Kilas berita

Jumat, 27/01/2012

Pemkot Siakan 268 Klinik Bantu Korban Banjir

Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, menyiapkan 268 unit klinik atau balai pengobatan untuk membantu korban banjir.

"Kita sudah berkoordinasi dengan 268 klinik di Tangsel untuk bisa membantu penanganan korban banjir yang membutuhkan bantuan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang Selatan Zulfuad di Tangerang, Kamis.

Selain itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan pun telah menyiapkan 25 Puskesmas dan 20 rumah sakit yang berada di tujuh kecamatan.

"Seluruhnya, telah siap dan siaga dalam membantu korban banjir. Bahkan, beberapa armada ambulance dan relawan medis pun sudah disiapkan," katanyal

Selain menyiapkan dari segi medis, BPBD juga sudah meyiapkan 25 unit perahu karet, tiga lembar tenda posko, 14 tenda pleton, enam tenda regu, delapan tenda regu dan 17 tenda dome.

"Seluruh perlengkapan tersebut telah di siapkan di tujuh kecamatan termasuk tim reaksi cepat yang telah dibentuk," katanya.

Calon Pensiunan PNS Bandung

Peroleh Pelatihan Keterampilan

Pemkot Bandung memberikan pelatihan keterampilkan bagi 525 PNS yang akan memasuki masa pensiun pada 2012 sekaligus mendorong jiwa wirausaha di kalangan para pegawai senior itu.

Pelatihan yang diprakarsai oleh Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Bandung itu digelar di Hotel Posters Jalan PHH Mustofa Kota Bandung, Kamis.

"Pensiunan jangan takut mengalami penurunan kesejahteraan atau penghasilan karena justeru pensiun memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan potensi yang belum dioptimalkan selama ini," kata Wali Kota Bandung H Dada Rosada saat membuka kegiatan pelatihan itu.

Menurut Dada, para pensiunan bisa memanfaatkan keterampilannya yang bisa meningkatkan kesejahteraan hidup pada usia tua. Keterampilan yang diberikan itu, kata dia diharapkan menjadi bekal saat menjalani masa pensiun nanti.

Lebih lanjut Dada menyebutkan, Kota Bandung merupakan daerah yang dikenal dengan kreatifitas anak-anak mudanya melalui industri kreatif. Namun menurut Dada tidak jarang sukses dicatat para pensiunan yang berwiraswasta, berkolaborasi dengan anak muda.

"Jangan ewuh pakewuh bergandengan dengan anak muda, pengembangan potensi bisa dilakukan sepanjang hayat. Percayalah pensiun bukan ujung dari sebuah usaha dan perjuangan," kata Dada.

Delapan Unit Rumah Rusak Kena Putting Beliung

Sebanyak lima unit rumah warga rusak akibat puting beliung yang terjadi dalam sepekan terkahir ini di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Data yang diperoleh dari lapangan, Kamis, menyebutkan kedelapan rumah yang rusak itu, yakni enam di Kecamatan Pandeglang dan dua di Kecamatan Karangtanjung.

Di Kecamatan Karangtanjung, dua unit rumah yang rusak itu, yakni milik Suhari, warga Kampung Sukalimus, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, akibat tertimpa pohon yang tumbang saat terjadi puting beliung.

Kemudian rumah Ade Suryadi, warga Kampung Pasirandu, Kelurahan Pagadungan, Kecematan Karangtanjung, yang rohoh karena diterjang angin puting beliung.

Kedua rumah tersebut, rusak saat terjadi angin puting beliung pada Selasa (24/1) sekitar pukul 21.00 WIB.

Sedangkan di Kecamatan Pandeglang, yakni rumah Eval, warga Kampung Cihaseum, rumah Mulyadi di Kampung Keboncau, rumah Adis di Kampung Kadulisung Keboncau, rumah Midi/Anggi di Kp Kadulisung.

Kemudian, rumah Mamad di Kp Kadulisung dan rumah Adeng di Kampung Keboncau. Keenam rumah di Kecamatan Pandeglang itu, rusak akibat tertimpa pohon yang rusak setelah dihantam puting beliung pada Rabu (25/1).

Bupati Pandeglang Erwan Kuturbi mengharapkan, masyarakat meningkatkan kewaspadaannya terkait kemungkinan terjadinya musibah, karena terus turunnya hujan deras dan sering terjadinya tiuapan angin puting beliung di daerah itu.

"Pekan lalu 33 desa di 11 kecamatan di wilayah selatan terendam banjir, dan pekan ini beberapa rumah yang menjadi puting beliung, jadi saya minta masyarakat meningkatkan kewaspadaannya, untuk mengantisipasi timbulkan korban jiwa," katanya.

Pemprov Salurkan Rp 846 Juta Insentif Kerbau Bunting

Pemerintah Provinsi Banten, menyalurkan dana tugas pembantuan sebesar Rp846 juta untuk insentif para peternak yang memiliki kerbau bunting.

"Dari hasil pendataan yang kita lakukan, selama 2011 di Pandeglang ada 810 ekor kerbau bunting dengan usia kehamilan lima bulan," kata Kepala Seksi Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pandeglang, Onah di Pandeglang, Kamis.

Pemerintah, kata dia, melarang masyarakat untuk memotong kerbau bunting tersebut, dan sebagai imbalannya diberikan insentif Rp600 per ekor.

Pemberian insentif itu, kata Onah, tidak begitu saja dilakukan, tapi terlebih dahulu harus melalui pemeriksaan oleh tim medis peternakan, terutama guna memastikan umur kehamilan.

"Sesuai aturan, isentif hanya diberikan bagi pemilik kerbau yang umur kehamilannya lima bulan ke atas, jadi di bawah itu tidak diberikan," ujar Onah.

Puluhan Rumah dan Warung Terendam Banjir Rob

Puluhan rumah dan warung yang berada di daerah pesisir Pantai Palabuhanratu tepatnya di Kecamatan Palabuhanratu digenangi banjir rob akibat laut pasang dan sebagian warga yang terkena dampak banjir sementara diungsikan.

"Banjir rob tersebut terjadi sejak Rabu malam, (25/1) dan sampai Kamis pagi, (26/1), air laut pasang masih menggenangi puluhan warung dan pemukiman warga dengan tinggi sekitar mata kaki orang dewasa bahkan sampai ada yang setinggi betis orang dewasa," kata Ketua Badan Search and Rescue Daerah (Basarda) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidiqie kepada Antara, Kamis pagi.

Dari pantauan pihaknya, ada sekitar 30 warung yang juga dijadikan tempat tinggal warga di sepanjang jalan Citepus, Kecamatan Palabuhanratu digenangi banjir. Kemudian empat kepala keluarga yang mendiami warung di Pantai Karangsari, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu diungsikan karena kondisinya sudah memprihatinkan.

Topik Terkait

basarda bandung