Bank Sumut Targetkan Kelola Dana Nasabah Prioritas Rp400 miliar

NERACA

Medan - Bank Sumut menargetkan jumlah nasabah prioritas hingga akhir 2017 mencapai 300 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp400 miliar. "Target itu diyakini tercapai karena sejak di-'launching' pada Juli 2017, pencapaian cukup bagus," kata Pemimpin Bidang Nasabah Prioritas Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Budi Anshari Nasution di Sibolangit, seperti dikutip Antara, Kamis (19/10).

Budi menyebutkan, sampai dengan September 2017, Bank Sumut Konvesional telah memiliki nasabah prioritas sebanyak 188 orang dengan tota dana pihak ketiga (DPK) yang dikelola (AUM) sekitar Rp365 miliar. Jumlah nasabah dan DPK itu di atas target yang awalnya hanya Rp150 miliar. Dia menjelaskan, nasabah prioritas merupakan layanan premium banking yang diberikan Bank Sumut kepada para nasabah yang terdaftar dan memenuhi persyaratan.

Layanan itu tersedia di Bank Sumut konvensional dan Bank Sumut Syariah. "Dengan menjadi nasabah prioritas, nasabah dapat menikmati beragam layanan khusus seperti priority lounge di kantor Bank Sumut, executive lounge di Bandara Kualanamu, Bandara Soekarno Hatta Terminal 1 dan 3 dan beragam fasilitas lainnya," katanya.

Bank Sumut menilai, layanan itu sangat potensial dikembangkan di Sumut antara lain karena perekonomian yang cukup baik di daerah itu. "Layanan Nasabah Prioritas sebagai wujud apresiasi kepada nasabah yang terpilih guna meningkatkan loyalitas nasabah kepada Bank Sumut,"katanya.

Sejalan dengan peningkatan kemampuan teknologi dan informasi Bank Sumut, layanan Nasabah Prioritas juga akan mengembangkan produk "wealth management" . Mulai Reksadana dan "banccasurance" sebagai salah satu opsi produk investasi bagi nasabah prioritas. "Produk itu juga dapat menjadi salah satu sumber 'fee based Income' dari transaksi yang dilakukan di masa depan," ujar Budi.

Disamping itu, Bank Sumut juga berupaya meningkatkan pembiayaan di proyek infrastruktur termasuk di luar Sumut untuk mendukung program pemerintah. "Selain proyek Tol Kualanamu -Tebingtinggi, Sumut, Bank Sumut membiayai beberapa proyek infrastruktur seperti Tol di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jakarta," tambah Jefry.

Dia mengatakan itu usai membuka acara Worlkshop Jurnalistik Perbankan Bank Sumut - PWI Sumut yang diikuti 30 wartawan lokal dan nasional. Jeffrry tidak merinci berapa total pembiayaan untuk infrastruktur yang sudah dikucurkan Bank Sumut dengan alasan tidak ingat pasti. Namun dia menyebutkan, untuk Tol Kualanamu - Tebingtinggi, Bank Sumut membiayai sekitar Rp300 miliar.

Sementara untuk pembiayaan proyek infrastruktur di Jawa Barat, Bank Sumut mengucurkan dana Rp150 miliar dengan sindikasi bank lain. "Dalam kebijakan menjalankan bisnis, Bank Sumut memang mengacu pada program pemerintah.Dewasa ini misalnya, pemerintah fokus pada pembangunan infrastruktur,"katanya.

Jefrry menyebutkan, Bank Sumut juga berani membiayai proyek infrastruktur nasional karena sudah memiliki pengalaman membiayai proyek APBD di Sumut. Dia mengakui, Bank Sumut juga berencana membiayai proyek di sektor lain sejalan dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) di bank itu. "Kalau dewasa ini belum ada pembiayaan di proyek energi, itu karena SDM belum siap dan belum berpengalaman,"katanya.

BERITA TERKAIT

TCASH Luncurkan Aplikasi Lintas Operator - Targetkan 40 Juta Pelanggan

Dalam rangka penetrasi pasar lebih luas lagi dan mendongkrak transaksi, TCASH membuka layanan aplikasi TCASH wallet untuk dapat digunakan oleh…

LPDB Sederhanakan Persyaratan Pengajuan Pinjaman Dana Bergulir

  NERACA   Tangerang - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menyederhanakan kriteria dan…

Bank Belum Penuhi Rasio Kredit UMKM

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat sekitar 20 persen dari total bank umum domestik belum…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Tingkat Bunga Penjaminan LPS Naik 25 Bps

      NERACA   Jakarta - Rapat Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan tingkat bunga penjaminan untuk periode…

The Fed Dinilai Tak Akan Agresif Naikkan Bunga

    NERACA   Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah memprediksi Bank Sentral AS The…

Laba BTPN Tumbuh 17%

      NERACA   Jakarta - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) mencatatkan pertumbuhan laba bersih 17 persen…