Cara Cepat Atasi Diare

Sabtu, 28/01/2012

Neraca. Diare menyebabkan kehilangan garam (natrium) dan air secara cepat, yang sangat penting untuk hidup. Jika air dan garam tidak digantikan cepat, tubuh akan mengalami dehidrasi. Kematian terjadi jika kehilangan sampai 10% cairan tubuh. Diare berat dapat menyebabkan kematian.

Anak dengan diare ringan dapat dirawat di rumah penatalaksanaan yang utama adalah menjaga agar asupan cairannya tercukupi, yaitu dengan memastikan anak tetap minum cairan ini dibutuhkan untuk menggantikan cairan yang hilang lewat muntah ataupun diare cairan sangat penting untuk diberikan, bahkan bila diare bertambah buruk Jangan berikan obat yang dapat mengurangi muntah atau diare Obat-obatan itu tidak berguna dan berbahaya, berikan sedikit cairan namun sering, berikan cairan semulut penuh setiap 15 menit sekali, hal ini baik diberikan untuk anak anda yang sering muntah.

Setiap orang tua yang memiliki bayi pasti menginginkan sang buah hati selalu dalam keadaan sehat sehingga bisa tumbuh maksimal. Untuk itu bayi memerlukan Asi dari ibunya, selain baik untuk kesehatan si bayi juga sangat baik pemberian ASI eksklusif untuk sang buah hati selama enam bulan pertama hidup bayi, adalah yang terbaik.

Anak dengan diare harus terus minum CRO atau clear fluid, CRO yang kita kenal bisanya oralit (dalam bentuk kantung sachet dengan atau tanpa rasa tambahan) atau CRO khusus anak (yang tersedia dalam kemasan botol plastik dengan aneka rasa). Cairan tersebut dapat dibeli di apotek atau toko obat, . Untuk bayi hingga usia sembilan bulan, pembuatan CRO harus menggunakan air mendidih yang telah didinginkan.