BSD Bagikan 1000 Batang Pohon di Hari Menanam - Tumbuhkan Harapan Generasi Mendatang

Menyadari kehidupan tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga masa depan bagi anak cucu. Maka alangkah bijaknya bila kehidupan saat ini bisa menjaga kelestarian lingkungan bagi generasi berikutnya. Berangkat dari kepedulian pada lingkungan, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSD), melakukan upaya nyata pelestarian lingkungan dengan menanam dan membagikan 1.000 batang pohon kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dipusatkan di kawasan Vanya Park BSD City, Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang akhir pekan lalu.

Kegiatan penanaman pohon yang menjadi salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibilty (CSR) Sinar Mas Land di bidang lingkungan. Dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, yang jatuh tanggal 28 November setiap tahunnya, sekaligus Bulan Menanam Nasional (BMN) yang diperingati setiap Desember. Kegiatan tahun ini bertema “One Tree for A Million Hopes”, dihadiri Yuli Iskandar, istri Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, beserta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang Syaefullah, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang Ahmad Taufik, yang akan bersama dengan pimpinan Sinar Mas Land, sejumlah pengurus organisasi kemasyarakatan, penggiat lingkungan, serta ratusan pelajar, akan menanam pohon untuk penghijauan di sekitar kawasan Vanya Park, BSD City.

Direktur BSD, Syukur Lawigena dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, pemilihan tema ‘One Tree for A Million Hopes’, didasarkan pemikiran bahwa jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka setiap satu pohon yang ditanam akan menumbuhkan jutaan harapan baru bagi kelangsungan masa depan generasi Indonesia. “Karena itu, sudah saatnya upaya menanam pohon dilaksanakan dengan terencana dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” ujarnya.

Syukur lebih jauh menjelaskan, gerakan menanam pohon yang masif merupakan upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta mencegah kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan. Selain itu juga dapat mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbsi gas CO2 dan polutan lainnya, mencegah banjir, kekeringan, dan tanah longsor, meningkatkan upaya konservasi sumberdaya genetik tanaman penghijauan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari sikap atau budaya bangsa (mindset) yang melekat pada kehidupan sehari-hari. “Dalam kegiatan tanam pohon ini, Ibu Yuli Iskandar beserta SKPD Kabupaten Tangerang, bersama pemuda-pemudi dari sejumlah organisasi kemasyarakatan dan ratusan pelajar sekolah di wilayah Kabupaten Tangerang, akan menanam pohon di sekitar kawasan Vanya Park BSD City, Kecamatan Pagedangan. Kami juga akan membagikan ratusan bibit pohon kepada masyarakat untuk ditanam di lingkungannya,” ujar Syukur.

Asal tahu saja, bentuk komitmen Sinar Mas Land terhadap lingkungan diwujudkan dengan menyelenggarakan festival hijau, yaitu upaya Sinar Mas Land dalam mengkampanyekan, menginisiasi, melatih, membina, gerakan moral, penghargaan, dan promosi, terhadap semua aspek lingkungan hidup. Kegiatan ini melibatkan birokrasi, komunitas, ormas dan seluruh komponen masyarakat. Kegiatan Festival Hijau telah rutin diselenggarakan sejak tahun 2004.

Selain itu, Sinar Mas Land telah melakukan sosialisasi komposting kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Sosialisasi komposting adalah program untuk mengajak masyarakat mengelola sampah organik menjadi kompos yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pupuk alami bagi rumah tangga. Kegiatan berupa membangun areal komposting, pelatihan, kampanye, dan inisiasi.

BERITA TERKAIT

Membantah Generasi Milenial yang Terancam Tak Punya Hunian

      NERACA   Bekasi - Ada anggapan generasi milenial yang berusia di bawah 25 tahun tidak mampu mempunyai…

Memaknai Peringatan Hari Anti Korupsi

  Oleh: Ardianus Wiguna, Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional FISIP-UI   Korupsi dalam bahasa Latin corruptio dari kata kerja corrumpere yang…

BI Paparkan 4 Tantangan Generasi Muda - Gelar GenBI Leadership Camp 2017

      NERACA   Bogor – Bank Indonesia (BI) mencatat ada empat tantangan utama yang harus disikapi oleh generasi…

BERITA LAINNYA DI CSR

Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga - Istri Nelayan Diberdayakan Lewat Edukasi Keuangan

Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung perluasan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, HSBC bekerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF)…

Berbagi Kasih dan Sukacita Sambut Natal - Telkomsel Bantu 5000 Anak Yatim Piatu di 4 Kota

Berbagi kebahagian dan kecerian dalam rangka menyambut hari raya Natal 2017, Telkomsel menggelar rangkaian kegiatan kepedulian sosial dengan tema “Saatnya…

Dukung Kreatifitas Guru - Saratoga Beri Pelatihan TOT 46 Guru di Indonesia

Masih dalam memperingati hari guru nasional ke-72, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (Saratoga) sebagai perusahaan investasi aktif terkemuka di Indonesia…