Meraup Laba Dari Keunggulan Aneka Coklat

Sabtu, 28/01/2012

Neraca. Coklat sangat baik bagi kesehatan, namun tidak semua coklat diproduksi dengan kandungan yang sama. Jika Anda mengejar manfaat positif coklat bagi kesehatan, lupakan coklat yang kenyal, berkaramel, ditambah dengan pemanis atau coklat yang dibalut dengan krim. Sebaiknya, pilihlah coklat gelap yang solid (solid dark chocolate).

Para ahli patologi menemukan banyak manfaat yang bisa diambil dari cokelat. Cokelat terbuat dari biji kakao yang kaya akan senyawa bernama flavonoid yang juga terdapat pada daun teh. Sampai saat ini, lebih dari 4000 macam flavonoid yang telah diidentifikasikan. Flavonoid berperan sebagai antioksidan, menetralkan efek-efek buruk dari radikal bebas yang dapat menghancurkan sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh.

Satu setengah ons batang cokelat hitam memiliki sekira 800 miligram antioksidan, setara dengan secangkir teh hitam. Temuan baru menunjukkan bahwa flavonoid dan senyawa-senyawa tersebut penting bagi kesehatan. Selain flavonoid, cokelat mengandung theobromine, senyawa alkaloid bersifat stimultan ringan yang dapat menstimulasi sel saraf sehingga menimbulkan perasaan bersemangat dan segar. Selain sebagai stimultan, theobromine dipercaya memiliki mood elevating effects.

Senyawa ini mendorong tubuh mengeluarkan senyawa lain yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan secara ringan mengurangi stres. Banyak orang, terutama wanita, mengonsumsi cokelat untuk tujuan ini. Setelah mengonsumsi cukup banyak cokelat, mereka akan merasa lebih tenang.

Berdasarkan hasil penelitian, dark chocolate merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Coklat ini bisa menyehatkan jantung, memperbaiki tekanan darah, meurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu, coklat ini juga bisa memperbaiki kadar gula darah dan sensitivitas insulin, dengan begitu akan mengurangi risiko diabetes.

Walaupun coklat gelap mengandung flavonoid yang bagus bagi kesehatan, Anda tetap harus membatasi porsinya. Hal ini karena coklat ini juga mengandung lemak, gula dan kalori yang tidak baik bagi kesehatan. Makan dalam jumlah berlebihan bisa menghilangkan semua manfaatnya bahkan memicu kenaikan berat badan dan masalah-masalah kesehatan lainnya.

Semakin banyak kandungan bubuk coklat maka semakin tinggi kadar favonoid-nya. Sebagian besar susu coklat mengandung 50% coklat, sedangkan beberapa jenis coklat yang dijual dengan harga yang murah meriah biasanya hanya mengandung bubuk coklat sekitar 7%. Ada baiknya Anda mencari dark chocolate yang mengandung bubuk coklat hingga 70%.

Ada beberapa jenis manfaat coklat, antara lain; couverture adalah jenis cokelat terbaik. Cokelat ini murni dengan persentase lemak kakaonya yang tinggi, sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk cokelat buatan tangan. Sebelum digunakan, cokelat jenis ini melalui proses temper (dilelehkan) terlebih dahulu.

Lalu cokelat tawar, cokelat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan lainnya. Persentase massa kakao bervariasi, antara 30-70 persen. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao, semakin baik flavor-nya.

Ada pula cokelat susu, jenis cokelat yang satu ini merupakan campuran gula, kakao, cokelat cair, susu, dan vanila. Cokelat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massa kakaonya cukup rendah, hanya 20 persen dan rasanya lebih manis dibandingkan cokelat tawar. Cokelat ini disukai anak-anak karena bisa langsung disantap dengan rasa yang manis. Kandungan susunya membuat rasa menjadi lebih lembut.

Jika Anda hendak membuat kue, cokelat jenis ini bukanlah pilihan yang baik. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan. Jenis lainnya adalah cokelat putih. Cokelat ini umumnya berwarna putih ini, dan tidak mengandung massa kakao yang tinggi. Selain dikonsumsi langsung, cokelat putih kerap digunakan untuk dekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili yang tidak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus, ada baiknya dimasak secara hati-hati.

Lalu kakao. Produk cokelat satu ini terbuat dari massa kakao setelah lemak kakaonya dipisahkan. Produk ini sangat mudah diolah dan ekonomis. Bisa didapati di warung-warung sekitar tempat tinggal Anda. Lain halnya dengan cokelat cair, yang merupakan produk minuman yang mengandung massa kakao dan mengandung kadar gula tinggi. Kadar gulanya, disebut-sebut sebagai biang keladi meningkatnya berat badan.