BTPN Perluas Layanan Digital "Jenius"

 

 

 

NERACA

 

Bandung - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) rmemperluas jangkauan layanan perbankan digital 'Jenius' di Kota Bandung, setelah diperkenalkan pertama kali di Jakarta pada Agustus 2016 lalu. "Dengan memperkenalkan Jenius, kami berharap masyarakat di Bandung bisa merasakan manfaat dari menggunakan Jenius dan dapat berkokreasi bersama kami dalam mengembangkan Jenius," kata Digital Banking Head BTPN Peterjan van Nieuwenhuizen saat peluncuran Jenius di Bandung, Rabu (22/11).

Jenius adalah inovasi perbankan digital untuk segmen kelompok masyarakat yang identik dengan masyarakat urban dan melek teknologi. Melalui Jenius, masyarakat dapat membuka rekening bank tanpa perlu datang ke kantor cabang dan menikmati berbagai layanan perbankan melalui aplikasi. Peter menuturkan, dalam setiap keputusan yang diambil oleh seseorang di dalam hidupnya, baik disadari atau tidak, memiliki konsekuensi finansial. Berangkat dari pemahaman tersebut, pihaknya menghadirkan Jenius untuk membantu masyarakat mengatur 'life finance' mereka. "Dengan demikian, kami berharap masyarakat dapat lebih mudah dalam mengelolal gaya hidup dan keuangan sesuai keinginan dan kebutuhannya masing-masing," ujar Peter.

Digital Banking Value Proposition & Product Head BTPN Irwan Sutjipto Tisnabudi melanjutkan, dalam tahap pembentukannya, BTPN berkolaborasi dan berkokreasi dengan masyarakat guna memperkaya fitur-fitur Jenius dan dapat menjawab kebutuhan mereka dengan tepat. "Kolaborasi dan kokreasi yang kami lakukan tidak hanya berhenti di fase pembentukan awal. Kami ingin Jenius terus berevolusi untuk menyesuaikan dengan gaya hidup masyarakat digital yang begitu dinamis, maka semangat kokreasi terus kami lakukan supaya Jenius bisa tetap relevan," ujar Irwan.

Jenius merupakan salah satu inovasi BTPN di bidang layanan perbankan digital. Sejak 2013, BTPN telah mengembangkan platform digital untuk memperluas jangkauan pelayanan kepada masyarakat serta memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan. Pada Maret 2015, BTPN juga telah meluncurkan BTPN Wow! yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat menengah bawah yang selama ini belum tersentuh layanan perbankan.

BTPN terus melakukan inovasi dalam produk dan layanan agar relevan dengan masyarakat penggunanya. Sepanjang sembilan bulan pertama 2017, perseroan telah menanamkan investasi Rp624 miliar, meningkat 77% dibandingkan nilai investasi pada kurun waktu yang sama tahun lalu Rp353 miliar. "Selama tiga tahun terakhir, kami telah menanamkan investasi lebih dari Rp1,4 triliun untuk mengembangkan dua platform digital. Kami optimistis investasi ini kelak memberikan dampak substansial pada perusahaan, khususnya melalui pertambahan signifikan jumlah titik pelayanan nasabah dalam kurun waktu yang singkat," ungkap Direktur Utama BTPN Jerry Ng, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, terobosan berupa digitalisasi pada proses dan layanan yang dilakukan untuk menambah jumlah alternative channels pelayanan nasabah telah mempengaruhi dinamika persaingan industri. Saat ini, BTPN telah memiliki dua platform digital banking untuk melayani dua segmen yang berbeda. Pertama, BTPN Wow! yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat menengah bawah yang selama ini belum tersentuh layanan perbankan. Kedua, platform Jenius untuk segmen consuming-class yang diperkenalkan ke publik pada Agustus 2016 lalu.

BTPN Wow! adalah layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan bank untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

 

 

BERITA TERKAIT

AIA Hadirkan Buku Polis Digital ePolicy

AIA Hadirkan Buku Polis Digital ePolicy NERACA Jakarta - Kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian bumi menjadi komitmen bersama untuk mencapai…

BSI : Komposisi Pembiayaan EV Capai Rp180 Miliar

    NERACA Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatat komposisi pembiayaan kendaraan ramah lingkungan atau kendaraan listrik…

LPPI : Perempuan dalam Manajemen Berpengaruh Positif ke Kinerja Bank

  NERACA Jakarta – Riset Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menemukan bahwa peran perempuan dalam jajaran manajemen puncak berpengaruh positif…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

AIA Hadirkan Buku Polis Digital ePolicy

AIA Hadirkan Buku Polis Digital ePolicy NERACA Jakarta - Kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian bumi menjadi komitmen bersama untuk mencapai…

BSI : Komposisi Pembiayaan EV Capai Rp180 Miliar

    NERACA Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatat komposisi pembiayaan kendaraan ramah lingkungan atau kendaraan listrik…

LPPI : Perempuan dalam Manajemen Berpengaruh Positif ke Kinerja Bank

  NERACA Jakarta – Riset Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menemukan bahwa peran perempuan dalam jajaran manajemen puncak berpengaruh positif…