Cerita Inspirasi di XL Future Leaders - Ketika Disabilitas Diberi Kesempatan Sama Untuk Maju

Sejatinya setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dan kewajiban di mata negara tanpa membedakan latar belakang yang ada. Namun ironisnya, keberadaan masyarakat yang berkebutuhan khusus atau difabel masih dipandang sebelah mata sehingga berbagai macam akses fasilitas yang ada sulit didapatkan, mulai dari dunia pendidikan, lapangan kerja, layanan transportasi hingga bentuk pelayanan lainnya. Sudah saatnya, masyarakat harus ramah terhadap sebagian masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus dengan memberikan ruang dan akses bagi mereka seluas-luasnya, termasuk fasilitas mendapatkan beasiswa dalam dunia pendidikan.

Berangkat dari kepedulian pada dunia pendidikan, termasuk memberikan kesempatan dan akses luas bagi penyandang disabilitas untuk ikut serta program latihan kepemimpinan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) lewat program tahunannya XL Future Leaders memberikan kesempatan yang sama bagi semua mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia untuk mendapatkan peluang yang sama untuk akses pada pendidikan soft-skills yang berkualitas, termasuk para mahasiswa berkebutuhan khusus atau difabel.

Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, XL Future Leaders yang kembali digelar tahun ini merupakan angkatan ke-6 yang cukup spesial. Pasalnya, salah satu dari 150 mahasiswa yang lolos hingga seleksi awal adalah penyandang tunanetra. Hebatnya lagi, mahasiswa ini sejak awal mampu melalui semua tahap seleksi secara baik tanpa ada yang dibedakan dan terbukti mampu bersaing di antara lebih dari 12 ribu pendaftar yang mengikuti seleksi. “Kami ikut senang dengan keberhasilannya yang merupakan bukti dari hasil kerja keras dan semangat yang tidak kenal menyerah meski memiliki keterbatasan fisik. Hal ini juga menunjukkan bahwa program XL Future Leaders yang telah kami jalankan sejak 2012 mampu menarik minat dan menginspirasi para mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia untuk ikut serta dalam program ini, termasuk juga para mahasiswa berkebutuhan khusus,”ungkapnya.

Disebutkan, sejak pendaftaran dibuka sepanjang April – Mei 2017, lebih dari 12.500 mahasiswa yang berasal dari 240 universitas negeri dan swasta mendaftar di program ini. Mereka mengikuti serangkaian seleksi sepanjang Juni – September 2017, mulai dari tahap seleksi kelengkapan administrasi, seleksi tertulis yang dilaksanakan serentak secara online, diakhiri dengan seleksi studi kasus dan wawancara di 7 kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Akhirnya, setelah melalui penilaian yang ketat, terjaring 150 mahasiswa yang berhak atas beasiswa khusus untuk mengikuti program “XL Future Leaders Global Thinking”.

Dari sisi sebaran asal peserta yang lolos mengikuti pendidikan soft skills XL Future Leaders 2017, peserta berasal dari daerah yang cukup beragam dan hampir mewakili setiap provinsi di Indonesia. Dari mulai Banda Aceh, Medan, Padang, Bengkulu, beberapa kota di Jawa, Makassar, Banjarmasin, hingga Kendari. Mereka berasal dari 35 universitas dan perguruan tinggi setingkatnya. Sebanyak 11 kampus di antaranya merupakan universitas swasta. Seleksi penilaian antara lain mengutamakan kemampuan berkomunikasi dalam berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, berpikir secara terstruktur dan keinginan untuk menjadi agen perubahan.

 

Kurikulum Global

 

Selanjutnya, para peserta baru tersebut akan mengikuti masa belajar selama 2 tahun sesuai kurikulum XLFL Global Thinking. Mereka akan terbagi dalam kelas-kelas yang akan diselenggarakan di 6 kota, untuk mempermudah jangkauan mereka dari tempat domisili. Kota-kota tersebut ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makassar. Dua Bulan sekali mereka juga akan mendapatkan mentoring secara jarak jauh. Untuk mendukung proses belajar, XL membekali mereka antara lain dengan smartphone dan laptop.

Selain menerima peserta baru, XL Axiata juga melepas peserta XLFL yang sudah menyelesaikan dua tahun masa belajar. Kini, ada tidak kurang dari 550 orang alumni XLFL telah memiliki bekal keahlian dari program ini untuk merebut posisi-posisi penting di berbagai bidang di masa depan. Mereka para alumnus berasal dari 76 kampus negeri dan swasta, dan berdomisili di 30 provinsi. Sebanyak 153 orang di antaranya sudah lulus sarjana, dan kini berkarya di berbagai sektor industri, termasuk menjadi aktivis pemberdayaan potensi masyarakat. Beberapa di antara alumni juga telah mampu menciptakan program untuk kepentingan publik yang kemudian diadopsi oleh pemerintah daerahnya.

XL Axiata memandang perlunya tambahan keahlian dan kompetensi yang perlu dimiliki anak-anak Indonesia agar mampu bersaing memperebutkan peluang tertinggi di percaturan tingkat global. Secara potensi, Indonesia memiliki anak-anak berbakat yang berlimpah. Setiap tahun tak kurang berbagai penghargaan tingkat dunia diraih anak-anak Indonesia. Tak kurang juga berbagai prestasi tinggi yang membanggakan mereka torehkan. Melalui program XLFL, XL Axiata ingin ikut memastikan tempat terbaik di masa depan bagi anak-anak Indonesia, sekaligus menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang unggul di masa mendatang.

Kemudian dari pengalaman mengelola XL Future Leaders selama 5 tahun terakhir, XL Axiata kini sedang dalam upaya untuk membawa program ini ke tingakt yang lebih luas, yaitu level internasional, dengan cara memadukannya dengan program-program sejenis di perusahaan-perusahaan di bawah Axiata Groups. Saat ini sedang dipersiapkan event bernama “XL Axiata 2018 Asia Young Leaders Summit”, yang direncanakan akan dilaksanakan sekitar November 2018. Program ini akan mengundang para mahasiswa dari beberapa negara yang selama ini telah menerima program sejenis XL Future Leaders dari perusahaan-perusahaan di bawah Axiata Group, antara lain dari Malaysia, Singapura, Kamboja, Bangladesh, Srilanka, India, Nepal, dan beberapa negara di Asia lainnya. 

Sesuai namanya, pada program ini para peserta, anak-anak muda berbakat dari berbagai negara tersebut akan bertemu satu sama lain, bertukar pikiran, berbagi pengetahuan, dan peluang untuk membuat suatu aktivitas bersama. Selain itu, mereka juga akan belajar bersama dari pakar-pakar yang akan diundang termasuk para pembicara internasional. Dengan demikian, para peserta akan semakin banyak mendapatkan bekal untuk menghadapi tantangan di masa depan dalam memajukan daerah atau negara masing-masing. Tentu, program “XL Axiata 2018 Asia Young Leaders Summit” tersebut akan memberikan banyak keuntungan bagi para mahasiswa Indonesia.

BERITA TERKAIT

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…

BERITA LAINNYA DI CSR

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…