Seks, Cinta dan Kesehatan

Aktivitas seks yang teratur diyakini bukan hanya dapat menjaga kesehatan tubuh namun efektif menangkis serangan stress. Cara ampuh menjaga kesehatan dengan cinta.

Neraca. Stress merupakan ungkapan modern yang sering digunakan untuk menggambarkan perasaan saat menghadapi keadaan yang menyusahkan atau menekan, saat ini stress tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, baik akibat tekanan pekerjaan, keadaan lingkungan ataupun adanya masalah pribadi baik pria dan wanita mempunyai resiko yang sama untuk mengalami stress, tetapi ternyata mereka dapat mempunyai reaksi yang berbeda dalam menghadapi stress tersebut.

Menurut penelitian para ahli di Universitas Queen di Belfast,melakukan hubungan seks pada pagi hari akan membuat seluruh otot dalam tubuh anda bekerja, selain itu, jantung dan paru-paru Anda pun terlatih seperti halnya melakukan gerakan aerobik  dalam selang satu jam, aktivitas seksual diyakini dapat membakar sekitar 300 kalori yang tersimpan pada tubuh.

Aktivitas seksual memang dapat dilakukan kapan  dan di mana saja, meski kebanyakan orang mungkin lebih suka melakukannya di malam hari menjelang istirahat,  namun tak ada salahnya anda mulai membiasakan melakukan seks di pagi hari, karena aktivitas yang membakar kalori ini akan membuat tubuh anda lebih sehat.  

Seks  yang teratur juga memperbaiki sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah, namun begitu,  seks sebaiknya juga tidak dilakukan secara berlebihan,  Jika dilakukan lebih dari tiga kali dalam sepekan, seks juga dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Dengan seks, seseorang juga dapat mengatasi problem stress karena tubuh akan terpicu untuk memproduksi hormon kortisol,   aktivitasnya yang bersifat membakar  kalori pun dapat menjaga bobot tubuh sekaligus menekan risiko diabetes, sesaat sebelum mencapai orgasme, kadar hormon oksitosin yang mendatangkan efek nikmat akan meningkat,  tubuh pun kemudian akan mengalir hormon endorfin yang  merupakan penanda  kepuasan seks yang secara alami juga dapat berfungsi sebagai pereda rasa sakit, termasuk untuk mengatasi sejumlah masalah mulai dari artritis hingga migren.

Orgasme juga akan memacu pelepasan hormon estrogen yang dapat mengatasi para wanita dari rasa sakit akibat premenstrual syndrome (PMS). 

Para ahli di Yale School of Medicine percaya, hal ini pun mampu mencegah endometrosis  atau suatu keadaan di mana jaringan yang hanya ada dalam rahim, dapat ditemukan di bagian lain dalam tubuh, Keadaan ini menimbulkan rasa nyeri, terutama pada saat haid dan dapat menyebabkan infertilitas (mandul).

Manfaat lain yang tak  kalah penting adalah aktivitas seks juga bisa mendorong produksi testosteron hormon ini berkaitan dengan tulang dan otot yang kuat sehingga menghindarkan seseorang dari keropos tulang, aktivitas seks yang teratur setidaknya tiga kali dalam seminggu akan membantu anda menekan risiko serangan jantung dan stroke.

Berbagai penelitian tentang manfaat kesehatan dan berhubungan intim memang pernah dillakukan. Percaya atau tidak, berikut ini beberapa temuan yang dihasilkan seks sebagai perawatan kecantikan, tes yang dilakukan para ilmuwan mendapati, saat perempuan bercinta, tubuh mereka memproduksi hormon estrogen yang membuat rambut makin bersinar dan kulit semakin halus, bercinta dengan santai dan nyaman mengurangi kemungkinan terkena dermatitis, parut, dan bercak di kulit keringat yang dihasilkan saat bercinta membersihkan pori-pori, sehingga membuat kulit berkilau.

Bercinta akan membakar kalori yang terhimpun saat perjamuan sebelumnya serta seks merupakan olahraga yang aman dilakukan, gerakan-gerakan yang dilakukan saat berhubungan intim merentangkan dan membentuk seluruh otot didalam tubuh. Disisi lain seks juga bisa sebagai penyembuh ampuh untuk depresi ringan, Hormon endorfin yang terlepas dan mengalir ke aliran darah saat kegiatan seks berlangsung menimbulkan perasaan gembira dan sejahtera, seks juga merupakan obat penenang paling aman di dunia katanya, sih, 10 kali lebih efektif dibanding valium (zat kimia yang biasa dipakai sebagai obat penenang).

Seks juga dapat mencegah kanker prostate pada lelaki seks juga bermanfaat bagi lelaki yang berisiko terkena kanker prostat. Menurut penelitian National Cancer Institute di AS, sebagaimana dikutip Alternative Medicine, semakin sering pria mengalami ejakulasi, semakin rendah pula kemungkinan mereka terkena kanker prostat.

Pasangan dengan hubungan yang sehat secara teratur berkomunikasi satu sama lain dan memiliki Jalur komunikasi  terbuka serta pasangan yang sehat dapat memberitahu satu sama lain ketika ada sesuatu yang salah.

Pasangan yang sehat memiliki harapan yang realistis satu sama lain dan tidak berkesan tidak menuntut, Jika tubuh kita sedang lelah, tidak mudah bagi kita dalam mengendalikan stresss tidak cukup tidur akan mempengaruhi keseluruhan hari kita, dan biasanya kita mengalami hari yang buruk karena kurang tidur menyebabkan kita tidak dapat berkonsentrasi dan melihat suatu permasalahan lebih buruk dari yang seharusnya. Dan tentunya seks juga harus dilakukan oleh orang yang sudah benar-benar menjadi pasangan hidup anda atau sudah ada keterikatan dalam suatu pernikahan.

 

BERITA TERKAIT

Saat Perjalanan Mudik - Pembesaran Prostat Tak Dianjurkan Konsumsi Minum Manis

Mudik sehat, aman dan nyaman tidak hanya disiapkan dari infrastruktur jalan tetapi juga perlu diperhatikan kesiapan dan kesehatan para pemudik.…

Mengenal dan Deteksi Awal Penyakit Papiledema

Terbatasnya penglihatan dan bahkan nyaris buta yang diderita mantan kiper Timnas Kurnia Mega diketahui karena mengidap penyakit papiledema sejak 2017…

Jaga Kesehatan Saat Mudik, Simak Tipsnya

  Mudik menjadi budaya yang dilakukan orang Indonesia seusai sebulan berpuasa selama Ramadan. Namun, perjalanan jauh sering kali memengaruhi kesehatan…

BERITA LAINNYA DI Kesehatan

Saat Perjalanan Mudik - Pembesaran Prostat Tak Dianjurkan Konsumsi Minum Manis

Mudik sehat, aman dan nyaman tidak hanya disiapkan dari infrastruktur jalan tetapi juga perlu diperhatikan kesiapan dan kesehatan para pemudik.…

Mengenal dan Deteksi Awal Penyakit Papiledema

Terbatasnya penglihatan dan bahkan nyaris buta yang diderita mantan kiper Timnas Kurnia Mega diketahui karena mengidap penyakit papiledema sejak 2017…

Jaga Kesehatan Saat Mudik, Simak Tipsnya

  Mudik menjadi budaya yang dilakukan orang Indonesia seusai sebulan berpuasa selama Ramadan. Namun, perjalanan jauh sering kali memengaruhi kesehatan…