April, Mobdin Pakai Pertamax

Selasa, 31/01/2012

April, Mobdin Pakai Pertamax

Jakarta - Pemerintah merencanakan membatasi BBM bersubsidi mulai April 2012, hal ini akan dimulai dengan pelarangan kendaraan dinas (monil dinas) di seluruh Indonesia. "April ini, seluruh kendaraan dinas instansi pemerintahan, BUMN dan BUMD di Jawa Bali tidak boleh menggunakan premium," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik saat Rapat Kerja Kementerian ESDM dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung DPR Jakarta, Senin (30/1).

Kendati harga minyak yang cenderung naik terus setiap tahunnya, jero menambahkan akan mencoba mengaplikasikan converter kit pada mobil-mobil dinas. "Pemasangan converter kit pada mobil dinas ini agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat bahwa converter kit aman untuk digunakan," jelasnya.

Jero mengungkapkan kebijakan untuk membatasi bbm bersubsidi pada kendaaran dinas bisa mengawali pengurangan konsumsi premium di tengah masyarakat. "Harapan kami dengan diberlakukannya untuk mobil dinas pemerintahan bisa mengurangi konsumsi premium di masyarakat," jelasnya.

Selain kendaraan dinas, kata Jero, pembatasan penggunaan BBM bersubsidi pada 1 April 2012 juga menyasar seluruh kendaraan pribadi di wilayah Jabodetabek. "Kami juga sudah meminta kepada BPH Migas untuk meningkatkan peran TKP4BBM (Tim Koordinasi Penanggulangan Penyalahgunaan penyediaan dan pendistribusian BBM)," ucapnya.

Sementara itu, Kementrian ESDM telah membuat 4 tim demi mensukseskan program pembatasan BBM. "Kami membagi menjadi 4 tim yang tugasnya mengendalikan BBM bersubsidi yang akan dimulai pada April tahun ini," pungkas Jero. **bari