Program IHWG Week Bahas Fungsi Air Bagi Tubuh

IHWG (Indonesia Hydration Working Group) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengadakan IHWG Week di kampus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta pada 6-8 November 2017.

Selain pakar kesehatan dari dalam negeri, IHWG Week juga menghadirkan dua pakar kesehatan hidrasi internasional yaitu Professor Stavros Kavouras dari University of Arkansas USA, Professor Ivan Tack dari Toulouse School of Medicine Paul Sabatier University, France dan Isabelle Guelinckx, PhD dari Danone Research Palaiseau, France. Kedua pakar ini akan menyampaikan beberapa topik presentasi seputar hidrasi dan kesehatan.

“IHWG Week menggelar serangkaian acara ilmiah melalui program Meet The Expert, Masterclass dan Scientific Symposium yang diperuntukkan bagi dokter serta tenaga medis lainnya dari beberapa universitas di Indonesia,” kata Dr Budi Wiweko SpOG, Ketua IHWG, yang akrab dipanggil Dokter Iko dalam keterangan persnya di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara.

Dalam program meet the expert (jumpa pakar) Profesor Stavros Kavouras dari University of Arkansas USA akan memaparkan topik “Publishing a Research Study From The Idea to The Paper” untuk mendukung peningkatan kapasitas peneliti di Indonesia dalam membuat publikasi ilmiah internasional yang kredibel.

Sementara itu, Isabelle Guelinckx, PhD dari Danone Research Palaiseau, France akan berbagi pengetahuan mengenai Fluid Intake and Hydrogenic Environment, yaitu bagaimana faktor lingkungan sangat diperlukan untuk membentuk “Hidrasi Sehat”

"Selain itu, pada 7 November IHWG akan menyelenggarakan juga program Masterclass yang merupakan kelas sehari dengan pendekatan 360 derajat mengenai ilmu hidrasi, mencakup Hydration Basic, Fluid Intake dan Kidney Health. Masterclass ini juga akan menghadirkan Profesor Stavros Kavouras dan Isabelle Guelinckx, PhD dari Danone Research Palaiseau, France serta Professor Ivan Tack dari Toulouse School of Medicine Paul Sabatier University,” kata Iko.

Pesan kunci dalam program IHWG week ini meliputi fungsi air bagi tubuh, efek jangka pendek dan jangka panjang jika tidak cukup minum, bagaimana cara mengukur hidrasi yang cukup (dengan stiker warna urine) dan fakta ilmiah akan kebiasan minum di Indonesia.

Selain Masterclass, akan diadakan juga Paralel Symposium pada tanggal 8 November 2017, dengan topic Kid’s Hydration (hidrasi anak), yang mencakup The Hydration Basic of Kids (Dasar Hidrasi Anak), Kids Fluid Intake (asupan cairan pada anak) dan rekomendasi asupan air bagi anak Indonesia.

Simposium ini menghadirkan Profesor Stavros Kavouras, Isabelle Guelinckx, PhD dari Danone Research Palaiseau, France serta Dr. Titis Prawitasari, SpA(K). Pesan utama dalam simposium ini adalah rekomendasi hidrasi sehat pada anak Indonesia (berapa banyak minum, bagaimana cara mengukur kecukupannya dan sikap perilaku terhadap anak). “Danone AQUA turut mendukung acara IHWG Week ini karena kami yakin hidrasi yang sehat sangat berperan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat,” kata dr Tria Rosemiarti, Hydration Science Director, Danone AQUA.

BERITA TERKAIT

BTN Jalin Kerjasama dengan KOI - Program Satu Juta Rumah

      NERACA   Jakarta - Sejalan dengan komitmen menyukseskan Program Satu Juta Rumah dan mendukung kesejahteraan para atlet…

REI Akan Terus Mendukung Program Sejuta Rumah

  NERACA Bogor - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) akan tetap komit berjuang bersama pemerintah dalam merealisasikan target Program Sejuta…

GMF Gandeng Kerjasama Air France KLM - Tingkatkan Kapabilitas

NERACA Jakarta – Perkuat daya saing di industri perawatan maskapai penerbangan, PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI) menggandeng…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Kemenpar Dorong Industri Kreatif Lewat Kustomfest 2018

Hasil karya anak bangsa tersaji dalam Indonesian Kustom Kulture Festival (Kustomfest) 2018 resmi digelar Sabtu, (6/10). Sebanyak 155 motor dan…

Ini Cara Terbaik Menjaga Kesehatan dan Kualitas Sperma

Tantangan kesuburan menjadi satu hal yang rumit bagi tiap orang. Kesehatan sperma selalu dikaitkan dengan konsep kejantanan pria. Maka dari…

Media Sosial Banyak Bikin Remaja Perempuan 'Galau'

Selama satu dekade terakhir, platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah mencuri perhatian banyak orang. Laman media sosial…