Youtuber Jadi peluang Bisnis Masa Kini

Bagaimana cara anda berbagi sebuah video, dengan teman-teman pada masa sekarang ini dengan durasi yang panjang dan bisa di lihat setiap saat? Sekarang ini cara untuk berbagi paling efisien yang bisa anda lakukan adalah dengan berbagi video melalui Youtube. Untuk anda manusia modern, tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya Youtube, ya situs we untuk berbagi video kepunyaan Google ini telah diminati oleh banyak orang.

Ketika melihat kemajuan Youtube yang begitu fantastis, Google pun melihat peluang usaha yang menguntungkan dan akhirnya perusahaan ini membeli Youtube dengan harga US$ 1,65 miliar dan akhirnya.

Video pertama kali yang di unggah ke Youtube ialah pada tanggal 23 April 2005 dengan judul Me At The Zoo. Mulai dari tahun 2005 hingga tahun 2006 pada bulan Juli, Youtube meroket dan sudah ada lebih dari 65 ribu Video yang di unggah setiap harinya dan setiap hari dikunjungi sebanyak 100 juta pengunjung.

Sungguh menakjubkan bukan? Padahal hampir banyak orang yang mempertanyakan mengapa Google berani membeli sebuah perusahaan yang baru berdiri 1 tahun ini, dulu banyak masyarakat yang belum mengerti apa yang istimewa dari situs berbagi video ini. Hingag

Selain, karena bisa menguntungkan penggunanya Youtube juga bisa membantu orang untuk lebih kreatif lagi dan mengeksplorasi ide juga bakat yang dimiliki. Bagi mereka yang tidak menjadi pengguna bisa menonton video tersebut, sedangkan mereka yang terdaftar bisa mengunggah video sesuka mereka dengan jumlah yang tidak terbatas.

Pengguna Youtube atau biasa di kenal dengan “Youtuber”, mereka (baik itu individu komunitas, kelompok bahkan perusahaan-perusahaan besar) bukan hanya diuntungkan dengan bebas menuangkan ide-ide mereka, namun ternyata para Youtuber ini mampu meraup keuntungan materi dari Youtube sendiri, guys.

Bahkan ada Youtuber muda yang sudah kaya raya, namun tidak bekerja karena mendalami dunia Youtube. Akan tetapi, tahukah anda dari mana keuntungan yang mereka dapatkan tersebut? Padahal, kita yang merupakan salah satu orang yang sering menonton Youtube tidak pernah merasa membayar, jika ingin menonton video tersebut.

Saya sendiri bertanya-tanya dari mana sebenarnya keuntungan yang didapatkan oleh para Youtuber tersebut, sampai bisa membuat mereka menjadi kaya raya.

Ternyata ada 3 sumber pendapatan yang bisa didapatkan oleh para Youtuber tersebut kira yaitu Monetizing Options, Brand Delas, hingga Celebrity Jobs. Berikut penjelasannya;

– Monetizing Options

Para Youtuber yang mengupload videonya ke Youtube dapat buat pilihan pada video mereka yaitu memonetisasi video, dimana adna mengizinkan di Google atau Youtube membuat iklan di Video anda tersebut, dimana Youtuber tersebut akan mendapatkan pembagian hasil dari iklan tadi, dimana Youtube mendapatkan 45% dan si pengguna mendapatkan 55%. 3 jenis iklan yang umumnya ada pada Youtube adalah In-Stream Ads (diawal sebelum Video), Display Ads (di pojok kanan atas) dan juga Overlay Ads (dibawah Video).

– Brand Deals

Sumber dana lainnya yang didapatkan oleh para Youtuber adalah dari sebuah sponsor, perlu anda ketahui bahwa sponsor tersebut di dapat dari viewer dan subscriber yang royal kepada para Youtuber tersebut, dan bisa jadi para viewer atau subscriber itu tertarik untuk menempatkan brand mereka di beberapa Video milik Youtuber, atau yang lebih dikenal dengan brand placement (Iklan diluar sistem google atau didalam video).

– Celebrity Jobs

Banyak mereka pengguna Youtuber yang terkenal yang akhirnya berkonstribusi dalam dunia entertainment, mereka bisa saja bisa menjadi seorang penyanyi professional atau Tv host dan lain sebagainya. Dari situlah mereka juga bisa menambah pendapatan mereka, contoh artis yang terkenal melalui Youtube adalah Raisa, Eka Gustiwana, Justin Beiber, Jovial dan Andovi da lopez dan masih banyak lagi Youtuber lainnya yang terkenal dengan karya mereka melalui Youtube.

BERITA TERKAIT

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…