Merambah Bisnis Kuliner

Untuk menjadi pengusaha restoran tidak harus menjadi ahli memasak, namun tuntutan kemampuan mengelola bisnis kuliner wajib Anda kuasai. Soal tenaga ahli? Anda dapat merekrutnya.

Neraca. Dengan pertumbuhan penduduk yang semakin padat maka semakin banyak pula kebutuhan pangan yang harus disediakan. Ini adalah realitas yang membuka peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Terlebih dengan besarnya keuntungan yang diperoleh dari bisnis makanan, menjadikan bisnis ini terbilang sarat persaingan. Untuk itu Anda harus memiliki strategi khusus untuk menjalankan bisnis makanan. Menekuni bisnis pembuatan makanan memang membutuhkan ketekunan dan keuletan yang tinggi.

Untuk memulai bisnis rumah makan, persiapan mental patut Anda bekali dalam menghadapi tantangan, ketakutan dan keraguan akan kegagalan. Menyangkut persoalan teknis, Anda harus memahami seluk-beluk ‘dapur’.

Persiapan selanjutnya adalah tersedianya prasarana dan sarana. Ini pun Anda tak perlu terjebak harus miliknya, Anda dapat memperoleh dengan meminjam atau menyewa terlebih dahulu, kecuali bila Anda memang menyediakan cukup dana untuk diinvestasikan dalam jangka panjang.

Bisnis makanan pun bukan dominasi kaum wanita saja, banyak pria yang menjadi koki kelas dunia, bahkan tak sedikit penjual makanan yang sukses adalah pria. Usaha rumah makan juga sangat sensitif terhadap rasa, karena itu penting diperhatikan dengan ahli masak yang Anda miliki.

Bisnis makanan termasuk bisnis dengan tingkat resiko yang cukup besar. Karena bisnis makanan beda dengan bisnis lain. Kecuali yang kita jual adalah makanan kering, (bertahan berbulan-bulan). Tapi bila Anda merasa yakin, bukan mustahil ketakutan Anda akan sirna dengan keuntungan yang datang berlipat-lipat dari restoran yang Anda kelola.

Karena yang menjadi pertimbangan utama adalah cita rasa. Bila makanan kita sudah sesuai dengan selera konsumen, maka dijamin Anda akan menuai keuntungan yang terus mengalir. Selain konsumen mencari selera makan yang pas, kadang mereka juga mencari tempat yang sesuai.

Sasaran bisnis makanan pun terbilang sangat luas. Mulai anak-anak hingga orang tua adalah pangsa pasar yang patut dibidik. Namun untuk mempermudah pemilahan konsumen, sebaiknya Anda fokus pada salah satu pilihan. Contoh, bila Anda membuka warung makan dengan menu bersifat umum atau menawarkan produk khusus (seafood), maka kalangan orang dewasa menjadi target pangsa pasar Anda.

Soto sangat banyak penggemarnya, hampir di setiap tempat berkumpul pedagang makanan, ditemukan penjual soto. Umumnya soto terbuat dari kaldu dan sayuran, penggunan daging pada soto hanya daging tertentu, seperti daging sapi atau ayam, namun ada juga yang menggunakan daging kambing, yang juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, soto kambing. Soto juga memiliki banyak kesamaan dengan kuliner sop.

Namun yang paling banyak penggemarnya adalah soto ayam dan soto sapi, baik yang berkuah kental atau bening. Banyak penggemar soto yang menikmati soto sebagai menu sarapan, namun tidak jarang pula banyak yang menikmati soto pada saat makan siang atau makan malam. Jadi tidak menutup kemungkinan, bila Anda membuka warung soto dapat dimulai pada pagi hingga petang hari.

Rasanya yang khas membuat soto sangat disukai oleh masyarakat, oleh karena itu berjualan soto merupakan salah satu alternatif bisnis yang cukup mengiurkan. Dan karena soto dapat diperoleh diberbagai daerah, maka hampir semua orang mengenal menu makanan ini.

Dalam menjalankan sebuah bisnis kuliner soto misalnya, tentu semua pengusaha selalu menginginkan bisnisnya dapat memberikan keuntungan yang besar. Keuntungan yang dimaksud tidak hanya keuntungan materiil semata, namun juga keuntungan yang bersifat non materiil.

Atau jika Anda merasa bingung memilih makanan apa yang akan dijual, mulailah dengan jenis makanan kesukaan Anda. Dan jika Anda lebih berani, mulailah dengan menjual makanan yang justru banyak dijual disekitar tempat Anda. Dengan harapan, Anda dapat mengukur kemampuan diri dalam sebuah persaingan yang seimbang.

BERITA TERKAIT

Perusahaan Bisa Manfaatkan Pasar Modal - Danai Ekspansi Bisnis

NERACA Jakarta - Besarnya likuiditas di pasar modal, tentunya bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk mendanai ekspansi bisnisnya jangka panjang…

ADB Dukung Bisnis Inklusif Di Indonesia

  NERACA   Jakarta - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) mendukung bisnis inklusif di Indonesia melalui investasi untuk sektor…

Akselerasi Bisnis Gratis Demi Menelurkan Pengusaha

  NERACA   Jakarta - Menjadi pengusaha sukses adalah impian banyak orang. Tetapi tidak banyak orang mampu mencapai kesuksesan dalam…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Sruput Peluang Usaha Bareng Coffee Stall Good Day

Minum kopi menjadi bagian dari gaya hidup. Bisnis kedai kopi pun banyak bermunculan. Tak ketinggalan, PT Santos Jaya Abadi yang…

Membangun Bisnis Untuk Pemula

Membuka bisnis sendiri atau berwirausaha kian digandrungi banyak orang. Bagi seseorang yang fleksibel dan tidak suka terikat, berbisnis memang menjadi…

Kian digemari, Gigit Usaha Camilan Dimsum

Kudapan dimsum sudah populer di lidah masyarakat Indonesia. Teksturnya yang kenyal dan lembut berpadu dengan rasa gurih, membuat makanan khas…