjebak kemacetan yang menyebabkan mobil berhenti. "Di tol dalam kota dengan kecepatan konstan 50-60 km/jam, efisiensi bisa mencapai 27,3 km/liter," kata pemilik Honda Mobilio RS tahun 2015 itu.

Diakuinya untuk mencapai efisiensi BBM yang optimal, ia dan rekannya tidak menyalakan pengatur suhu udara (AC). "Namun pemakaian sehari-hari konsumsi BBM Honda Mobilio juga irit, bisa mencapai 15 km/liter," kata Indra yang menggunakan mobil tersebut setiap hari untuk pulang pergi dari kantor ke rumah.

Ia menyukai mobil serba guna kecil (LMPV) yang dirancang dan diproduksi khusus oleh HPM sejak 2014 itu, karena di samping irit juga handal terutama menghadapi jalan menanjak yang terjal. "Tenaganya 'gokil'," ujarnya.

Selain 10 peserta dari kalangan komunitas, HPM juga mengajak 10 calon pembeli potensial Honda Mobilio dan 10 jurnalis dari media nasional untuk ikut dalam tantangan adu irit tersebut. "Ini untuk yang ketiga kalinya Honda mengajak komunitas, calon pembeli, dan media untuk ikut dalam tantangan efisiensi Mobilio," kata Asisten Manager Public Relation HPM Yulian Karfili.

Sebelumnya pada 2014 dan 2015 HPM melakukan ajang serupa dengan rute yang berbeda, dan pada 2014 konsumsi BBM Honda Mobilio sempat tembus 26,7 km/liter dalam medan yang lebih datar dan tanpa kemacetan panjang.

Mobil Low MPV andalan Honda, Mobilio, menjadi tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor selama semester I 2017 dengan laku sebanyak 23.085 unit atau sekira 24,7 persen dari total penjualan sementara pabrikan Jepang tersebut sebanyak 93.262 unit. Secara keseluruhan penjualan tersebut membuat Honda sepanjang semester I 2017 memiliki 17,5 persen pangsa pasar otomotif nasional.

BERITA TERKAIT

Meningkatnya Pertumbuhan Konsumsi Di Luar Rumah

      NERACA   Jakarta - Perusahaan riset Kantar Worldpanel Indonesia memonitor pola belanja konsumen untuk produk makanan dan…

Menkop Yakin UKM Bukalapak Tembus 8 Juta di 2020

Menkop Yakin UKM Bukalapak Tembus 8 Juta di 2020 NERACA Jakarta - Menteri Koperasi dan AAGN Puspayoga yakin dan optimis…

ESDM Klaim Target Program BBM Satu Harga Tercapai

      NERACA   Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebutkan program bahan bakar…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Toyota C-HR Dominasi Penjualan SUV Anyar di Jepang

  Toyota Motor Corporation mengumumkan performa mobil SUV mereka, C-HR, yang berhasil terjual sebanyak 117.299 unit sepanjang tahun 2017 di…

GSX Series Jadi Tulang Punggung Penjualan Suzuki

Suzuki Indonesia mengalami kenaikan penjualan kendaraan roda dua yang ditopang larisnya model segmen sport, Suzuki GSX-R dan GSX S, sepanjang…

Penjualan Global BMW Masih Tertinggal dari Mercedes

Produsen mobil mewah Jerman, BMW, mengatakan pada Jumat telah membukukan rekor penjualan global dalam tujuh tahun berturut-turut pada 2017, kendati…