Membangun Teknologi Selular Dalam Bisnis - Mobile Technology

Neraca.Saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sebuah perubahan tradisi dari kultur masyarakat sehari-hari, dengan terciptanya sebuah keterbukaan dan transparansi di berbagai bidang, yang terutama di bidang Teknologi Informasi (IT). Informasi yang cepat dan akurat merupakan bentuk informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk didalamnya dunia bisnis.

Berkembangnya penggunaan Internet dan teknologi World Wide Web, menyebabkan munculnya penggunaan internet mengalami perkembangan yang luar biasa di bidang bisnis terutama pada perusahaan skala besar maupun kecil. Sejak berkembangnya teknologi internet tersebut pada tahun 1990-an penggunaannya meluas karena dipandang memberikan manfaat yang sangat besar bagi kelancaran proses-proses bisnis.

Penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif tersebut. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut adalah perusahaan yang mampu mengimplementasikan teknologi ke dalam perusahaannya. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah dengan menggunakanaplikasi-aplikasi yang ada pada perangkat Smartphone, Android serta iPhoneuntuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital.

Mobile teknologi sangat disukai karenaketepatan akses dan kemampuan menyediakan berbagai kebutuhan informasi setiap orang, kapan saja, dimana saja dan pada tingkat apa saja.Saat ini penggunaan mobile tidak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga telah banyak digunakan dalam berbagai model bisnis, sebut saja Mobile Banking, Quis Televisi, bahkan sebagai media promosi.

Dalam penggunaanMobileteknologi tersebut, berbagai pihak yang terkait dengan perusahaan seperti investor, konsumen, pemerintah akan ikut berperan.

Dengan semakin matangnya teknologi internet dan webdansemakin besar ketergantungan masyarakat akan teknologi ini, semakin terbuka lebar juga kesempatan pemanfaatan teknologi yang relatif baru di Indonesia ini, untuk kepentingan bisnis perusahaan.

Mobileteknologi ini meningkatkan kemampuan perusahaan yang canggih dalam hal komunikasi bisnis dan dalam hal kemampuannya berbagi informasi, selain itu berbagi sumber daya lain yang bernilai.

Sebagaimana yang dilakukan sebuah situs properti di Indonesia. Rumah.com situs properti di Indonesia yang didirikan tahun 2007 kali ini memperkenalkan layanan aplikasi terbaru yang membuat agen property semakin mudah dalam memasarkan property. Aplikasi tersebut bernama Rumah.com BlackBerry AgentNet Application. Aplikasi ini memungkinkan agen property dengan instant membuat iklan dan memasarkan properti.

Dengan munculnya teknologi aplikasiyang cukup keren ini, khususaplikasi Mobile Phoneakan membantuinvestormenghemat waktu dan membuat kesepakatan cerdas. Ini adalah berita bagus bagi agen real estate danInvestorsama-sama.

Pembuatan BlackBerry AgentNet Application yang merupakan aplikasi pertama di Indonesia ditujukan untuk agen properti ini dipicu oleh kondisi industri property di tahun 2012 yang diprediksi akan semakin bergairah.

Seperti diramalkan sebelumnya, bisnis properti akan terus meroket. Terbukti, awal tahun ini sejumlah pengembang telah menaikkan harga properti mereka. Sedangkan sebagian lain baru ancang-ancang. Kenaikan harga properti berkisar 5%-10%.

Menurut data BPS tahun 2011, masih ada 14 juta keluarga, setara dengan 23 persen dari seluruh jumlah keluarga di Indonesia, belum memiliki rumah. Pemerintah sendiri kesulitan memenuhi kebutuhan 900 ribu unit rumah tiap tahun untuk keluarga berpenghasilan menengah ke bawah. Suplainya saat ini hanya 80 ribu unit per tahun. Dengan demikian, terbuka besar kemungkinan untuk mengembangkan rumah sangat sederhana.

Selain itu, pembuatan AgentNet Application ini juga didasari meningkatnya jumlah pengakses internet melalui BlackBerry. ”Kami harus melakukan inovasi untuk mempermudah agen membuat iklan di situs web kami. Pada akhirnya, pencari rumah juga terbantu dalam mendapatkan rumah idaman mereka,” ujar Presiden Direktur Rumah.com, Harlow Russel

Penggunaan BlackBerry AgentNet Application tidak hanya dapat memasukkan informasi berupa teks, tetapi juga foto melalui perangkat BlackBerry. Iklan yang dibuat via BlackBerry dapat langsung tayang di situs web Rumah.com. Agen properti bahkan bisa membaca pesan-pesan yang dikirim oleh orang yang tertarik pada properti yang sedang dijualnya.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencari properti berdasarkan lokasi Anda, alamat jalan, kota, atau negara. Anda dapat menelusuri daftar, melihat 10 daftar terdekat, peta daftar, dan menghubungkan dengan agen real estate dan mendapatkan nilai yang sebanding. Anda dapat langsung melihat potensi kesepakatan dibandingkan dengan rumah-rumah lain di sekitar Anda. Investor dapat menggunakan alat ini untuk mempelajari transaksi tawar-menawar, tidak seperti aplikasi lain gratis yang mirip.

Agen properti dapat mengunduh aplikasi AgentNet dihttp://agentnet.rumah.com/mobile. Di masa mendatang, layanan serupa untuk perangkat Android serta iPhone akan segera diluncurkan. ”Kami akan terus berinovasi dalam bidang perangkat bergerak,” tambah Zully Surianingrat.

BERITA TERKAIT

Sektor Teknologi dan Manajemen Risiko

  Oleh: Achmad Deni Daruri President Director Center for Banking Crisis     Korporasi Alibaba segera akan mengganti para akuntannya…

Dianggap Rugikan Pihak Ketiga yang Bukan Debitur dalam Eksekusi - Dirut BRI dan Kurator Dipolisikan

Dianggap Rugikan Pihak Ketiga yang Bukan Debitur dalam Eksekusi Dirut BRI dan Kurator Dipolisikan NERACA Jakarta - Direktur Utama Bank…

Perusahaan Bisa Manfaatkan Pasar Modal - Danai Ekspansi Bisnis

NERACA Jakarta - Besarnya likuiditas di pasar modal, tentunya bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk mendanai ekspansi bisnisnya jangka panjang…

BERITA LAINNYA DI

Sisa Kanal 3G Jadi Rebutan - Pemerintah Undur Jadwal Lelang

    NERACA Persaingan operator seluler makin tak terbendung. Peningkatan kualitas layanan serta tranformasi teknologi komunikasi adalah sebagian dari pemicunya,…

Operator Seluler Tangkap Peluang Ramadan - Momentum untuk Bersilaturahmi

Ramadan memberikan berkah tersendiri bagi operator. Ini dipicu karakter masyarakat Indonesia yang memanfaatkan Ramadan sebagai momentum untuk bersilaturahmi maupun mempererat hubungan…

Kuota Habis, Internet Tetap Jalan

NERACA AlwaysOn, memberi keleluasaan mengakses internet tanpa khawatir dibatasi kuota maupun masa aktif yang terlalu singkat. Akses internet telah menjadi…