Bila Kaca Mobil Menjadi Layar Komputer

Sabtu, 28/01/2012

Teknologi smart glass tak lama lagi bakal digunakan untuk kaca depan, samping dan belakang mobil. Bahkan, fitur dengan teknologi WOO (Windows of Oppurtunity) dipastikan akan digemari anak-anak. Program ini dikembangkan oleh mahasiswa dan periset Future Lab di Bezalel Academy of Art and Design di Israel. Berikut aplikasi yang menjadi pilihan untuk saat ini:

App POND: Putar lagu kesukaanmu sembari menunggu sampai tujuan. Jika belum cukup, kamu juga bisa mendownload lagu kesukaan dan mengirim pesan pada penumpang lain

App SPINDOW: Dengan aplikasi ini kamu bisa mengintip aktivitas pengguna lain di dunia pada waktu yang bersamaan.

App FOOFU: Eksplorasi dan temukan berbagai hal baru sembari menggunakan kaca berembun sebagai media untuk menggambar.

App OTTO: karakter animasi yang bisa memberikan informasi terkait kondisi daerah sekitar yang dilintasi mobil dan cuaca. Selain bisa mengusir kebosanan, pengguna bis belajar mengenai lingkungan sekitar dengan cara baru.

Pada intinya, smart glass menggunakan teknologi sensor optik dan gerakan yang dikembangkan oleh EyeClick. Kaca mobil akan diubah menjadi layar multi sentuh yang peka terhadap sentuhan dan bermuatan listrik, sehingga bisa membedakan transparansi dan kejernihan serta menampilkan gambar.

Gampangnya, mirip layar sentuh pada gadget canggih sekarang ini, hanya saja diterapkan pada kaca mobil. Tak dijelaskan apakah teknologi ini membutuhkan jaringan internet. Tapi jika dilihat dari fitur pengunduh musik, maka tentu koneksi internet diperlukan.

Sebenarnya teknologi koneksi interaktif ini pada umumnya difokuskan untuk penumpang bagian depan dan pengemudi. Tapi peluang yang ada, menjadikan teknologi ini bisa diterapkan pada bangku belakang.

Jika Anda sering menemui anak-anak mencoret-coret bangku atau kaca mobil bagian belakang, Anda seharusnya tahu bahwa mereka sedang bosan. Dan itu adalah cara mereka untuk mengusir kebosanan. Adanya DVD player atau game yang sengaja dipasang pada bangku belakang malah membuat mereka makin jauh dari dunia nyata.