Accor Raja Hotel Di Asia Pasifik

Sabtu, 28/01/2012

Neraca. Rekor perkembangan jaringan di Asia Pasifik kembali di raih Accor. Pada tahun 2011, Accor telah menambah 66 hotel dalam jaringannya di Asia Pasifik, selain itu Accor juga berkomitmen untuk mengoperasikan 117 hotel lagi dan mengumumkan pembelian Mirvac Hotels and Resorts.

Tidak hanya itu, Accor mengakhiri tahun 2011 dengan mengoperasikan 483 hotel (92.000 kamar) di 16 negara di kawasan Asia Pasifik. Pertumbuhan yang sangat pesat ini semakin memperkokoh posisi Accor sebagai operator hotel terkemuka di kawasan Asia Pasifik.

Selain prestasi yang membanggakan tersebut, pada tahun 2011 Accor juga menyatakan komitmennya untuk menambah 117 hotel baru (23.000 kamar). Selain itu, 117 hotel tersebut tidak mencangkup hotel-hotel yang termasuk akuisisi Mirvac Hotel and Resorts.

Prospek perkembangan jaringan hotel pada tahun 2012 di Asia Pasifik sangat positif bagi Accor. Perkiraan jumlah hotel baru yang akan beroperasi kurang lebih sama seperti pada tahun sebelumnya. Selain itu, Accor juga akan mengintegrasikan hotel-hotel yang merupakan bagian dari akuisisi Mirvac.

Baru-baru ini Accor mengumumkan akuisisi Mirvac Hotels and Resorts, sebuah perusahaan manajemen hotel yang mengoperasikan 48 hotel dengan 6.100 kamar. Keempat puluh delapan hotel tersebut sebagian besar terletak di kota-kota besar Australia seperti Sydney, Melbourne, Brisbane dan Perth, dan empat diantaranya terletak di Selandia Baru. Hotel-hotel tersebut akan diintegerasikan ke dalam jaringan Accor di tahun 2012.

Accor telah mengakuisisi Mirvac dengan mengucurkan dana €183 juta untuk mengakuisisi perusahaan manajemen hotel yang mengoperasikan 48 hotel tersebut, serta untuk membeli 21,8% saham Mirvac Wholesale Hotel Fund (perusahaan investasi yang memiliki 7 hotel). Proses akuisisi ini akan selesai pada semester pertama 2012.

Perpaduan antara pertumbuhan yang signifikan, serta akuisisi Mirvac Hotels and Resorts menunjukkan kemampuan Accor untuk mengoperasikan model bisnis yang beragam secara aktif, dan pendekatan ini merupakan cirri khas Accor di Asia Pasifik sekaligus faktor utama yang mendukung keberhasilan Accor di kawasan tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Chairman and Chief Operating Officer, Accor Asia Pasifik, Michael Issenberg, bahwa Tim Accor di seluruh penjuru kawasan Asia Pasifik menantikan tahun yang sangat mengembirakan ini karena Accor akan mengintegrasikan sekitar 100 hotel lagi ke dalam jaringannya di Asia Pasifik pada tahun 2012.

Michael mengatakan bahwa, tahun 2011 adalah tahun yang luar biasa bagi Accor dan merupakan salah satu prestasi yang melampaui rekor di Asia Pasifik. Semakin kokohnya posisi Accor sebagai pemimpin di industri sangatla memuaskan, dan Accor sangat berterima kasih kepada mitra kerja yang terus mempercayakan pengelolaan asset hotel kepada Accor sehingga mencapai kinerja yang mengagumkan.

Saat ini Accor juga telah mengembangkan bisnisnya melalui pengambil alihan pengelolaan operasional Hotel Nikko Jakarta dan melakukan re-branding hotel tersebut menjadi Hotel Pullman Jakarta Indonesia yang merupakan brand hotel upscale (kelas atas) Accor ketiga yang berdiri di Tanah Air, setelah Pullman Hotel di Legian Bali dan Pullman Jakarta Central Park yang baru-baru ini diluncurkan.

Vice President, Accor Malaysia-Indonesia-Singapore, Gerard Guillouet mengatakan, inisiatif re-branding ini merupakan terobosan yang penting bagi Accor di Indonesia. Terobosan Ini mencerminkan komitmen Accor untuk mengembangkan brand upscale Accor di Indonesia serta untuk memperkokoh posisi Accor sebagai operator hotel internasional terkemuka yang mencakup seluruh segmen pasar di Indonesia.

Dengan semakin bertambahnya jumlah hotel, Accor akan melakukan investasi yang signifikan pada infrastruktur regional untuk mendukung hotel-hotel baru maupun jaringan hotel yang telah ada. Dengan demikian inisiatif ini akan mencerminkan kemampuan Accor untuk mempertahankan pertumbuhan yang tinggi di tahun berikutnya.

Accor, operator hotel terkemukadi dunia sekaligus pemimpin pasar di Eropa, berada di 90 negara dengan 4.200 hotel dan lebih dari 500.000 kamar. Portofolio hotel brand Accor yang beragam seperti Sofitel, Pullman, MGallery, Novotel, Suite Novotel, Mercure, Adagio, Ibis, All Season/Ibis Style, Etap Hotel/Ibis budget, Hotel F1 dan Motel6.