Kembali Menggelar Planting Ceremony - PT Yamaha Musik Indonesia :

Neraca. Bertempat di Gunung Ciremai, Kuningan Jawa Barat, PT Yamaha Musik Indonesia (PT YMI) selaku distributor dan lima anak perusahaannya kembali menggelar kegiatan Planting Ceremony tahap II (2010–2014), sebagai bentuk pelaksanaan dari Yamaha Forest. Planting Ceremony merupakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai wujud kepedulian Yamaha Group Corporation terhadap Pemanasan Global yang terjadi.

Yamaha Music Corporation Japan dan Yamaha Motor bekerja sama untuk menciptakan Yamaha Forest, yaitu penanaman pohon kembali. Adapun tujuan dari kedua perusahaan raksasa yang mempunyai pabrik dan sales network di Indonesia ini sama-sama melihat Yamaha Forest sebagai bentuk konstribusi terhadap masyarakat melalui penyediaan edukasi dan peduli terhadap lingkungan melalui penanaman pohon kembali.

Planting Ceremony dilaksanakan beberapa waktu yang lalu tersebut, mendapatkan lokasi penanaman bibit adalah di Taman Nasional Gunung Ceremai, Kuningan-Jawa Barat dengan luas area 50 ha. Peserta yang hadir pada saat penanaman dilaksanakan adalah kurang lebih 250 orang yang meliputi, Bapak Tsutomu Sasaki (Senior Executive Office-Yamaha Corporation Japan) beserta beberapa perwakilan karyawan dari Yamaha Corporation Japan, Bapak Teruhiko Tsurumi (Presiden Direktur PT.Yamaha Musik Indonesia Distributor-PT.YMID) beserta beberapa perwakilan dari PT YMID, dan beberapa perwakilan dari lima anak perusahaan lainnya.

Tidak hanya dari pihak Yamaha Group saja, beberapa perwakilan dari pemerintah daerah setempat, tenaga ahli Japan International Cooperation Agency, pihak terkait dari Universitas Kuningan, beberapa murid sekolah dan masyarakat setempat yang hadir.

Planting Ceremony telah dilakukan sejak Desember 2010 yang lalu, satu tahun merupakan masa persiapan sebelum implementasi penanaman dilakukan. Masa persiapan 1 tahun ini (Dec 2010-Dec 2011), meliputi survey tumbuh-tumbuhan dan persemaian beberapa jenis tanaman lokal berdasarkan penelitian di kebun pembibitan. Dan Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dengan JICA (Japan International Corporation Japan).

Yamaha Forest adalah suatu kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan oleh Yamaha Group Indonesia bekerja sama dengan Yamaha Corporation Japan dalam rangka berpatisipasi dalam mengurangi pemanasan global. Yamaha Forest sendiri merupakan suatu kegiatan restorasi pohon – pohon di Indonesia yang merupakan basis produksi dan penjualan Yamaha.

Melalui kegiatan restorasi ini diadakan pula pelestarian lingkungan, pendidikan mengenai lingkungan dan beberapa kegiatan lainnya yang berhubungan dengan lingkungan. Planting Ceremony Tahap Pertama telah dilakukan pada Desember 2005 yang lalu di Sukabumi Jawa Barat dengan luas area 127 ha dan telah menanam 115.110 bibit pohon. Namun pada saat Plating Ceremony Tahap Pertama, kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Yamaha Motor bersama dengan perusahaan-perusahaan terkait.

"Semuanya dapat terwujud karena kerjasama yang terjalin diantara kita semua. Mulai saat ini mari kita bersama-sama menyelamatkan dunia dengan bergerak selangkah demi selangkah untuk merealisasikan penanaman pohon. Oleh karena itu diharapkan dukungan dan kerjasamanya," ungkap Teruhiko Tsurumi Presiden Direktur PT Yamaha Musik Indonesia.

Related posts