Jatim Upayakan Kediri Jadi Tuan Rumah Festival Panji

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengupayakan Kabupaten Kediri untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Panji Internasional yang rencananya berlangsung tahun depan.Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Jatim Jarianto di sela acara Gelar Seni Budaya Kabupaten Kediri di Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya, yang berlangsung hingga Sabtu dini hari, mengatakan bahwa Festival Panji Internasional akan melibatkan negara-negara yang mengadopsi cerita panji."Di Indonesia, Festival Panji Internasional akan melewati empat provinsi, yaitu Bali, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Jakarta," katanya dikutip dari kantor berita Antara.

Saat berlangsung di Jawa Timur itulah dia mengupayakan akan dipusatkan di Kabupaten Kediri sebagai tuan rumah penyelenggaranya.Hal itu menyusul telah diakuinya Cerita Panji oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sebagai sebagai warisan dunia dari Indonesia dalam kategori Memory of the World (MoW).

Sejak didaftarkan sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2016, UNESCO secara resmi telah menetapkannya sebagai Memory of the World tertanggal 31 Oktober 2017. "Cerita Panji adalah milik bangsa Indonesia. UNESCO telah mengakui asal usul cerita kebudayaan Panji dari Kediri," katanya.

Cerita Panji berkembang pada abad ke-13 pada masa Kerajaan Kediri. Hal ini menandai kebangkitan sastra Jawa setelah dibayangi epos besar Ramayana dan Mahabharata dari India yang telah masuk ke bumi Nusantara sejak abad ke-12.Selain populer di Pulau Jawa, cerita Panji saat itu juga menyebar hingga ke masyarakat di Pulau Bali.

Cerita Panji hingga abad ke-18 kemudian menjadi salah satu karya populer dalam literatur di negara-negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Myanmar, Kamboja, dan Filipina, setelah disebarkan oleh para pedagang pada masa Kerajaan Majapahit.

Menurut Jarianto, pemerintah pusat sedang menggagas Festival Panji Internasional yang melibatkan negara-negara di Asia tersebut. Pelaksanaan kegiatan ini pada tahun depan. "Karena Cerita Panji berasal dari Kediri, saat penyelenggaraannya sampai di Jawa Timur nanti, sedang kami upayakan agar bisa berlangsung di Kediri," katanya.

Di sisi lain, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menginginkan agar cerita Panji bisa dikemas menjadi ekstra kurikuler wajib di sekolah, sebagai bagian dari penguatan pendidikan karakter berbangsa.

"Saya sarankan cerita Panji menjadi ekstra kurikuler wajib untuk para siswa di sekitar Kediri, sehingga jangan sampai anak-anak didik yang dari Kediri tidak tahu di daerahnya ada kekayaan budaya yang luar biasa," katanya saat menghadiri Pekan Budaya dan Pariwisata serta Festival Panji Nasional 2017 di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Ia mengatakan, cerita Panji adalah salah satu peninggalan kekayaan budaya yang luar biasa. Cerita Panji ini merupakan karya cipta simbol pertama kebnagkitan sastra lisan di Jawa Timur, sebagai wilayah kerajaan besar yang menyatukan Nusantara.

BERITA TERKAIT

Medikaloka Hermina Kuras Kocek Rp 312,5 Miliar - Bangun Rumah Sakit Baru

NERACA Jakarta – Pacu pertumbuhan bisnis dengan penetrasi pasar lebih luas lagi, PT Medikaloka Hermina Tbk berambisi terus menambah rumah…

Kota Bunga Tomohon Gelar Festival Seru di Bulan Agustus

Tomohon International Flower Festival (TIFF) kembali digelar di kota Tomohon, Sulawesi Utara, mulai 8-12 Agustus 2018. TIFF 2018 mengangkat tema…

Pasarkan Produk Unggulan Jatim Ke Buyer Potensial

Pasarkan Produk Unggulan Jatim Ke Buyer Potensial NERACA Jakarta - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) akan mengadakan…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Kemenpar Luncurkan Diskon dan Lomba Jelang Asian Games 2018

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asian Games 2018 di lobby utama Gedung…

Menjelajahi Alam Papua Barat

Provinsi Papua Barat menjadi daerah yang memiliki hutan tropis terluas di Indonesia, bahkan diperkirakan menjadi yang terluas di dunia. Belum…

Kota Bunga Tomohon Gelar Festival Seru di Bulan Agustus

Tomohon International Flower Festival (TIFF) kembali digelar di kota Tomohon, Sulawesi Utara, mulai 8-12 Agustus 2018. TIFF 2018 mengangkat tema…